10 Khasiat Jambu Merah Untuk Kesehatan

10 Khasiat Jambu Merah Untuk Kesehatan 1

Tanaman jambu merah termasuk jenis tanaman perdu, tinggi pohon bisa mencapai 10 meter. Cara menanam dan pemeliharaannya cukup mudah, dapat ditanam di kebun atau halaman rumah. Cara memperbanyak tanaman ini dengan cangkok. Pilih batang yang cukup tua untuk dicangkok agar akar dapat tumbuh dengan sempurna.

Rasa manis jambu merah sangat khas, berair dan lembut jika sudah matang. Buah ini dapat dimakan langsung atau dibuat jus dan aneka jenis makanan lain. Jambu merah mempunyai banyak manfaat. Apa saja? Kita simuk yuk!

1. Anti oksidan

Jambu merah banyak mengandung likopen, yaitu hidrokarbon karotenoid yang baik untuk kulit. Kandungan berbagai vitamin dalam jambu merah dapat menghambat penuaan dini.

Vitamin C di dalamnya dapat mempercepat penyembuhan luka dan penting dalam pembentukan kolagen di tubuh. Vitamin A dan vitamin C membantu mengurangi kerutan pada kult wajah. Olesan jambu merah pada wajah dapat menjadi astringent yang mengencangkan kulit wajah.

2. Mencegah anemia

Vitamin C dalam jambu merah berperan membantu penyerapan zat besi. Kekurangan zat besi akan menyebabkan terhambatnya pembentukan hemoglobin dan protein dalam darah yang mengangkut oksigen. Vitamin A, B1 dan zat besi yang terkandung dalam jambu merah penting untuk pembentukan hemoglobin.

3. Menurunkan kolesterol

Kolesterol yang menumpuk dalam tubuh akan mengganggu kesehatan. Kolesterol tersebut harus dikeluarkan dengan cara diikat oleh serat. Salah satunya oleh pektin yang banyak terdapat pada jambu merah.

4. Menaikkan trombosit

Jambu merah mengandung Vitamin C yang cukup tinggi, yaitu 10 kali dibanding pepaya dan 3-6 kali dibanding jeruk. Selain vitamin C, jambu merah juga banyak mengandung tanin dan flavonoid yang terbukti mampu menaikkan trombosit serta mengurangi penyebaran virus.

5. Mencegah kanker

Kandungan berbagai zat dalam jambu biji seperti vitamin C,  likopen, quercitin, flavonoid dan fitronutrien merupakan anti oksidan yang ampuh menangkal radikal bebas, penyebab kanker.

Selain itu zat-zat yang terdapat pada jambu merah juga meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang kanker.

6. Baik untuk diet

Jambu merah mengandung banyak serat dan rendah kalori sehingga cocok untuk program diet. Kandungan serat dan kadar air yang tinggi membuat rasa kenyang lebih lama. Jambu biji dapat dijadikan cemilan yang aman, membuat kenyang dan menyehatkan.

7. Mencegah diabetes

Diabetes terjadi karena penumpukan kadar gula di dalam tubuh. Serat dan vitamin yang terkandung di dalam jambu merah dapat menurunkan kandungan gula darah sehingga dapat mencegah terjadinya diabetes.

8. Meningkatkan kekebalan tubuh

Selain mengandung serat dan vitamin, jambu biji juga mengandung anti mikroba yang mampu menangkal bakteri dan virus sehingga tidak menyerang tubuh.

9. Melancarkan pencernaan

Serat sangat dibutuhkan oleh tubuh. Serat yang tinggi dalam buah jambu biji dapat memperlancar metabolisme dan pencernakan. Buah jambu merah aman dikonsumsi kapan saja.

10. Mengobati batuk pilek

Banyaknya kandungan vitamin dalam jambu merah dapat melawan bakteri dan virus yang menyerang tubuh serta meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang batuk dan pilek. Anti mikroba di dalamnya juga dapat menghambat perkembangan bakteri dan virus.

Jambu merah sangat mudah didapat. Harganya pun cukup murah. Bagi yang suka berkebun, menanam jambu merah bisa menjadi pilihan. Kita dapat memanfaatkan pekarangan untuk berkebun jambu merah. Tanaman ini sangat mudah perawatannya dan tidak memerlukan media khusus. 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Isnaini

   

Mantan bankir, ibu rumah tangga yang mempunyai hobi menulis dan merajut. Menulis merupakan cara untuk menambah teman, ilmu dan wawasan.