10 Kue Kering Khas Warga Indonesia Yang Selalui Ditemui Ketika Lebaran Tiba

10 Kue Kering Khas Warga Indonesia Yang Selalui Ditemui Ketika Lebaran Tiba 1

“Lebaran sebentar lagi…!” hal ini tentunya sudah menjadi jargon yang mulai terdengar, dan bila kita telah mendengar kata-kata lebaran maka secara tidak sadar bahwa di sekitarmu akan mulai dipenuhi dengan kue-kue dan jajanan yang mulai dipasarkan secara besar-besaran. Tapi pastinya bagi kalian yang telah merasakan lebaran beberapa kali tentu mengetahui bahwa ada beberapa macam kue yang menjadi favorit keluarga-keluarga di Indonesia untuk dijadikan sajian di rumah-rumah mereka. Berikut tim Digstraksi telah merangkum 10 kue kering yang jadi andalan warga Indonesia ketika lebaran tiba.

Nastar

10 Kue Kering Khas Warga Indonesia Yang Selalui Ditemui Ketika Lebaran Tiba 3

Jelas tidak afdhol memulai daftar ini tanpa menyebutkan nama jajan yang satu ini. Kue yang sering disebut sebagai “Pineapple Tart Cookies” ini tentunya memang menarik hati siapapun yang melihatnya lantaran lapisan atas yang mengkilap. Kue lembut yang berisi selain nanas ini memang menjadi salah satu idola bagi keluarga-keluarga di Indonesia sebagai sajian mereka. Apalagi dengan adanya variasi batang cengkeh yang biasannya diletakkan di atas kuenya yang menambah kenikmatan kuenya. Namun bagi kalian yang ingin membeli kue ini harap mencoba karena terkadang isinya bisa tidak senikmat visualnya.

Kastengel

10 Kue Kering Khas Warga Indonesia Yang Selalui Ditemui Ketika Lebaran Tiba 4

Bagi penggemar kue kering yang tidak terlalu menyukai rasa manis, pasti langsung mengarahkan pandangannya ke kue yang satu ini. Sama-sama memiliki lapisan mengkilap kuning telur seperti nastar, kastengel ini lebih dapat menarik perhatian terutama bagi para pencinta keju karena kue kering satu ini biasanya ditaburi dengan keju secara meriah. Kue keju yang diadaptasi dari Belanda yaitu “Kaasstengels” ini memang menjadi duo andalan bersama nastar. Bagi yang ingin membeli kuenya, usahakan juga untuk menjajalnya terlebih dahulu karena ada beberapa kasus dimana asin yang dimiliki kue ini bukan dari asin keju, namun dari garam yang tentu membuatnya kurang nikmat.

Putri Salju

10 Kue Kering Khas Warga Indonesia Yang Selalui Ditemui Ketika Lebaran Tiba 5

Kue lain yang mencolok mata ketika dihidangkan saat lebaran pastinya putri salju. Karena alih-alih berwarna cokelat keemasan seperti kue-kue yang lain, kue yang satu ini berwarna putih salju seperti namanya. Kue ini sendiri sebenarnya sederhana, yaitu terbuat dari dibuat dari adonan tepung terigu, maizena, mentega dan kuning telur yang dipanggang di dalam oven sampai matang dan di atasnya diselimuti dengan gula halus. Biasanya kue ini dibentuk menyerupai bulan sabit, namun tidak jarang juga yang memvariasikan bentuknya ke bentuk lain sesuai selera. Orang-orang pun menyukai kue ini karena ada perpaduan gurih dari kue dengan manis dan lembut dari taburan gula halus yang menyelimuti kuenya.

Kue Kacang

10 Kue Kering Khas Warga Indonesia Yang Selalui Ditemui Ketika Lebaran Tiba 6

Bagi penggemar kombinasi rasa gurih dan manis tentunya menjatuhkan pilihannya ke kue kering yang satu ini. Ya seperti namanya kue ini dibuat dari campuran dari tepung terigu, telur, dan pastinya kacang tanah. Untuk bentuknya sendiri kue ini sudah bisa dikreasikan dalam berbabagai bentuk dan ukuran mulai dari bentuk hati, bulan sabit, bulat, ataupun bentuk bentuk lainnya. Kue ini biasanya menjadi favorit bagi mereka yang tidak ingin menyantap kue yang terlalu manis maupun terlalu asin. Jadi harap waspada saja bila kue ini menjadi yang paling laris dan yang pertama kali habis di meja.

Kuping Gajah

10 Kue Kering Khas Warga Indonesia Yang Selalui Ditemui Ketika Lebaran Tiba 7

Meskipun namanya kue, nyatanya kuping gajah lebih menyerupai keripik karena bentuknya yang tipis dan melebar. Dari situ itulah juga mengapa ia disebut kuping gajah. Kue ini sendiri memang memilki tampilan yang menarik mata lewat kombinasi warna kontras dengan pattern ramai yang ada di kuenya. Kue ini sendiri memiliki cita rasa manis namun tidak terlalu kuat sehingga bisa menjadi pilihan bagi kalian yang sudah lelah dengan camilan manis. Yang perlu diperhatikan adalah biasanya ada beberapa kue kuping gajah memiliki tekstur yang cenderung keras sehingga kurang nikmat ketika dimakan.

Lidah Kucing

10 Kue Kering Khas Warga Indonesia Yang Selalui Ditemui Ketika Lebaran Tiba 8

Satu lagi kue kering khas lebaran yang namanya diambil dari bagian tubuh hewan, setelah gajah kini ada kue lidah kucing yang mendapat namanya dari bentuk pipih dan tekstur kasar yang dianggap mirip lidah kucing. Sebenarnya seperti beberapa kue kering lainnya, kue lidah kucing ini sendiri sebenarnya diadaptasi dari Belanda yang awalnya bernama “Katte Tong”. Kue ini sendiri rasanya manis, gurih dan bertekstur renyah. Dan juga menjadi favorit para penyuka camilan lebaran.

Kue Semprit

10 Kue Kering Khas Warga Indonesia Yang Selalui Ditemui Ketika Lebaran Tiba 9

Meskipun bukan menjadi primadona utama, kue semprit masih menjadi kue khas yang selalu hadir menjadi pelengkap paket kue-kue lebaran. Rasanya sendiri memang sederhana layaknya sebuah kue kukis tanpa ada ciri khas kecuali toping yang diletakkan di atas kuenya. Namun jangan salah karena kue ini menjadi yang paling sering diambil oleh para tamu karena ukurannya yang mungil. Selain itu tampilannya juga cantik denganbentuk yang menyerupai bunga dengan topping berbagai macam mulai dari coklat butir, selain strawberyy, hingga keju. Kue ini sendiri kini juga telah memiliki banyak variasi rasa seperti semprit coklat, semprit keju, dan bahkan semprit sagu.

Pastel Kering Abon

10 Kue Kering Khas Warga Indonesia Yang Selalui Ditemui Ketika Lebaran Tiba 10

Bagi yang mencari kue kering yang tidak terlalu “kue” dan ingin rasa asin dan gurih yang lebih pasti akan menyukai pastel mini ini. Kue kering yang satu ini memang memiliki bentuk layaknya pastel namun dalam bentuk mini dan dengan tekstur yang lebih keras dan renyah. Seperti namanya, biasanya pastel ini diisi dengan abon untuk menambah rasa gurih dan juga agar kuenya sendiri dapat awet dan bertahan lama untuk disimpan. Selain isi abon, beberapa orang memodifikasi isian dari pastel ini dengan beragam isian mulai dari ebi, kacang, bahkan coklat serta keju.

Kue Sagu Keju

10 Kue Kering Khas Warga Indonesia Yang Selalui Ditemui Ketika Lebaran Tiba 11

Bentuknya terkadang mirip dengan kue semprit, karena memang dibuat dengan cetakan yang sama dengan kue semprit. Namun secara tekstur dan rasa jelas berbeda karena kue ini dibuat dari tepung sagu, parutan keju, dan parutan kulit jeruk yang pastinya memiliki rasa tersendiri. Kue sagu ini sendiri memiliki tekstur yang cenderung lebih kering daripada semprit, namun ketika dimakan akan lebih lumer di mulut serta akan terasa lebih creamy karena campuran keju yang ada di dalam adonannya. Tidak seperti kastengel yang menggunakan keju dan memiliki rasa dominan asin keju, kue sagu keju ini biasanya masih memiliki rasa manis.

Khong Guan

10 Kue Kering Khas Warga Indonesia Yang Selalui Ditemui Ketika Lebaran Tiba 12

Terakhir ini adalah kue kering yang mungkin tidak bisa dibilang tradisional tapi termasuk paling ikonik dan menjadi ciri khas dari kue lebaran di rumah-rumah. Ya, kue atau biskuit Khong Guan ini sendiri memang telah menjadi pilihan dari banyak orang sejak dulu untuk menghiasi rumah mereka karena dalam satu kaleng yang dibeli tersebut berisi beragam variasi kue atau biskuit yang bisa dipilih sesuai selera. Disamping itu karena biskuit ini dibuat secara pabrikan, kue ini bisa disimpan lebih lama daripada kue-kue kering biasa.

Namun, selain isinya yang ikonik, kaleng Khong Guan sendiri menjadi ikonik bagi keluarga-keluarga di Indonesia karena wadah yang terbuat dari besi dan terbilang cukup kuat dan awet ini biasanya masih digunakan meskipun isinya telah habis. Sehingga muncul stigma bahwa jangan terlalu senang bila menemukan kaleng Khong Guan ketika berkunjung ke rumah saudara atau tetangga. Karena seringkali isinya merupakan jajan lain seperti kembang goyang, rempeyek, ataupun rengginang.

10 Kue Kering Khas Warga Indonesia Yang Selalui Ditemui Ketika Lebaran Tiba 13

Itu tadi 10 kue kering yang jadi andalan warga Indonesia ketika lebaran tiba, memang tidak semua keluarga menggunakan kue-kue tersebut. Terlebih lagi bahwa setiap daerah biasanya memiliki ciri khas masing-masing untuk urusan sajian lebaran. Namun tentunya kue-kue di atas bisa saja menjadi inspirasi kamu untuk membeli kue yang akan disajikan di rumah. Asal kamu tidak memilih yang poin ke-10 saja karena biasanya hal tersebut hanya akan memberi harapan palsu bagi tamu yang datang, terlebih bagi tamu yang masih kecil.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Astrid Erda