10 Hewan Yang Dapat Mengganti Jenis Kelaminnya


10 Hewan Yang Dapat Mengganti Jenis Kelaminnya 1

Makhluk hidup perlu bereproduksi. Bukan untuk bertahan hidup tetapi untuk kelangsungan dan untuk memastikan bahwa mereka tidak punah. Terkadang dalam populasinya, salah satu jenis kelamin lebih banyak dibandingkan dengan yang lainnya sehingga individu harus bersaing untuk mendapatkan pasangan. Sehingga hewan-hewan ini berevolusi untuk menyelesaikan masalah tersebut menjadi hewan hermafrodit.

hewan hermafrodit adalah organisme yang memiliki organ reproduksi jantan dan betina yang berfungsi penuh. Hewan hermafrodit mampu menghasilkan gamet jantan, yaitu sperma dan menghasilkan gamet betina, yaitu sel telur pada 1 individu. Kata hermafrodit berasal dari mitologi Yunani, Hermaphroditus, yang merupakan putra hermes dan dewi Aphrodite yang menyatu menghasilkan satu orang pria dan wanita.

Penting untuk diketahui bahwa meskipun memiliki 2 jenis kelamin, bukan berarti organisme hermafrodit bisa kawin pada dirinya sendiri. Hal tersebut kadang terjadi (tergantung keadaan tertentu seperti kondisi suhu atau berada di tempat yang terisolir sehingga sulit mendapatkan pasangan), tapi sebagian besar masih memerlukan pasangan untuk menghasilkan keturunan.

Hermaprodit memiliki 3 bentuk, yaitu protagini (lahir sebagai betina dan mampu berubah menjadi jantan), protandri (kebalikan dari protagini, lahir sebagai jantan dan mampu berubah menjadi betina), dan hermaprodit sinkroni (bisa menjadi jantan atau betina, dan dapat menghasilkan sperma dan sel telur kapan saja).

Ingin tahu hewan-hewan apa saja yang termasuk hermafrodit? Inilah 10 hewan yang memiliki jenis kelamin hermafrodit:

Ikan badut

10 Hewan Yang Dapat Mengganti Jenis Kelaminnya 3

Ikan badut hidup dalam kelompok kecil yang mendiami anemon (hewan laut yang menyerupai tanaman). Semua ikan badut terlahir sebagai jantan, tapi bukan berarti ikan ini hidup tanpa betina. Jantan yang paling dominan di dalam suatu kelompok akan merubah kelaminnya menjadi betina.

Ikan badut betina memainkan peran penting dalam kelangsungan hidup spesiesnya. Ketika ikan betina mati, jantan dominan – urutan ke kedua – akan mengganti kelamin dan posisi ikan betina yang mati tersebut. Berarti, ikan badut termasuk hermaprodit protandri.

Siput pisang

10 Hewan Yang Dapat Mengganti Jenis Kelaminnya 4

Siput pisang adalah salah satu spesies siput terbesar, bisa tumbuh antara 15 sampai 30 cm. Seperti namanya, siput ini berwarna kuning cerah seperti pisang, tapi ada juga yang berwarna kehijauan, cokelat, dan putih. Saat lahir, siput pisang memiliki alat kelamin jantan dan betina (hermafrodit sinkron). Dalam urusan reproduksi, siput pisang hanya mencari pasangan yang seukuran dengannya.

Perkawinan dengan pasangan lebih baik secara biologis karena keturunan yang dihasilkan lebih bervariasi, tapi jika kawin dengan pasangan tidak memungkinkan, siput pisang bisa membuahi dirinya sendiri (sangat jarang terjadi).

Lebih aneh lagi, organ reproduksi jantan (penis) yang dimasukkan ke dalam tubuh pasangannya saat kawin bisa terperangkap – diduga karena kontraksi otot tertentu – sehingga organ (penis) tersebut digerogoti oleh pasangannya atau di jantan sendiri. Organ (penis) tersebut tidak ada pengganti atau tidak bisa tumbuh kembali, tapi siput pisang masih bisa kawin sebagai betina. Ilmuwan menamai proses unik ini yaitu apophallation.

