10 Rekomendasi Film Bernuansa Cottagecore

10 Rekomendasi Film Bernuansa Cottagecore

Apa si itu? adalah sebuah tren estetika dimana menggambarkan keindahan yang terinspirasi dari cara hidup yang lambat, tenang, dan simpel.

Biasanya disisipkan sebuah gagasan romantis, gaya hidup ala tahun 70an, landscape keindahan alam, dan menggunakan bahan natural dalam kehidupan sehari-harinya.

Berikut adalah 10 daftar yang wajib kalian tonton :

1. Little Women (2019)

Meg, Jo, Amy, dan Beth.
Meg, Jo, Amy, dan Beth.

Beberapa dari kalian pasti sudah tidak asing dengan judul ini, versi terbarunya baru saja diangkat tahun 2019 dan ini berhasil masuk kedalam jajaran Box Office dengan menggandeng aktris dan aktor papan atas seperti Saoires Ronan, Emma Waston, Timothée Chalamet, Eliza Scalen, dan Florance Pugh.

Little Women sendiri menceritakan tentang kisah empat gadis March Meg, Jo, Beth, dan Amy yang memiliki ambisi dan mimpinya masing-masing.

ini juga menceritakan mengenai kisah cinta yang rumit, konflik keluarga hingga karir.

Meg yang memilih untuk menikah dengan seorang guru miskin karna cinta, Jo yang berambisi untuk menjadi seorang penulis novel, Amy yang bermimpi menjadi seorang seniman namun harus menikah dengan seorang bangsawan, dan Beth si pendiam yang memiliki ketertarikan dalam bidang musik namun menjadi satu-satunya gadis March yang tidak memiliki ambisi.

Tidak lupa dengan Laure pria kaya yang tinggal didekat rumah keluarga March.

2. Pride and Prejudice (2005)

Mr. Darcy dan Elizabeth Bennet.
Mr. Darcy dan Elizabeth Bennet.

Bagi penikmat novel klasik pasti sudah tidak asing lagi dengan karya Jane Austen yang satu ini.

Menceritakan tentang kehidupan keluarga Bennet yang tinggal di sebuah desa bernama Longbourn yaitu Mr. Bennet, Mrs. Bennet, Jane, Lizzy, Kitty, dan Lidya.

Diawali dengan Mr. Bingley pria kaya yang datang ke desa mereka untuk menetap beberapa bulan dan saat itu Mrs. Bennet berambisi untuk menikahi salah satu anak gadisnya kepada Mr. Bingley.

Elizabeth (lizzy) salah satu gadis Bennet yang pintar dan atraktif bertemu dengan Mr. Darcy yang terlihat arrogan dan sombong disebuah pesta yang diselenggarakan di desa tersebut hingga mereka berdua terlibat pertengkaran dan prasangka satu sama lain. 

ini bertemakan tentang pertemanan, permusuhan, dan cinta.

3. Emma (2020)

Harriet Smith dan Emma Woodhouse
Harriet Smith dan Emma Woodhouse

Satu lagi adaptasi dari novel klasik Jane Austen, EMMA. Emma Woodhouse merupakan seorang perempuan muda, cantik, dan cerdas yang berasal dari keluarga terpandang.

Namun seringkali Emma bertingkah merasa dirinya paling tau segala hal, salah satunya mengenai urusan percintaan orang-orang disekitarnya, ia selalu mencoba menjodohkan orang-orang tersebut dengan pria-pria yang memiliki status sosial yang lebih tinggi, kegemarannya dalam hal perjodohan ini menjadi salah satu hobinya. Hal tersebut membuat Emma dikenal sebangai orang yang sombong.

Baca juga  IQIYI Tempat Nonton Anime Keren Dengan Gratis, Ada Attack On Titan Juga Lho!!

Mr. Knightley merupakan pemuda yang telah mengenal Emma sejak lama dan menjadi salah satu orang yang paling sering mengkritik Emma untuk berhenti bersikap sombong dan sok tau. 

ini menggandeng beberapa aktris-aktor besar seperti Anya Taylor‑Joy (Emma Woodhouse), Johnny Flynn (George Knightley), Mia Goth (Harriet Smith), dan Callum Turner (Frank Churchill)

Dibumbui oleh humor yang menyenangkan dan romansa ala Jane Austen membuat ini menjadi salah satu yang harus kalian tonton.

4. Anne of Green Gables (1985)

Anne Shirley
Anne Shirley

Berkisah tentang seorang anak yatim-piatu yang tinggal di sebuah panti asuhan bernama Anne Shirley, memiliki karakter yang bersemangat/energik, imajinatif, dan suka berbicara.

Namun sayang hal tersebutlah yang membuat orang-orang tidak suka untuk dekat dengannya, ia cenderung senang berceritakan segala hal yang ada dalam pikirannya/khayalannya.

Sampai suatu hari Anne diadopsi oleh seorang kakak beradik yang sudah lanjut usia Matthew dan Marilla Cuthbert di sebuah pondok bernama Green Gables.

Namun lagi-lagi kehadiran Anne tidak disambut baik oleh pengadopsinya, karena ada kesalahan dalam penyampaian pesan, kakak beradik tersebut menginginkan seorang anak laki-laki untuk membantu mereka dilahan pertanian, sedangkan Anne adalah seorang anak perempuan berambut merah, wajah berbintik, dan bertubuh kurus. Marilla pun berencana untuk mengantarkan kembali Anne ke panti.

Cerita ini merupakan karya penulis kanada Lucy Maud Montgomery tahun 1908.

Cerita ini sendiri telah beberapa kali diadaptasi ke layar kaca, dan versi terbarunya rilis ditahun 2017 dengan judul ‘Anne With an E’.

5. Moonrise Kingdom

Suzy dan Sam
Suzy dan Sam

Menceritakan seorang 2 anak kecil berumur 12 tahun yang kabur dari perkemahan musim panas, mereka Sam Shakusky seorang anggota boy scout yatim piatu dan Suzy Bishop.

Film ini sendiri diceritakan dengan nada penataan black comedy, berlatar belakang tahun 1962 di sebuah kepulauan New Penzance di New England. 

Mereka berdua sama-sama memiliki kesulitan dalam berbaur untuk mendapatkan seorang sahabat, bertemu dalam sebuah pertemuan singkat dan dilanjut dengan saling mengirim surat.

Kedekatan diantara mereka menimbulkan sebuah ide gila untuk meninggalkan kehidupan mereka yang tidak sesuai dengan mereka dan memulai petualangan mereka sendiri dengan barang bawaan seadanya.

Baca juga  5 Film Drama Korea Yang di Angkat Dari Kisah Nyata, Wajib Nonton!

Seiring berjalannya waktu mereka berdua pun saling jatuh hati.

Tidak lupa sinematografi yang disuguhkan difilm ini sangat indah dan khas ala Wes Andreson yaitu kekelaman hidup.

6. The Secret Garden (1993)

10 Rekomendasi Film Bernuansa Cottagecore

Film adaptasi buku sastra klasik berjudul ‘The Secret Garden’ oleh Frances Hodgson Burnett, menjadi salah satu cerita klasik yang masih sering di adaptasi kedalam dunia perfilman dan teater.

Seorang gadis kecil bangsawan (Marry Lennox) yang lahir dan tinggal di India dan dikirim kembali ke negeri asalnya England seorang diri akibat suatu bencana yang merenggut nyawa kedua orang tuannya.  

Walau begitu sejak kecil Marry sangat jarang mendapatkan kasih sayang dari orang tuannya, Marry dikirim ke Yorkshire untuk tinggal bersama pamannya Archibald Craven di kastil yang sangat besar.

Di kastil tersebut Marry menemukan sebuah taman yang merupakan tempat favorit dari mendiang bibinya, dan bersama dengan Dickon Sowerby dan sepupu laki-lakinya Colin Craven yang ia temukan disebuah kamar tertutup dengan kesehatan tubuh yang buruk.

Mereka bertiga menjadi teman baik dan sering mengabiskan waktu mereka ditaman tersebut tanpa sepengetahuan pelayan dan pamannya.

 7. The Guernsey Literary and Potato Peel Pie Society (2018)

Juliet Ashton tiba di tempat perkumo
Juliet Ashton tiba di tempat perkumo

Latar cerita tahun 1946 dimana seorang penulis asal London saling bertukar surat dengan seorang penduduk di pulau Guernsey yang pernah berada dibawah pendudukan Naz Jerman di Perang Dunia II. 

Mereka saling mengirimi surat dan menceritakan adanya komunitas pecinta buku dengan nama yang unik. Setiap malam sabtu, komunitas yang ada di pulau tersebut mengadakan pertemuan dengan mengulas buku bacaan.

Berawal dari empat orang sahabat yang bernama Dawsey, Adams, Amelia MAugery, Isola Pribbey, dan Eben Ramsey yang diintrogasi oleh seorang tentara Jerman karena melanggar jam malam di tahun 1941.

Dan mereka pun membuat alasan mengenai pertemuan komunitas buku yang baru saja mereka laksanakan bernama The Guernsey Literary and Potato Peel Pie Society.

Juliet Ashton penulis yang baru saja mempromosikan buku terbarunya, dan ia juga baru saja dikontrak oleh Sidney Stark untuk menulis cerita ke The Times Literary Supplement tentang manfaat sastra.

Akhrinya Juliet nekat untuk pergi ke pulau Guernsey untuk menulis tentang komunitas The Guernsey Literary and Potato Peel Pie Society.

8. Atonement

Cecilia dan Robbie
Cecilia dan Robbie

Briony Tallis (Saoirse Ronan), seorang anak perempuan 13 tahun yang memiliki ketertarikan dalam hal menulis.

Baca juga  Situs yang Biasa Dipake untuk Nonton Film Online

Ia memiliki kakak perempuan bernama Cecilia yang diperankan oleh Keira Knightley, dan ia diam-diam menyimpan rasa kepada Robbie yang diperankan oleh James MacAvoy yang dimana jarak usia mereka sangat terpaut jauh.

Cecilia dan Robbie terlibat sebuah hubungan yang membuat Briony salah paham. Briony berhasil menghancurkan kisah romansa kakak perempuannya dengan menuduh Robbie atas kejahatan yang tidak pernah ia lakukan.

Hal itu membuat Robbie dan Cecilia terpisah, Briony sadar akan kesalahannya dan memilih untuk mengikuti jejak sang kakak menjadi seorang perawat berharap bisa memperbaiki hubungan mereka.

Film ini merupakan sebuah film yang dianugerahi banyak penghargaan dari festival film dunia, salah satunya Oscar.

Atonement adalah film romantis berlatar belakang perang yang diadaptasi dari novel karya Ian McEwan yang terbit di tahun 2001.

9. Matilda (1996)

Jennifer Honey dan Matilda.
Jennifer Honey dan Matilda.

Si anak perempuan cerdas bernama matilda yang memiliki kemampuan telekinetik, diadopsi oleh seorang keluarga yang tidak memedulikannya membuatnya terbiasa mandiri.

Kecerdasan dan kegemarannyan akan membaca dipandang aneh oleh keluarga tersebut, bahkan ia tidak didaftarkan ke sekolah oleh orangtua angkatnya. 

Setelah Harry (ayah angkat matilda) berhasil menjal mobil kepada Agatha Trunchbull yang merupakan seorang kepala sekolah yang dikenal kejam dan jahat di sekolah bernama Crunchem Hall. Harry pun mendaftarkan Matilda di sekolah itu.

Jennifer Honey seorang salah satu guru bak malaikat yang mengajar disana, memberikan perhatian lebih kepada Matilda.

Ia membantu Matilda dalam berbagai macam hal, terutama mengenai keluarganya. Film ringan dan menghibur cocok untuk tontonan bersama keluarga.

10. Kiki’s Delivery Service (1989)

10 Rekomendasi Film Bernuansa Cottagecore

Film animasi karya Hayao Miyazaki yang dirilis tahun 1989, yang menceritakan tentang Kiki seorang anak yang memiliki kekuatan sihir dan menjalankan tradisi keluarganya yaitu pergi dari rumah selama setahun untuk melatih sihirnya di usia 13 tahun bersama dengan sapu terbang dan teman bulunya.

Kiki yang berusia 13 tahun itu harus pergi ke suatu tempat untuk membantu penduduk disana, namun ia sempat merasa bingung dan tidak tau apa keahliannya.

Kenyataan di sebuah kota besar sangat jauh dari ekspektasinya, beruntung ia bertemu dengan wantia hamil pemilik toko roti yang pada akhirnya memberikannya tempat untuk tinggal.

Dengan bermodalkan sapu terbang akhirnya kiki memutuskan untuk menjadi pengantar barang. Film ini sangat menginspirasi kita tentang perjalanan pencarian jati diri.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Nazilah Nur Hidayah