10 Jenis Pekerjaan Lepas Terbaik Saat Ini


10 Jenis Pekerjaan Lepas Terbaik Saat Ini

Ada banyak jenis pekerjaan lepas (freelance job) yang bisa kamu pilih. Kamu bisa melakukan pekerjaan ini secara paruh waktu atau pun secara penuh.

Apa saja pekerjaan lepas yang tersedia? Simak terus ya!

1. Pemasar Digital (Digital Marketer)

Saat ini hampir seluruh bisnis melakukan promosinya menggunakan media digital.

Baik media sosial sampai dengan website. Karena digitalisasi adalah masa depan, maka sebaiknya kamu segera mempelajari bidang digital marketing sekarang juga. 

2. Copywriter

Sesungguhnya copywriter masih masuk ke dalam ruang lingkup pemasaran digital. Akan tetapi seorang copywriter tidak harus menjadi digital marketer.

Perbedaan antara copywriting dengan jenis tulisan lain adalah kamu harus meramu kata-kata dengan satu tujuan: menjual produk atau jasa. 

3. Scriptwriter

Ada jutaan channel YouTube dapat kamu temui saat ini. Namun tidak semua channel itu memiliki penulis naskah yang handal.

Nah, jika kamu senang menulis dengan gaya bercerita, ini kesempatan kamu nih! 

4. Pembuat Scoring Musik

Setiap video yang ada di internet akan jauh lebih seru jika disertai alunan musik latar yang indah.

Jika kamu memiliki talenta di bidang produksi musik, kamu bisa menawarkan jasa kamu ini kepada calon-calon klien yang membutuhkan pemusik handal. 

5. Manajer Media Sosial

Seiring popularitas media sosial seperti Instagram, YouTube, Twitter, Facebook, LinkedIn dan lain sebagainya, kini banyak orang yang mencari orang yang mampu mengelola itu semua.

Apakah kamu mampu membuat ide konten sampai dengan jadwal posting untuk berbagai platform media sosial?  Jika ya, pekerjaan lepas yang satu ini cocok untuk kamu!

6. Pembuat Konten Media Sosial

Pekerjaan lepas berikutnya yang sedang populer tentu saja pembuat konten media sosial.

Disini kamu bisa bekerja sama dengan manajer media sosial mengenai konten yang mereka butuhkan.

Kamu dapat membuat konten sesuai permintaan manajer atau pemilik akun. Bayarannya pun cukup layak.

Contohnya saja, jika kamu membuat satu feed IG seharga Rp50,000 . Apabila pemilik akun meminta kamu membuat konten sebanyak 30 buah selama satu bulan, kamu bisa mendapatkan penghasilan satu juta lebih hanya dari satu akun saja.  Mantab bukan! 

7. Pengajar Online

Kamu memiliki jiwa mengajar yang besar? Mengapa tidak mengambil pekerjaan lepas sebagai pengajar online saja? Kamu bisa mengajar apa saja.

Mulai dari mengajar mata pelajaran, memasak, musik, sampai dengan dunia digital loh! Intinya, kamu bisa mengajar apa saja sesuai kemampuan kamu. 

8. Pengembang UI/UX

Salah satu pekerjaan lepas dengan bayaran tertinggi adalah pengembang User Interface (UI) dan User Experience (UX).

Karena saat ini pengalaman pengguna sebuah aplikasi, website dan media digital berada di urutan nomor satu.

Oleh karena itu banyak perusahaan dan bisnis yang mencari jasa pengembang UI/UX ini. Tujuannya demi kenyamanan dan kepuasan pengunjung aplikasi atau situs mereka. 

9. Desain Grafis

Grafis yang indah bukan saja berpengaruh pada keindahan sebuah situs atau media sosial. Desain grafis yang mumpuni akan memancing lebih banyak lagi pengunjung.

Pembeli atau konsumen memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk mengunjungi situs sebuah brand yang memiliki desain terbaik.

Tingkatkan terus kemampuanmu dalam menggunakan Adobe atau program sejenis.

Semakin indah dan detail pekerjaan kamu, semakin besar peluang kamu di dunia desain grafis. 

10. Konsultan SEO

SEO atau optimasi mesin pencari sangat penting agar sebuah bisnis, brand atau situs dapat bertengger di posisi pertama halaman mesin pencari. Disinilah jasa konsultan SEO diperlukan.

Kamu akan menganalisa apakah kata kunci, hashtag, niche, on page atau off page SEO dan persona pengguna sudah tepat sasaran.

Disini kamu harus mengupayakan agar brand klien kamu berada di posisi puncak mesin pencari, setidaknya di halaman satu. 

***

Ada banyak lagi jenis pekerjaan lepas yang bisa kamu pilih. Bagaimana dengan kamu? Apakah ada jenis pekerjaan lepas yang menjadi incaran kamu?