10 Film Adaptasi Buku Rilis di 2021


10 Film Adaptasi Buku Rilis di 2021 1

Tahun 2021 ini kita masih dikepung pandemi, salah satu kegiatan yang bisa menyegarkan adalah membaca dan menonton karya-karya berkualitas. Setidaknya tahun ini ada 10 novel yang diangkat menjadi film dan film seri di bawah naungan Netflix. Simak dulu daftar ini untuk Netflix and chill nya kamu.

1. White Tiger

Novel karya Aravind Adiga (2008) berkisah tentang Balram Halwai yang migrasi ke Delhi untuk mengadu nasib dan memeroleh penghidupan lebih baik. Dalam kisahnya, gambaran situasi dan kondisi masyarakat India berjuang melawan ketimpangan kelas sosial yang memengaruhi kehidupan sosial, politik dan ekonomi mereka.

Sumber: www.bookbub.com
Sumber: www.bookbub.com

Novel ini kemudian diangkat menjadi sebuah film dan Netflix merilisnya di awal tahun 2021. Film berdurasi lebih kurang 2 jam ini menampilkan Adarsh Gourav sebagai Balram Halwai dan Priyanka Chopra sebagai Pinky Shah. Yang membuat buku dan film ini layak untuk dinikmati adalah humor satir Aravind dalam melihat kondisi India melalui tokoh Balram yang kemudian menjuluki dirinya sendiri sebagai seorang entrepreneur. 

2. The Dig

Buat kamu yang suka novel dan film bergenre biografi atau sejarah bisa nih baca dan tonton The Dig karya John Preston. Novel Preston dipublikasi tahun 2007 dan filmnya dirilis awal 2021 dengan Carey Mulligan, Ralph Fiennes dan Lily James sebagai pemeran utama.  

Sumber: www.kobo.com
Sumber: www.kobo.com

Kisah ini diangkat dari kehidupan seorang janda bernama Edith Pretty yang tinggal di Sutton Hoo, Suffolk Tenggara, Inggris di tahun 1939.  Kisah ini berlatar Inggris jelang Perang Dunia II dan Edith mempekerjakan seorang arkeolog dari museum setempat bernama Basil Brown. Basil melakukan ekskavasi di tanah  sebab Edith mencurigai adanya harta peninggalan.  

3. Firefly Lane

Berbeda dengan dua novel di atas, Filefly Lane karya Kristin Hannah ini diangkat menjadi film seri oleh Netflix. Film seri yang musim pertamanya tayang pada Pebruari 2021 ini diperankan oleh Sarah Chalke sebagai Kate Mularkey dan Katherine Heigl sebagai Tully Hart berkisah tentang persahabatan dua perempuan.

Sumber: www.popsugar.com
Sumber: www.popsugar.com

Novel ini ternyata memiliki 400 halaman dan diangkat menjadi 10 episode seri untuk menceritakan 30 tahun persahabatan Kate dan Tully. Kehidupan perempuan apalagi dengan persahabatan selama itu tentunya sangat menarik untuk disimak. Apakah persabahatan mereka bertahan hingga akhir atau harus berakhir karena pengkhianatan? Kamu bisa baca dan tonton ya.

4. Behind Her Eyes

Penggemar genre thriller wajib nih baca novel 320 halaman karya Sarah Pinborough ini. Rilis tahun 2017, novel ini kemudian dibuat menjadi film seri oleh Netflix dan rilis Pebruari 2021 dengan pemeran Eve Hewson, Simona Brown, Tom Bateman, dan Robert Aramayo.

Sumber: www.ebooks.com
Sumber: www.ebooks.com

Novel ini berkisah tentang cinta segitiga antara Louise (Simona) dengan David (Tom). Louise menjalin persahabatan dengan istri David, Adele (Eve), kemudian banyak hal mendebarkan yang terjadi. Dan, ceritanya menjadi semakin menarik karena memiliki akhir tak terduga. Seperti apa akhirnya? Kamu bisa baca atau tonton ya.

5. Shadow and Bone

Untuk kamu yang penggemar kisah fantasi bernuansa magis dan sabar membaca trilogi, pilihan bisa dijatuhkan pada Grisha Trilogy karya Leigh Bardugo. Buku pertama dari trilogi ini berjudul Shadow and Bone dan memiliki 358 halaman. Menariknya, Eric Heisserer, showrunner untuk Netflix, membuat film series sebanyak 8 episode ini tidak hanya mengadaptasi Shadow and Bone, tetapi juga The Six Crows yang memiliki latar cerita serupa.

Sumber: www.buzzfeed.com
Sumber: www.buzzfeed.com

Novel ini berkisah tentang perjalanan Alina Starkov yang diperankan oleh Jessie Mei Li ini sebagai seorang Grisha. Alina bersama Malyen Oretsev yang diperankan Archie Renaux berjuang demi menyelamatkan Ravka, tempat mereka bertumbuh dan menghancurkan Shadow Fold.  

6. All Things Cease to Appear

Satu lagi novel untuk para penggemar thriller, misteri dan supranatural. Elizabeth Brundage mempublikasi karyanya dengan All Things Cease to Appear pada tahun 2016 namun Shari Springer Berman dan Robert Pulcini merilis film adaptasinya pada tahun 2021 ini dengan judul Things Heard and Seen. Film yang dapat dinikmati di Netflix ini berdurasi 2 jam 1 menit ini dapat dikatakan memiliki perbedaan mendasar dengan novelnya.

Sumber: www.wamc.org hello test
Sumber: www.wamc.org hello test

Meski keduanya memunculkan nuansa supranatural, adaptasi filmnya justru lebih mengedepankan nuansa ini. Alur ceritanya memiliki penyimpangan karena memiliki akhir cerita yang berbeda bagi tokoh George Claire yang diperankan James Norton, padahal keduanya memiliki kesamaan di awal ceritanya. George bersama istrinya Catherine, diperankan oleh Amanda Seyfried, lebih sering mengalami fenomena gaib di dalam filmnya.

Kira-kira apa saja perbedaan lain yang bisa kita lihat dari buku dan film adaptasinya? Yuk, baca dan tonton keduanya saja.

7. The Woman in The Window

Bagi para penggemar psychological thriller dan misteri sudah pastinya tahu novel karya A. J. Finn berjudul The Woman in The Window (2018) ini. Novel sebanyak 448 halaman ini membawakan kisah menegangkan seorang perempuan yang mengidap agorafobia. Sementara itu, Joe Wright menyutradarai adaptasi filmnya  dan tayang di Netflix pada Mei 2021 lalu dengan Amy Adams sebagai Dr. Anna Fox.

Sumber: www.amazon.com
Sumber: www.amazon.com

Anna adalah seorang psikolog anak yang tanpa sengaja melihat adegan kekerasan dan tentunya dia tidak dapat melakukan apapun karena agorafobia yang diidapnya. Karena fobianya ini, Anna seringkali mengalami serangan panik  dan menurut dokter pun Anna harus membatasi interaksi dengan orang-orang sehingga dia memanfaatkan telepon untuk menghubungi suaminya, Edward Fox (Anthony Mackie) dan putrinya Olivia (Mariah Bozeman). 

8. The Underground Railroad

Colson Whitehead mendapatkan penghargaan Pulitzer untuk novel fiksi sejarah berjudul Underground Railroad (2016). Sebuah novel yang menceritakan perjuangan seorang gadis remaja kulit hitam bernama Cora untuk melarikan diri dari perkebunan di Georgia, Amerika bagian Selatan. Novel ini kemudian diadaptasi menjadi sebuah film seri sebanyak 10 episode. 

Sumber: www.belmontvillage.com
Sumber: www.belmontvillage.com

Baik novel maupun film seriesnya menggunakan latar waktu sebelum terjadinya Perang Saudara. Underground Railroad sendiri adalah sebuah rute pelarian bagi para kulit hitam untuk menjadi orang merdeka. Cora Randall yang diperankan Thuso Mbedu bukan seorang gadis kulit hitam biasa sehingga baginya melarikan diri adalah sebuah keharusan yang kemudian mempertemukannya dengan Caesar, diperankan Aaron Pierre.  

9. 101 Dalmations

Siapa yang tidak kenal Cruella de Vil, seorang tokoh jahat dari 101 Dalmations karya Dodie Smith. Dipublikasi tahun 1956, cerita ini berkisah tentang petualangan dua ekor anjing, Pongo dan Missis. Namun, pada film yang terinspirasi karya Dodie ini lebih menceritakan sosok tokoh Cruella de Vil.

Sumber: www.publishersweekly.com
Sumber: www.publishersweekly.com

 Pada film arahan Craig Gillespie ini,  alur cerita yang ditampilkan adalah perjalanan hidup Estella von Hellman yang diperankan Emma Stone. Estella memiliki identitas lain sebagai Cruella de Vil. Apa penyebabnya? kamu harus nonton nih filmnya.

10. A Discovery of Witches

Buku pertama dari trilogi The All Souls yang berjudul A Discovery of Witches akan tayang Musim keduanya untuk film seri yang berjudul sama di tahun ini. Novel setebal 579 ini diangkat menjadi film seri dengan Musim pertamanya tayang pada tahun 2018. Buat kamu yang menyukai genre fantasi, magis juga drama yang melibatkan vampir dan penyihir bisa memilih untuk membaca dan menontonnya.

Sumber: www.amazon.co.uk
Sumber: www.amazon.co.uk

Baik buku maupun film serinya mengangkat cerita yang sama yaitu pertemuan antara seorang penyihir sekaligus ahli sejarah bernama Diana Bishop (Theresa Palmer) dan seorang vampir juga berprofesi sebagai seorang profesor biokimia bernama Matthew Clairmont (Matthew Goode). Keduanya memiliki ketertarikan terhadap sebuah manuskrip tua yang berada di perpustakaan Bodleian, Oxford.

Kira-kira, buku dan film apa yang akan kamu pilih untuk refreshing akhir pekan atau menikmati me time? Semuanya menarik dan layak untuk dinikmati. Selamat membaca dan menonton ya. 


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Nenden Rikma

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap