10 Resep Jadi Manusia Yang Bahagia

10 Resep Jadi Manusia Yang Bahagia 1

Ada banyak faktor yang membuat manusia merasa insecure dengan diri mereka. Namun ada banyak cara juga yang bisa dilakukan untuk bisa merasa secure dan bahagia. Apa saja sih caranya? Yuk kita simak bersama.

1. Menerima diri apa adanya

Agar bisa merasa secure dan bahagia, cara pertama yang penting banget buat kita lakukan adalah menerima diri dengan apa adanya. Berfikir bahwa setiap orang punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing akan memudahkan kita menerima kelebihan dan kekurangan yang kita miliki. Dengan menerima diri apa adanya kita tidak hanya berfokus pada kekurangan yang kita miliki, namun kita juga akan bisa menemukan kelebihan yang kita punya. Sebaliknya, bila hanya berfokus pada kekurangan, kita akan melihat kelebihan yang kita punya.

2. Berteman dengan diri sendiri

Setelah menerima diri apa adanya, kita seharusnya bisa menjadikan diri sendiri sebagai teman, bukan malah menjadikannya sebagai ancaman. Tanpa kita sadari, kita sering memperlakukan diri kita sebagai ancaman yang kekurangannya selalu kita hujat dan kita benci, sementara kelebihannya tidak kita lihat. Selayaknya menjadikan orang lain sebagai teman yang kita perlakukan dengan sebaik mungkin, diri kita sendiri juga memerlukan diperlakukan dengan baik. Tidak ada salahnya untuk sesekali mengapresiasi diri sendiri terhadap apa yang sudah kita lakukan.

3. Take care of your self

Entah secara sadar atau tidak kita sebenarnya sering sekali mengabaikan diri kita sendiri. Kita mengabaikan diri kita saat mengantuk dan malah begadang atau kita sering tidak peduli apa yang kita makan asal kenyang saja. Padahal untuk bisa bahagia kita perlu memperhatikan apa yang diri kita butuhkan, salah satunya kebutuhan pola hidup yang sehat. Saat kita melalukan pola hidup yang sehat, pikiran kita kan lebih ringan dan mood pun akan lebih baik, sehingga secara otomatis kita akan lebih mudah merasa bahagia.

4. Tidak lelah memperkaya diri dengan ilmu

Saat kita punya banyak ilmu pengetahuan derajat diri kita akan terangkat, kepercayaan diripun akan meningkat, karena apapun yang kita bicarakan akan lebih berbobot. Memiliki pengetahuan yang banyak juga akan meningkatkan empati kita terhadap orang lain dan akan lebih mudah untuk mengembangkan diri kita. Hal-hal tersebut tentunya akan membuat kita lebih mudah merasa bahagia.

5. Jangan berekspektasi dan menggantungkan diri pada orang lain

Pada dasarnya memang sebagai makhluk sosial manusia membutuhkan bantuan dari orang lain untuk mendapatkan kebahagian. Namun jangan terlalu menggantungkan orang lain, sebisa mungkin kita harus bisa menemukan bahagia dengan cara sendiri tanpa orang lain, karena seperti yang kita tahu orang lain itu nggak selamanya ada dalam hidup kita. Misalnya saat mengerjakan sesuatu, jangan berharap mendapat apresiasi dari orang lain.

6. Bersyukur dan positive thinking sama Tuhan

Menurut saya bersyukur ini penting banget buat dilakukan agar kita lebih mudah merasa bahagia. Mengapa? Karena saat kita bersyukur kita tidak hanya selalu melihat ke atas, namun juga ke bawah. Bukan bermaksud untuk membandingkan nasib kita dengan orang lain, tapi untuk lebih mensyukuri apa yang saat ini sudah kita miliki. Lalu saat kita melihat ke atas dan merasa tidak kunjung mendapatkan apa yang kita inginkan, disinilah saatnya kita berprasangka baik kepada Tuhan. Pati ada maksud baik mengapa keinginan kita belum juga dikabulkan.

7. Membiarkan sesuatu yang tidak bisa kontrol

Ada beberapa orang yang senang mengontrol sesuatu, entah itu keadaan atau mengontrol orang lain. Biasanya orang-orang perfectionist yang akan melakukan hal-hal tersebut. Padahal kita perlu mengingat bahwa nggak semua hal itu bisa kita kontrol dan nggak semua orang juga mau kita kontrol. Jadi disini sangat penting bagi kita untuk bisa membedakan mana yang bs kita kontrol dan mana yang tidak.

8. Menetapkan tujuan hidup

Menentukan tujuan ini penting dilakukan agar kita lebih mampu merasakan bahagia. Tau tujuan hidup membuat kita lebih fokus menjalani hidup kita sendiri, dan hal itu tentunya membuat kita lebih bahagia. Sementara orang yang belum menemukan tujuan hidupnya cenderung lebih sulit bahagia karena masih mengawang-awang dalam menjalani hidupnya.

9. Tidak menyamakan standar kesuksesan dengan orang lain

Standar dari sukses dan gagal itu telah diciptakan oleh konstruksi sosial. Misalnya di Indonesia orang dikatakan sukses bila menjalani hidupnya linier, dimana setelah lulus dari universitas yang bagus langsung diterima bekerja dengan gaji yang tinggi. Sebaliknya, orang dikatakan gagal Ketika tidak bisa diterima di universitas yang bags kunjung diterima kerja setelah lulus. Padahal setiap orang itu berbeda, kemampuannya beda, bakatnya berbeda. Jadi sebenarnya standar sukses itu tidak bisa disamakan antara satu orang dengan orang yang lain.

10. Kelilingi diri dengan orang-orang yang positif

Meskipun kita harus bisa menemukan kebahagiaan kita sendiri, tapi sebagai makhluk sosial, lingkungan itu menjadi faktor yang sangat penting untuk menentukan kebahagiaan seseorang. Jadi sebisa mungkin berada di sekeliling orang yang menginspirasi, memotivasi dan membantu kita untuk menjadi orang yang lebih baik. Agar pertemanan yang dijalin berfaedah dan bermanfaat tentunya.

Hal-hal di atas juga bisa kita lakukan untuk meningkatkan rasa cinta terhadap diri sendiri. Bila sudah bisa mencintai diri sendiri tentunya akan lebih mudah merasa bahagia. Jadi, jangan lupa untuk selalu mencintai diri sendiri biar lebih mudah merasa bahagia.

Referensi

  • https://youtu.be/WwCqfZZUoNA

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Anisah Rosa Damayanti