10 Hal Mengenai Papua New Guinea

10 Hal Mengenai Papua New Guinea 1

Papua New Guine merupakan sebuah negara yang berada dekat dengan negara kita tercinta indonesia. Tepatnya disebelah timur indonesia dan berbatasan langsung dengan provinsi papua.

Namun papua new guinea sebagai sebuah negara pasti memiliki karakteristik tersendiri sehingga membedakannya dengan negara-negara lain di dunia. Berikut 10 hal mengenai papua new guinea.

Gunung Wilhelm

Puncak tertinggi Papua New Guinea
Puncak tertinggi Papua New Guinea

Gunung wilhem sebagai puncak tertinggi daratan Papua New Guinea. Gunung yang memiliki ketinggian 4509 meter diatas permukaan laut, merupakan bagian dari pegunungan Bismarck.

Puncak gunung disebut dikenal dengan nama Enduwa Kombuglu atau dalam bahasa Indonesia berarti kuman. Gunung Wilhelm terletak di tiga kota yakni, Jiwaka, Madang, dan Simbu. 

Dataran tinggi terpadat

Hutan hujan tropis papua new guinea
Hutan hujan tropis papua new guinea

Sebagian besar wilayah di Papua New Guinea memang dipenuhi dataran tinggi. Mayoritas wilayah ini diselmuti dengan hutan hujan tropis, yang tumbuh lebat dan ditemui di wilayah dataran rendah dan daerah pinggiran, serta daerah basah di area sungai sepik dan sungai fly.

Hal itu sangat berpengaruh terhadap jaringan transportasi apa yang akan dikembangkan di negara ini, mengingat wilayahnya dipenuhi pegunungan berhutan. Transportasi yang sering dipergunakan yakni dengan berjalan kaki maupun pesawat terbang.

Budaya paling beragam

Suku di Papua New Guinea
Suku di Papua New Guinea

 Bahwa Papua New Guinea memiliki 750 an suku adat yang terdeteksi dan hampor 7000 an kelompok budaya lahir di Negara tersebut. Mengingat banyaknya keberagaman tersebut, maka banyak pula ekspresi budaya yang berbeda-beda.

Setiap suku memiliki kontur sendiri-sendiri dalam hal kesenian, arsitektur, alat senjata, tarian, serta masih banyak lagi. Salah satu suku terkenal yakni Suku Hulo, dengan hiasan unik serta khas di tubuhnya.

Bahasa

Suku Huli Papua New Guinea
Suku Huli Papua New Guinea

Total ada 750 bahasa dari 750 etnis yang ada di Negara ini. Bahasa resmi yang digunakan adalah Bahasa Tok Pisin atau Bahasa Pidgin.

Agama

Warga Papua New Guinea
Warga Papua New Guinea

Di Papua New Guinea kurang lebih 96 persen dari penduduknya menganut agama Kristen. Akan tetapi, ada sebagian yang menganut keagamaan tradisional setempat. Sementara 4000 an penduduk mereka beragama muslim.

Kepercayaan terhadap leluhur masih sering di pergunakan dengan nama Animisme. 

Mata Pencaharian

Petani Papua New Guinea
Petani Papua New Guinea

Sebagian besar mata pencaharian penduduk Papua New Guinea berpusat di kegiatan pertaniannya. Hampir 85 persen penduduk meraih hasil dari sektor pertanian. 

Cincin api pasifik

Lingkaran api pasifik
Lingkaran api pasifik

Cincin Api Pasifik atau Lingkaran Api Pasifik dalam istilah Inggris Ring of Fire adalah pertemuan tiga lempeng tektonik dunia yakni Lempeng Indo-Austalia, Lempeng Eurasia serta Lempeng Pasifik, yang berpotensi besar mengakibatkan letusan gunung berapi dan gempa bumi di dalam cekungan Samudera Pasifik. Wilayah ini seperti tapal kuda dan mencakup wilayah sepanjang 40.000 km.

Bahwa wilayah Papua New Guinea secara keseluruhan berada dalam daerah cincin api pasifik, yang berpotensi sangat besar terjadinya bencana alam seperti gempa bumi dan letusan gunung berapi.

Kapten John Moresby

Kapten John Moresby
Kapten John Moresby

Kapten Moresby adalah Kapten pasukan Inggris, yang telah berjasa merebut wilayah Pesisir Papua New Guinea dari pasukan Jerman dibawah Kerajaan Britannia Raya tahun 1883. Namanya kini dipergunakan sebagai nama ibukota Papua New Guinea, Port Moresby.

Hooded Pitohui

Burung beracun Hooded Pitohui
Burung beracun Hooded Pitohui

Hooded Pitohui adalah nama burung beracun di Papua New Guinea. Burung ini merupakan burunh asli Papua New Guinea. 

Burung ini memiliki racun pada permukaan kulit dan bulu-bulunya, meskipun sekilas burung ini nampak indah, namun tak ada yang berani menangkap burung ini apalagi menjualnya.

Situs Pertanian Kuno Kuk

Situs pertanian kuno kuk
Situs pertanian kuno kuk

Situs pertanian kuno Kuk merupakan peninggalan nenek moyang yang ditemukan dengan adanya saluran pengairan dan telah berusia puluhan ribu tahun silam.

Bahwa diyakin masyarakat Papua New Guinea telah melakukan kegiatan pertanian sejak puluhan ribu tahun silam.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

BLUTS