Cacing tanah

10 Hewan Yang Dapat Mengganti Jenis Kelaminnya 5

Ada sebuah mitos reproduksi cacing tanah yaitu jika dibelah menjadi dua, kedua bagian yang dibelah tersebut akan beregenerasi menjadi dua cacing baru. Tapi, cacing tidak bereproduksi dengan cara seperti itu.

Saat cacing berusia sekitar 4 hingga 6 minggu, terbentuk sebuah kantung mirip pita berwarna agak keputihan di dekat kepalanya yang disebut clitellum. Saat kawin, pita tersebut menjadi lebih gelap. Beberapa spesies cacing tanah akan kawin di permukaan tanah, tetapi hal ini dapat membuat cacing rentan di mangsa oleh predator sehingga kebanyakan cacing akan kawin di bawah tanah.

Saat kawin, cacing tanah dan pasangannya bergabung bersama dengan kepala mengarah ke arah yang berlawanan. Saat itu, cacing akan saling bertukar sperma dan disimpan dalam kantung, kemudian kepompong terbentuk di clitellum. Sel telur dan sperma di simpan dalam kepompong tersebut.

Setelah cacing berpisah, kepompong akan menutup dan terjadilah pembuahan. Dalam kepompong biasanya terdapat 1-5 ekor cacing. Jika kondisinya tidak memungkinkan untuk menetas, seperti kekeringan, kepompong bisa dormansi (berhenti tumbuh) selama bertahun-tahun. Cacing tanah termasuk hermaprodit sinkroni.

Sotong

10 Hewan Yang Dapat Mengganti Jenis Kelaminnya 6

Sotong merupakan makhluk laut dari ordo sepiida yang bisa tumbuh antara 15 sampai 25 cm dan panjang 50 cm dengan berat mencapai lebih dari 10,5 kg. Pada usia sekitar 5 bulan, sotong akan mulai aktif kawin. Selama musim kawin, sotong jantan akan saling menantang untuk mendominasi sarang dan mendapatkan betina.

Sotong jantan akan terus menantang sampai salah satu dari sotong tersebut mundur dan berenang menjauh. Sotong yang menang akan kawin dengan betina dengan cara memasukkan kantung atau semacam kapsul berisi spermatozoa ke dalam lubang di dekat mulut betina. Kemudian sotong jantan akan menjaga betina sampai bertelur beberapa jam kemudian.

Pada beberapa kesempatan, pesaing akan mulai mengancam sotong jantan. Jika sotong jantan sangat sulit untuk dikalahkan, pesaing menggunakan sebuah metode untuk menipu sotong jantan dan kawin dengan betina. Metode tersebut adalah kamuflase.

Pesaing jantan akan menyamar dengan mengubah warna dan pola tubuhnya sehingga menyerupai betina. Kamuflase yang dilakukan oleh sotong ini sangat unik, sotong “penipu” ini hanya mengubah sebagian tubuhnya saja yang menghadap ke jantan. Sebagian tubuh sotong “penipu” ini yang menghadap ke betina masih pola-pola khas jantan.

Si jantan yang malang mengira hanya melihat 2 betina yang sedang nongkrong. Itu berarti memberikan kesempatan kepada sotong “penipu” untuk kawin dengan si betina. Hidup memang kejam bray.

Ikan kakaktua

10 Hewan Yang Dapat Mengganti Jenis Kelaminnya 7

Meskipun sebagian besar ikan kakaktua terlahir sebagai betina, sebenarnya ikan ini juga memiliki kelamin jantan. Jadi, ikan kakaktua merupakan hermafrodit protagini, yang berarti ikan ini bisa merubah kelaminnya menjadi jantan dalam hidupnya. Para ahli masih kurang yakin mengapa ini bisa terjadi, diduga caranya bereproduksi tersebut untuk menjaga keseimbangan jenis kelami di suatu populasi.

Ular garter

10 Hewan Yang Dapat Mengganti Jenis Kelaminnya 8

Ular garter adalah jenis-jenis ular dari genus Thamnophis yang terdapat di Amerika Utara dan Tengah. Cara ular ini kawin agak unik, saat ular garter bangun dari hibernasinya dan mencari pasangan, ular ini membentuk bola saat kawin. Hal tersebut membuat ular garter sangat rawan terhadap predator seperti burung. Untuk menghindari hal tersebut, beberapa ular jantan akan menyamar menjadi ular betina.

Dengan cepat, ular yang menyamar ini dikepung oleh ular jantan lain dan melindungi ular tersebut dari ancaman predator. Selain itu, karena ular garter baru bangun dari hibernasinya, otomatis suhu tubuhnya masih rendah. Saat dikerumuni, ular betina palsu ini dapat menaikkan suhu tubuhnya lebih cepat.

Gobi

10 Hewan Yang Dapat Mengganti Jenis Kelaminnya 9

Beberapa spesies gobi tertentu juga telah mengembangkan kemampuan untuk merubah kelaminnya. Kebanyakan spesies gobi merupakan hermafrodit protagini (lahir sebagai betina dan mampu berubah menjadi jantan), tapi dalam beberapa kasus, ikan gobi spesies tertentu dapat merubah jenis kelaminnya sesuka hatinya (hermafrodit sinkron).

Untuk merubah jenis kelaminnya, ikan gobi membutuhkan waktu biasanya 2 minggu untuk menyelesaikan perubahan. Selain fisiknya berubah, perilaku ikan gobi juga akan berubah ketika mengubah jenis kelaminnya

Echinodermata

10 Hewan Yang Dapat Mengganti Jenis Kelaminnya 10

Echinodermata berasal dari bahasa Yunani yaitu Echinos yang berarti duri dan Derma yang berarti kulit, berarti echinodermata adalah hewan yang kulitnya berduri. Bintang laut, teripang atau mentimun laut, bulu babi dan invertebrata sejenisnya termasuk hewan echinodermata.

Spesies bintang laut tertentu seperti common cushion starfish (Culcita novaeguiniae) yang merupakan hermafrodit protandri (lahir sebagai jantan dan mampu berubah menjadi betina) karena bintang laut ini akan menghabiskan 3 tahun masa pertamanya sebagai jantan dan 3 tahun selanjutnya sebagi betina.

Katak

10 Hewan Yang Dapat Mengganti Jenis Kelaminnya 11

Selama bertahun-tahun, para peneliti telah mengamati katak yang secara spontan mengubah jenis kelaminnya di laboratorium. Para peneliti akhirnya melakukakan penelitian yang sama di alam liar. Hasilnya mengungkapkan bahwa perubahan jenis kelamin dengan organ yang berfungsi penuh cukup biasa terjadi di antara populasi katak.

Penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan menunjukkan bahwa perubahan tersebut mungkin terjadi secara alami pada amfibi.

Humphead wrasse

10 Hewan Yang Dapat Mengganti Jenis Kelaminnya 12

Saat berusia 9 tahun, ikan wrasse dapat berubah dari betina menjadi jantan (hermafrodit protogini). Seiring dengan perubahan jenis kelaminnya, warna ikan wrasse yang awalnya jingga kemerahan (betina) juga ikut berubah menjadi berwarna biru kehijauan (jantan). Meskipun dapat hidup sekitar 30 tahun, ikan wrasse terancam punah karena penangkapan ikan yang berlebihan untuk diperdagangkan atau di ekspor.

Itulah 10 hewan-hewan yang dapat menganti jenis kelaminnya, kebanyakan hewan hermafrodit adalah hewan invertebrata (tidak memiliki tulang belakang) dan beberapa spesies ikan. Selain itu juga ada hewan-hewan lain yang memiliki kemampuan ini, tapi tidak banyak, sesuai kondisi atau keadaan.


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Fathurrahman Al-Rasyid

   

Bukan siapa-siapa

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments