10 Manfaat Mengikuti Organisasi bagi Mahasiswa yang Harus Diketahui

10 Manfaat Mengikuti Organisasi bagi Mahasiswa yang Harus Diketahui 1

Organisasi memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa. Namun, hal ini seringkali menuai pro dan kontra karena mahasiwa yang aktif dalam organisasi seringkali identik dengan lulus tidak tepat waktu. Anda ingin mulai aktif di organisasi ? Maka dari itu ketahui dahulu mengenai manfaatnya saat ingin mengikuti organisasi.

Salah satu kegiatan menjadi pilihan mahasiwa untuk mengisi waktu luang ketika masa kuliah adalah dengan mengikuti kegiatan organisasi yang biasanya diselenggarakan oleh lingkup kampus, pastinya akan mendapat manfaat untuk masa depan atau ruang lingkup pada saat kerja nanti.

Ada Beragam Manfaat yang Bisa Diperoleh dengan Mengikuti Organisasi Mahasiswa. Dan Berikut 10 manfaat Mengikuti Organisasi bagi Mahasiswa yang Harus Diketahui

Menambah Pengetahuan

Organisasi dapat memberikan pengetahuan yang secara langsung lewat interaksi antar anggota organisasi. Kebayakan orang dalam sebuah organisasi cenderung melakukan penyusunan kegiatan yang berfokus pada hubungan langsung dengan masyarakat sehingga kecakapan sosial dapat berkembang dengan baik jika anda mengikuti organisasi.

Memperluas Jaringan atau Relasi

Masuk ke dalam sebuah organisasi berarti bergabung dalam sebuah kesatuan jaringan atau relasi. Organisasi tergabung dalam sebuah wadah yang memiliki persaudaraan yang sama-sama kuat dan solid.

Oleh karena itu, tidak heran jika mahasiswa yang ikut aktif dalam kegiatan organisasi seringkali memiliki relasi yang banyak dari berbagai kalangan, baik itu dari lingkup mahasiswa sendiri hingga pejabat, politisi, masyarakat, dan lainnya.

Mempunyai Teman Banyak adalah Manfaat Organisasi bagi Mahasiwa

Manfaat yang paling umum dirasakan pada saat aktif berorganisasi ialah memiliki teman yang cukup banyak, baik teman yang saling terhubung dalam organisasi maupun teman-teman yang berasal dari organisasi kampus lain.

Mengasah Kemampuan

Bertemu serta berdiskusi dengan orang banyak secara tidak langsung akan mengasah keterampilan interpersonal seseorang. Berorganisasi merupakan salah satu cara efektif untuk mampu meningkatkan dan mengasah hubungan antar individu yang memiliki karakter berbeda.

Belajar Kepemimpinan

Organisasi adalah salah satu media untuk belajar dan juga mengembangkan dasar-dasar cara memimpin. Hal itu tentunya akan mengasah jiwa kepemimpinan dalam diri seseorang.

Karna dalam suatu organisasi, biasanya terdapat struktur organisasi yang dipimpin oleh ketua. Tetapi kemampuan memimpin harus ada dalam setiap anggota organisasi baik sekertaris, bendahara, maupun divisi-divisi lainnya seperti hubungan masyarakat, evaluasi dan pengembangan juga melatih kepemimpinan dari masing-masing mahasiswa yang mengikuti organisasi.

Belajar Mengatur Waktu

Mahasiswa secara tidak langsung akan belajar disiplin dan mengatur waktu. Karena dengan mengikuti organisasi, mahasiswa akan dituntut tepat waktu dalam suatu pertemuan atau kegiatan sehingga dapat bertanggung jawab atas waktu yang dilewatkan, juga dapat mengatur kapan waktu untuk bermain di organisasi ataupun waktu untuk belajar dan mengerjakan tugas.

Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi

Manfaat organisasi bagi mahasiswa yang selanjutnya, adalah dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa suatu organisasi memungkinkan mahasiswa untuk bertemu dengan banyak orang.

Sehingga hal ini mendorong setiap anggota untuk bisa meningkatkan komunikasi tatap muka maupun daring dan juga bisa melatih public speaking mahasiswa saat melakukan presentasi kegiatan maupun berdiskusi.

Mengasah Kemampuan Sosial

Bukan hanya meningkatkan kemampuan berkomunikasi saja, tetapi organisasi juga bisa mengasah kemampuan sosial. Karena dalam kegiatan organisasi, mahasiswa bukan hanya terlibat di dalam kampus saja.

Melainkan belajar dengan keadaan sosial di luar kampus dengan adanya berbagai kegiatan bakti sosial, penanggulangan bencana, dan kegiatan berwirausaha.

Menjadi Kuat dalam Menghadapi Tekanan

Jika seorang mahasiswa masuk ke dalam suatu organisasi di kampus, biasanya mereka akan dihadapkan dengan berbagai masalah organisasi yang harus mereka cari solusinya.

Organisasi juga menyelenggarakan kegiatan, yang tentunya dari kegiatan tersebut juga mempunyai kendala, sehingga secara tidak langsung mahasiswa akan belajar mengenai problem solving, terbiasa dengan banyak masalah dan akhirnya kuat dalam menghadapi berbagai masalah dan berbagai tekanan.

Ajang Berlatih Menuju ke Dunia Kerja

Bahwa organisasi menjadikan anggotanya disiplin dan berani bersosialisasi. Sehingga hal ini dapat berguna untuk melatih diri agar mampu bekerja dengan baik masuk ke dunia kerja yang sesungguhnya.

Suatu organisasi membiasakan anggotannya, sehingga mereka tidak terkejut saat mulai memasuki dunia kerja yang melelahkan serta menekan kesehatan mental.

Demikian, 10 manfaat mengikuti organisasi bagi mahasiswa yang harus diketahui, teryata banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan jika anda mengikuti dan aktif di dalam suatu organisasi kampus dan jadikan masa kuliah anda lebih unik dan menarik dengan mengikuti organisasi yang anda ikuti dan dapat mengembangkan potensi diri anda. Semoga Bermanfaat.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Divisi Danus