10 Mata Uang Kripto Terpopuler, Ada Bitcoin yang Memimpin!


10 Mata Uang Kripto Terpopuler, Ada Bitcoin yang Memimpin! 1

Sepanjang Januari hingga Februari 2021 ini, Mata uang kripto sangat eksis di Indonesia. Bukan hanya di kalangan para investor, mata uang kripto menunjukkan taringnya di kalangan masyarakat yang terbilang masih awam dengan dunia investasi.

Anda tentu sudah tidak asing ketika mendengar nama bitcoin. Bitcoin merupakan salah satu dari sekian jenis uang kripto yang belakangan ini sering berlalu lalang menghiasai sejumlah surat kabar dan berita elektronik.

Tentunya, mata uang digital yang tengah meroket di kalangan masyarakat bukan hanya bitcoin, melainkan ada banyak jenis yang bisa dijadikan investasi. Pada dasarnya, mata uang kripto dijadikan sebuah komoditas karena nilainya hampir seperti emas di dunia nyata. Komoditas ini beroperasi di internet dan berada dalam sebuah sistem yang disebut dengan blockchain.

Mengutip dari laman finance.detik.com (22/02/21), semua jenis mata uang kripto dikomoditikan layaknya emas digital, yang mana ia dijalankan dalam sebuah sistem di internet. Kripto tidak bisa dipalsukan dan juga tidak bisa ditiru. Jadi, bisa dikatakan bahwa sistem transaksi kripto sangatlah aman. Naik-turunnya harga kripto menyesuaikan dengan pergerakan pasar, yang mana hal ini mengacu pada banyaknya permintaan dan penawarannya.

Jenis-Jenis Mata Uang Kripto Terbaik

Seperti yang sudah dijelaskan sedikit di  atas, bahwa mata uang kripto terbaik bukan hanya bitcoin saja, melainkan masih banyak jenis lain yang menarik untuk dibahas. Beberapa mata uang kripto terbaik tersebut diantaranya sebagai berikut:

1. Bitcoin

Sejauh ini, bitcoin masih jadi mata uang kripto terbaik di dunia. Peredaran pasar mata uang ini  mencapai lebih dari $125 miliar dengan harga perkoinnya mencapai lebih dari $7.305.

Tentunya, bitcoin juga termasuk alat tukar kripto paling populer, bahkan sejak awal kemunculannya. Bukan hanya itu, para pakar investasi pun berpendapat bahwa bitcoin merupakan mata uang digital yang sangat layak untuk dimiliki.

Saat ini, jumlah bitcoin cukup terbatas untuk memenuhi permintaan pasar yang kian hari kian meningkat. Maka tidak heran jika nilai tukarnya saat ini cukup melambung tinggi. Padahal di awal kemunculannya, bitcoin hanya dihargai senilai ratusan perak. Kini, anda bisa menyaksikan sendiri bahwa nilai jual bitcoin mencapai ratusan juta.

2. Ethereum (ETH)

Ethereum merupakan token digital yang mendongkrak munculnya penawaran koin awal (ICO). Mata uang kripto ini berada di posisi kedua dalam jajaran cyrptocurrency berdasarkan market cap.

Bisa dibilang ETH memiliki tingkat likuiditas yang cukup tinggi karena perdagangannya yang cukup gencar. Maka tidak heran jika pencairan mata uang digital ini cukup mudah untuk dilakukan jika dibandingkan dengan mata uang digital yang lain.

Nilai tukar ETH sendiri sempat mengalami penurunan di tahun 2018. Namun, mata uang kripto ini kembali bangkit dan di 2020 menjadi runner up di Coin Market Cap.

3. Ripple

Mata uang digital terbaik yang berikutnya diduduki oleh Ripple yang memiliki kapitalisasi pasar dengan total lebih dari $19,8 miliar. Ripple meluncurkan suatu jaringan layanan pembayaran yang menyerupai Bank dan bisnis layanan keuangan lain yang disebut dengan ripplenet.

Ripple dipersiapkan sebagai sistem pembayaran yang dapat digunakan sehari-hari. XRP termasuk representasi nyata dari jaringan yang dibangun Ripple. Perbedaan yang mencolok antara XRP dengan bitcoin yaitu Ripple tidak memakai Blockchain. Sedangkan bitcoin dan mata uang digital sejenis lainnya menggunakannya.

4. Tron (TRX)

Tron merupakan salah satu aset kripto yang belum lama ini rilis.pemiliki Tron adalah Justin Sun yang merupakan seorang pengusaha muda asal China. Eksistensinya dalam dunia bisnis dan investasi memang tidak perlu dipertanyakan lagi, mengingat ia juga masuk ke dalam Forbes 30 under 30.

Barangkali, hal ini tidak mengherankan, mengingat Justin juga termasuk salah satu anak didik dari Jack Ma. Bisa dibilang, mata uang kripto ini akan mendominasi alat pembayaran untuk akses hal-hal yang bersifat premium di masa depan. Sebab, sudah bayak investor yang mau membayar tron untuk akses berbagai konten premium.

5. Dogecoin

Mata uang digital yang satu ini diluncurkan pada tahun 2013. Dogecoin diinisiasi oleh seorang programmer bernama billy markus dan teknologinya berasal dari litecoin. Awalnya, dogecoin direncanakan guna menghasilkan nilai maksimum sebesar 100 milliar dogecoin. Namun, seiring berjalannya waktu, mata uang kripto ini diumumkan mempunyai jumlah pasokan yang tidak terbatas.

Pada mulanya, dogecoin hanya dijadikan sebagai mata uang lelucon saja. Ada pihak yang percaya bahwa mata uang digital ini akan naik nilainnya, bahkan menyentuh angka $1. Menariknya, di awal 2021 ini, penggemar dogecoin semakin meningkat.

Pada januari 2021, dogecoin masih bernilai puluhan perak saja. Akan tetapi, siapa sangka bila menjelang bulan februari, dogecoin berhasil naik, bahkan sampai idr 1000.

6. Binance Coin

Binance Coin (BNB) baru diluncurkan pada tahun 2017. BNB mempunyai fondasi yang kuat karena termasuk produk alat tukar dari Binance Exchange. Binance Exchange sendiri merupakan salah satu broker kripto terbesar di dunia. Broker kripto ini dipimpin oleh seorang pengusaha sukses Cina-Kanada.

Dengan BNB, Anda bisa menggunakannya untuk membayar trading di Binance Exchange. Selain itu, BNB juga dapat dipakai untuk alat pembayaran lain untuk beberapa vendor tertentu. Misalnya, untuk akomodasi perjalanan, membeli hadiah virtual, dan lain-lain.

Saat ini, BNB telah berhasil menduduki lebih dari $200 per koin. Hal ini membuktikan bahwa eksistensi dari Binance Coin terus melesat dari waktu ke waktu

7. Litecoin (LTC)

Litecoin juga termasuk salah satu mata uang digital yang kerap disebut-sebut sebagai yang terbaik diantara mata uang digital lain. Hal ini karena LTC mempunyai tingkat likuiditas yang tinggi dan pangsa pasar yang luas. Tidak heran jika mata uang kripto ini sering dijajarkan dengan BTC maupun ETH.

Hingga kini, ada 84 juta LTC yang beredar luas di pasaran. Tentunya, mata uang digital ini mempunyai banyak keunggulan, salah satunya yakni mempunyai proses mining (penambangan) yang hanya memerlukan waktu kurang dari lima menit. Maka tidak heran jika mata uang kripto ini lebih banyak dilirik oleh para investor.

8. NEM

merupakan mata uang digital yang cukup unik karena berbeda dengan yang lainnya. Jika biasanya mata uang kripto bisa diperoleh dari proses mining, lain halnya dengan NEM yang bisa diperoleh dengan cara harvest (memanen). Hal tersebutlah yang membuat NEM cukup unik dibandingkan dengan yang lainnya.

Walaupun demikian, Anda tidak butuh waktu yang lama untuk melakukan proses penarikan NEM. Sebab, hanya dengan waktu kurang dari dua menit, Anda sudah bisa menarik mata uang digital ini.

9. Basic Attention Token (BAT)

BAT merupakan salah satu cryptocurrency yang dikembangkan oleh perusahaan raksasa bernama Brave Browser. Bisa dibilang, cara kerja token ini mirip dengan tip atau bonus yang diberikan pada konten kreator.

Sedikit-banyaknya informasi yang disajikan oleh konten kreator-lah yang menentukan besar-kecilnya pendapatan yang mereka raih. Agar bisa memperoleh banyak token, maka konten kreator perlu memberikan banyak informasi  pada pihak agen.

10. NEO

Bisa dibilang, NEO mempunyai kesamaan dengan ETH. Banyak pakar kripto menilai bahwa  NEO akan mengalami perkembangan yang sangat pesat sejalan dengan berkembangnya  waktu.

Bahkan saat ini, NEO dipergunakan sebagai fondasi untuk membangun smart contact, aset keuangan digital, serta aplikasi blockchain.

Itu dia penjelasan mengenai 10 mata uang kripto terpopuler. Tentunya, mata uang kripto bukan hanya bitcoin saja. Jadi, dengan adanya informasi ini, diharapkan Anda memiliki wawasan yang luas tentang jenis-jenis mata uang kripto yang sedang trending saat ini.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Dilla Hardina

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap