10 Cara Sederhana untuk Bahagia

10 Cara Sederhana untuk Bahagia 1

Bahagia harus punya mobil mevvah? Jalan-jalan ke Italia? Punya tas Hermes? Punya uang berjuta-juta? 

Berarti modal untuk bahagia tuh mahal banget ya? Eiitss jangan salah.  Ada lho cara sederhana yang bisa bikin kamu bahagia. Mau tahu? 

 Kamu pernah gak ngerasa hidup ini kok gini amat ya… Pengen bahagia aja rasanya kok susah bener. Padahal kebahagiaan itu bukan cuma dari apa yang kamu punya. 

Banyak cara supaya kamu bisa bahagia. Bahkan kamu bisa bahagia cuma dengan ngelakuin cara sederhana ini. 

Apa aja tuh caranya? 

  Photo by Robert Collins on Unsplash
  Photo by Robert Collins on Unsplash

1. Tidur

Yah elah, orang pengen bahagia kok malah disuruh tidur? 

Naah ini sebenarnya adalah hal sederhana yang sering dilupakan. Memang sih orang-orang tajir itu katanya cuma tidur 3 sampe 4 jam doang setiap harinya. 

Tapi kamu tetap harus sayangi diri kamu sendiri. Jika sudah merasa lelah, baiknya segera tidur. 

Tetapi bagaimana jika masih ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan? 

Kamu bisa mengatur pola tidur. Kamu temukan dulu ritme tubuh kamu. Misalnya dengan melakukan tidur siang selama 30 sampai 60 menit. 

Lalu usahakan tidur malam tidak melebihi pukul 11 malam. 

Kemudian atur suasana ruang tidur menjadi gelap atau redup karena ruangan yang gelap akan memudahkan kamu untuk segera terbuai ke alam mimpi. 

2. Tersenyumlah Lebih Sering

Masih ingat kan dengan pepatah “Tertawa itu sehat?” Senyum adalah “miniatur” dari tertawa. 

Dengan tersenyum kamu telah memaksa diri kamu untuk bahagia. Mengapa? Karena otak selama ini tahu bahwa setiap kali kamu merasa bahagia kamu pasti tertawa atau setidaknya tersenyum. 

Dengan membuat diri kamu tersenyum maka tubuh akan mengirimkan tanda ke otak bahwa kamu lagi bahagia. 

Supaya tidak disangka orang yang aneh, kamu bisa praktekkan senyum setiap hari di depan cermin. 

Kamu pandangi wajah kamu, lalu tersenyumlah. Pandangi wajah yang sering terbebani oleh gundah gulana itu. Lalu beri hadiah senyuman kecil untuk dirimu sendiri. 

3. Menikmati Hal-Hal Kecil

Ibarat menabung, sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit. 

Begitu juga dengan kebahagiaan. Kalau kamu bisa bahagia dengan menikmati hal kecil, maka lama kelamaan kebahagiaan itu akan bertumbuh. 

Berbahagialah karena kamu masih bisa melihat indahnya pelangi. Berbahagialah ketika kamu masih bisa berjalan menggunakan kedua kaki kamu yang masih sehat. 

Berbahagialah dengan motor bututmu, karena kamu masih mudah pergi kemana saja kamu suka. 

Kalau kamu baru bisa bahagia ketika bisa tinggal di apartemen, maka kasihan rumah yang kamu tempati saat ini. Padahal dia yang selama ini memberi kamu atap untuk berlindung. 

4. Berhenti Menyesali Masa Lalu

Apa hal yang paling dekat namun sekaligus paling jauh? Hal itu adalah masa lalu. 

Bahkan satu detik yang baru saja berlalu saat kamu sedang membaca tulisan ini sudah menjadi masa lalu yang tidak mungkin untuk ditarik kembali. 

Jadi untuk apa kamu terus menyesali masa lalu? 

It’s ok kalau kamu melakukan kesalahan. Toh kita semua melakukannya bukan? 

Semua hal bodoh, konyol, bahkan buruk yang kamu lakukan di masa lalu itu semua sudah terjadi. 

Biarkan mereka pergi dan berlalu. 

5. Hidup Di Masa Kini

Setelah kamu berhenti menyesali masa lalu, kamu mungkin ingin memiliki masa depan yang hebat. 

Kamu ingin masa depan kamu bisa “menebus” masa lalu kamu. 

Tetapi, masa depan adalah sesuatu yang masih kabur. Kamu boleh kok merencanakan masa depan, namun hindari terjebak di dalamnya. 

Cara terbaik adalah dengan kamu hidup di masa kini. Masa kini adalah yang paling nyata. 

Masa kini, di detik ini, kamu masih hidup. Kamu masih bernafas, masih berpikir, masih hadir di dunia ini. 

Mengapa harus tenggelam dalam kesedihan masa lalu yang tak akan kembali? 

Mengapa pula harus terbawa perasaan pada masa depan yang masih sebatas angan-angan? 

Yuk hidup dan nikmati detik yang saat ini kamu jalani dalam hidup kamu! 

6. Lakukan Hal yang Kamu Suka

Apa saja hal yang belum sempat kamu lakukan selama ini? Jika ada kesempatan cobalah lakukan hal yang kamu sukai. 

Tahukah kamu kebanyakan orang bukan menyesal atas hal yang telah mereka lakukan. 

Karena kebanyakan orang menyesali hal-hal yang tidak sempat mereka lakukan. 

Kamu nggak mau kan jadi orang tua pengeluh yang sering mengatakan “Duh, cobaaa aja saya dulu ngelakuin itu…” 

Selama kamu tahu batas kemampuan kamu, kamu berhak untuk melakukan segala yang kamu inginkan. 

7. Bahagia Melihat Orang Lain Bahagia

Kebahagiaan itu menular, namun seringkali kita menutup diri dari kebahagiaan orang lain. 

Padahal semua yang orang lain lakukan itu tidak merugikan kita kan? 

Mulai sekarang cobalah untuk ikut merasakan kebahagiaan orang lain. Ada yang baru punya mobil, kamu ikut senang karena kamu bisa ikut nebeng. Lumayan kan hemat ongkos? Hehhee…

Ada yang baru saja punya rumah baru, kamu ikut senang karena kamu bisa jadikan rumah baru teman kamu itu jadi ide kamu kelak ketika memiliki rumah sendiri. 

Melihat artis terkenal? Berbahagialah. Karena kamu tidak perlu repot menjawab DM IG yang jumlahnya ribuan setiap harinya. 

Kamu masih bisa pergi ke mall, ke pasar tanpa dikuntit fans. Jadi orang biasa itu luar biasa lho! 

8. Menulis 

Cara sederhana untuk bahagia bisa kamu temukan dengan cara menulis. Cobalah untuk menulis 5 hal yang membuat kamu bahagia hari ini. Bahkan dari hal terkecil sekalipun. 

Misalnya jalanan yang lancar hari ini, cuaca yang bagus, atau kamu masih sempat membeli paket McD BTS yang sedang hits itu!

Kamu juga bisa menulis segala hal yang kamu syukuri hari ini. Apakah itu pekerjaanmu, sekolah, kampus, keluarga, dan lain sebagainya. 

Kalau kamu sendiri apa yang membuatmu bahagia hari ini? Silahkan tulis di kolom komentar ya! 

9. Menonton Komedi

Acara komedi adalah resep ampuh untuk bahagia! Beneran deh! Tidak ada resep yang lebih cepat lagi untuk membuat kamu tertawa selain menyaksikan tayangan komedi. 

Kamu bisa menikmati komedi dengan gratis saat ini. Karena banyak tersedia di YouTube. 

Apakah kamu penggila Stand Up Comedy? Atau kamu penyuka komedi sketsa? Atau kamu adalah fans garis keras serial Friends? 

Temukan tayangan komedi yang paling sesuai untuk kamu. Lalu tertawalah dengan kencang! 

Supaya lebih seru kamu bisa ajak teman kamu yang sedang sama galaunya untuk nobar serial komedi bersama kamu. Dijamin akan lebih seru!

10. Bersyukur Lebih Banyak

Resep ini mungkin terdengar klise. Namun percaya deh, kamu akan lebih mudah bahagia jika kamu mampu bersyukur. 

Seperti kata lagunya D’Masiv, “Syukuri apa yang ada…” 

Ada baiknya kamu mensyukuri semua hal yang saat ini kamu punya dan kamu rasakan. 

Kamu masih merasakan nikmatnya menu warteg, sedapnya aroma kopi starling, atau indahnya nyanyian emak-emak yang sein kanan tapi belok kiri? Tandanya hidup kamu itu seru! 

Tidak ada yang bisa memiliki hidup yang kamu jalani ini selain diri kamu sendiri! 

Jadi, alasan apa yang menghalangi kamu dari merasakan kebahagiaan? 

Kita semua ingin bahagia. Namun kadang kita lupa ada banyak cara untuk bahagia dari hal-hal sederhana. 

Apakah kamu punya cara sederhana lain yang sangat ampuh bagi kamu? Silahkan berbagi di kolom komentar yang tersedia di bawah ini. 

Selamat berbahagia semuanya! 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Ario Seno