10 Khasiat Tomat, Kamu Wajib Tahu!


10 Khasiat Tomat, Kamu Wajib Tahu! 1

Siapa yang tidak tertarik dengan buah tomat yang ranum menggoda? Tomat cukup mudah didapat. Hampir di semua daerah tomat dijual dengan harga cukup murah. Buah yang jika matang akan berwarna merah ini banyak di tanam di daerah dingin seperti di lereng gunung. Ada dua jenis buah tomat, yaitu tomat sayur dan tomat buah.

Tomat sayur berukuran lebih kecil,  sedang tomat buah berukuran lebih besar. Perawatan tanaman tomat juga cukup mudah. Orang banyak mengonsumsi tomat dalam bentuk jus, campuran sayur dan dimakan langsung. Selain menyegarkan, khasiat buah tomat untuk kesehatan tidak diragukan lagi. Berikut 10 khasiat buah tomat yang wajib kamu tahu:

1. Mencegah kanker

Salah satu zat yang terdapat pada tomat adalah likopen. Likopen berfungsi untuk menangkal radikal bebas sehingga sel-sel kanker tidak dapat menyerang tubuh. Likopen sangat ampuh untuk mencegah kanker prostat. Sedang betakaroten yang juga terdapat dalam tomat ampuh untuk mencegah kanker usus besar.

2. Menghindari diabetes

Karbohidrat pada tomat mempunyai kadar gula yang rendah. Tomat dapat mengontrol kadar gula darah tetap rendah. Penyakit diabetes terjadi karena tingginya kadar gula dalam darah. Dengan terkontrolnya kadar gula maka penyakit tersebut dapat dihindari.

3. Memperlancar ASI

Zat yang terkandung dalam tomat sepertia alfa lipoat, likpen da, betakarotin dapat menjadi booster untuk meningkatkan produksi ASI. Jika tidak suka memakan tomat secara langsung, dapat dibuat ASI booster dengan mencampurkan tomat, perasan jeruk ari dan batu es kemudian memblendernya.

4. Menghindari kerontokan rambut

Masker tomat dipercaya dapat menghilangkan ketombe yang dapat menyebabkan rambut menjadi rapuh sehingga mudah rontok. Haluskan tomat dengan cara diblender, kemudian oleskan pada kulit kepala dan diamkan sekitar 15 menit. Bilas sampai bersih.

5. Menjaga mood

Rasa manis dan kandungan asam dalam tomat yang menyegarkan dapat menghadirkan mood yang baik. Kamu dapat menikmati segelas jus tomat dengan atau memakannya bersama sayuran lain dalam salad buah. Jika tidak mau ribet, kamu juga dapat memakan tomat merah yang segar secara langsung.

6. Menjaga kesehatan mata

Tomat banyak mengandung zat likopen dan lutein. Kedua zat tersebut sangat penting bagi kesehatan mata. Tomat juga banyak mengandung vitamin A, vitamin C, Vitamin K, vitamin B6, betakaroten dan zeaxanthin. Lutein dan zeaxanthin melindungi mata dengan cara menyerap sinar biru yang dapat merusak.

Likopen dan betakaroten menyebabkan warna merah pada tomat yang sudah masak. Vitamin A dapat mencegah terjadinya infeksi pada mata karena berfungsi menghambat penyebaran bakteri dan virus.

7. Menjaga pencernaan

Buah tomat mengandung serat yang cukup tinggi. Serat sangat baik bagi pencernaan. Dengan cukup mengonsumsi tomat, usus akan berfungsi dengan baik sehingga pencernaan tetap sehat. Serat yang terkandung dalam

8. Meningkatkan imun

Selain banyak mengandung vitamin C, tomat juga mengandung folat dan vitamin A yang berfungsi untuk meningkatkan imun. Vitamin C dalam tomat membantu penyerapan zat besi yang penting bagi tubuh.

9. Meningkatkan fungsi otak

Anti oksidan dan likopen dalam tomat penting untuk mencegah radikal bebas yang dapat merusak sel otak. Minum jus tomat atau makan tomat segar dapat meningkatkan fungsi otak.

10. Menghindari sembelit

Sebagai pencahar, cara kerja tomat adalah dengan melembabkan dan melancarkan kerja usus karena banyak mengandung serat dan air.

Tomat merupakan salah satu tanaman yang mudah tumbuh di mana saja dan dapat berbuah sepanjang musim.  Karena itu tomat mudah didapat dan harganya cukup murah. Rasa segar, murah dan banyak kandungan tidak salah jika tomat menjadi buah yang wajib dikonsumsi setiap hari.

Agar tidak bosan, kamu dapat mengonsumsi tomat dengan cara dibuat jus, sup, campuran sayur, salad atau dimakan secara langsung.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Isnaini

   

Mantan bankir, ibu rumah tangga yang mempunyai hobi menulis dan merajut. Menulis merupakan cara untuk menambah teman, ilmu dan wawasan.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap