10 Bentuk Seni Unik yang Jarang Diketahui Orang


seni unik

adalah konsep yang tidak dapat didefinisikan. Tetapi apa pun definisi sesungguhnya, seniman, kritikus , dan mahasiswa , semuanya dapat sepakat bahwa hadir dalam berbagai bentuk. Bentuk adalah bentuk atau kualitas tertentu yang diambil oleh ekspresi artistik. Beberapa bentuk yang paling umum adalah dan gambar. Apa yang digunakan oleh seorang seniman sebagai media untuk membuat akan membantu menentukan bentuk apa yang akan dibuat oleh sang seniman.

Dunia tidak terbatas. Seorang seniman dapat mengekspresikan dirinya dalam berbagai cara menggunakan hampir semua hal dan mengubahnya menjadi yang indah. Beberapa bentuk yang mengagumkan ini menyediakan cara yang dan menarik untuk menjelajahi bidang baru ekspresi seni.

Anamorfosis

Anamorfosis adalah metode menggambar foto yang hanya dapat sepenuhnya dipahami dari sudut tertentu. Dalam kasus lain, gambar hanya akan terlihat dengan benar jika dilihat melalui cermin. Sebuah contoh Anamorfosis awal yang terkenal diproduksi oleh Leonardo da Vinci yang pada abad ke-15. Berasal dari masa Renaissance, contoh-contoh penting lain dari jenis seni ini termasuk The Ambassador oleh Hans Holbein, The Younger, dan dinding megah Andrea Pozzo di kubah gereja Sant’Ignazio di Roma.

Selama beberapa dekade, ini telah diperbarui atau dimodifikasi mulai dari potret 3 dimensi yang digambar di atas kertas hingga beberapa seni jalanan yang meniru lubang atau celah di tanah dan bahkan beberapa menggunakan barang sehari-hari atau furnitur untuk membuat seni.

 

Seni Catatan Tempel

Catatan tempel telah menjadi salah satu media dinamis untuk ekspresi artistik. Catatan tempel dapat menawarkan pilihan warna dan kontras yang indah untuk setiap seniman. Beberapa dari mereka bahkan menggunakan catatan tempel dalam banyak genre artistik yang berbeda. Sementara itu, beberapa menggunakan catatan tempel untuk menambah warna dan semangat bagi yang telah mereka desain.

Dan yang lain menggunakannya dalam seni menakjubkan, yang meminta partisipasi penonton dengan tulisan pada catatan. Bentuk persegi cocok untuk menciptakan seni bercadar. Catatan tempel tentu saja merupakan salah satu cara paling kreatif dan penuh warna untuk mengekspresikan diri melalui seni.

 

Fotorealisme

Gerakan fotorealisme dimulai pada 1960-an dan diupayakan untuk menciptakan gambar mirip manusia yang menakjubkan karena bentuk seni ini sebagian besar meniru foto-foto aktual. Dengan menyalin setiap detail, meskipun kecil atau besar, seniman fotorealis dapat menghasilkan gambar yang sama seperti versi duplikat dari gambar sebenarnya. Gerakan itu meliputi seni dan juga serta dipengaruhi oleh gerakan seni pop kontemporer.

Gerakan ini juga bisa dikenal sebagai super-realisme atau hyperrealisme. Tetapi sementara seni pop menghapus gambar komersial dari konteksnya sendiri, fotorealisme mulai banyak berfokus pada kekuatan kehidupan sehari-hari biasa, yang dibayangkan ulang dan diciptakan kembali seakurat mungkin.

 

Seni Animasi Pasir

Seni animasi pasir cukup menarik dan sangat karena seni pasir larut serta menghilang hanya dalam beberapa menit, sedangkan sebagian besar seni lainnya dapat bertahan lebih dari pencipta aslinya. Itulah sebabnya bentuk seni ini tidak dapat dipertahankan. Seorang seniman yang mengerjakan ini menciptakan serangkaian gambar menggunakan garis dan gambar dengan tangan seseorang. Seni animasi pasir adalah jenis seni pertunjukan di mana animator pasir biasanya menggunakan proyektor overhead atau papan cahaya untuk memamerkan seni mereka di dalam pasir. Animasi pasir bergerak konstan dan sangat interaktif.

 

Batu

Bentuk seni ini termasuk bagian yang dapat ditemukan di alam yang melibatkan transformasi sesuatu yang biasa serta mengubahnya menjadi yang mengesankan dan . Seniman Batu menggunakan batu sebagai kanvas untuk seni mereka yang biasanya menunjukkan keindahan atau sejarah asal-usul batu.

 

Seni Labu

Seni labu melibatkan penciptaan seni melalui , ukiran, atau pemolesan cangkang labu kering. Media seni ini mengubah cangkang labu yang berbeda menjadi ornamen, vas, mangkuk, , dan seni dinding. Seni Labu berasal dari Afrika kuno, Asia, dan beberapa suku asli Amerika. Seniman labu paling sukses dan terkenal adalah Robert Rivera.

 

Batik

Batik adalah bentuk kuno pewarnaan tekstil menggunakan pewarna alami dan lilin. Metode pembuatan batik adalah dengan menerapkan lilin pada area kain yang tidak ingin diwarnai. Selanjutnya, kain direndam dalam pewarna dan dibiarkan meresap sehingga warna menempel pada area kain yang tidak memiliki lilin di atasnya.

Seni batik paling rumit ada di pulau Jawa. Pada bulan Oktober 2009, batik Indonesia diangkat sebagai Besar Warisan Budaya oleh UNESCO. Tradisi membuat batik tidak hanya ditemukan di pulau Jawa tetapi juga dilakukan di sejumlah kabupaten.

 

Fumage

Fumage adalah bentuk seni yang menggunakan asap untuk menciptakan visual yang lapang dan cair. ini menggunakan asap dari nyala lilin, korek api, atau lampu gas. Asap kemudian menciptakan berbagai tayangan di permukaan.

Seni ini berasal dari tahun 1900-an dan dipopulerkan oleh Wolfgang Paalen yang dikenal sebagai seniman surealis. Pada tahun 1936, Paalen memperkenalkan seni Fumage pertamanya yang berjudul Dictated by a Candle di International Surrealist Exhibition, London.

 

Seni Suara

Seni suara adalah disiplin artistik yang berkonsentrasi pada pembuatan seni visual yang menghasilkan suara. Jenis seni ini beragam serta terhubung dengan indera pendengaran dan visual penonton. Sebagian besar seni suara hadir dalam bentuk , instalasi atau pertunjukan. Beberapa seniman seni suara membangun yang menciptakan suara dengan bantuan angin.

 

Seni Futuristik

Seni Futuristik adalah suatu bentuk seni yang memberi kehidupan baru bagi peralatan elektronik atau bagian komputer yang lama. Teknologi sehari-hari berkembang secara tiba-tiba sehingga semakin banyak barang elektronik, gadget, peralatan, dan sejenisnya yang menjadi usang seiring berjalannya waktu. Karena itu, beberapa seniman mulai mengumpulkan peralatan untuk digunakan sebagai bahan menjadi sesuatu yang baru dan bermakna. Seniman-seniman yang dapat disebut sebagai arkeolog dari dunia modern ini mendesain dan menciptakan - menggunakan elektronik lama.

 

Seni Papan Tulis

Seni Papan Tulis adalah bentuk seni yang menggunakan permukaan seperti kardus atau papan poster keras untuk membuat gambar. Seniman papan tulis membuat gambarnya mundur karena mereka menggunakan tanda putih, bukan tanda hitam. Metode pembuatan seni ini adalah dengan pertama-tama menutupi papan dengan lapisan kapur putih atau berwarna keras kemudian melukisnya menggunakan tinta hitam. Lalu seniman papan tulis akan menggores cat hitam menggunakan pisau atau untuk menunjukkan tanda putih yang mengungkapkan gambar.

Seni benar-benar merupakan hal yang mengagumkan di mata yang melihatnya. Selain dari bentuk seni yang biasa kita kenal, ada cukup beragam seni yang dapat digunakan untuk mengekspresikan visi seorang seniman. Betapapun berbeda atau tidak dikenalnya seni yang digunakan, seni masih tetap sama. Seni dimaksudkan untuk dihargai karena keindahannya atau karena kekuatannya untuk terhubung dengan audiensnya secara emosional.

Baca Juga

Exit mobile version