10 Sajian Unik Nasi Goreng Dari Berbagai Negara


nasi goreng

Nasi goreng, makanan yang satu ini memang sangat cocok disajikan sebagai menu sarapan, atau saat malam hari. Di Indonesia menu nasi goreng juga ada berbagai macam, mulai dari nasi goreng telur, nasi goreng seafood, dan nasi goreng pete.

Namun, jika bosan dengan menu nasi goreng dari Indonesia, yuk mengenal menu nasi goreng dari berbagai negara berikut ini. Mungkin menu nasi goreng dari berbagai negara bisa menjadi menu baru dalam daftar kuliner kamu.

Kami sudah merangkum, sajian unik nasi goreng dari berbagai negara. Yuk disimak!

 

1. Lemon rice

10 Sajian Unik Nasi Goreng Dari Berbagai Negara 1

Lemon rice adalah sajian nasi goreng dari negara India. Sekilas lemon rice ini, mirip dengan nasi kuning Indonesia yah!

Namun ternyata, lemon rice ini berbeda lho, kudapan lezat dari negara India ini, terbuat dari nasi yang diberi campuran air lemon dan bubuk kunyit sebagai pewarna kuning. Seperti namanya lemon rice, nasi goreng India ini menggunakan buah lemon sebagai rasa nasi.

Saat masih proses memasak, tambahkan perasan lemon, sebelum diangkat. Lemon rice, cocok dinikmati selagi hangat. Kamu akan merasakan kesegaran lemon dan asam dari buah lemon, namun tetap lezat.

 

2. Mansaf

10 Sajian Unik Nasi Goreng Dari Berbagai Negara 2
via Migrationology.com

Mansaf adalah kudapan lezat saat masyarakat Yordania dan Arab melakukan pesta. Mansaf merupakan makanan yang terbuat dari daging domba yang telah dibumbi saus yogurt kering yang difermentasikan yang disajikan dengan nasi atau bulgur. Makanan ini adalah sajian yang sangat populer yang dimakan seluruh Levant.

 

3. Hokkien fried rice

10 Sajian Unik Nasi Goreng Dari Berbagai Negara 3
via adamliaw.com

Nasi goreng hokkien adalah menu olahan nasi yang banyak disajikan di restoran-restoran di China. Berbeda dengan nasi goreng Indonesia, yang memiliki tekstur kering. Nasi goreng khas China ini mmerupakan olahan nasi yang sudah diberi bumbu yang disajikan dengan siraman udang yang dimasak dengan saus kental.

 

4. Pilaf

10 Sajian Unik Nasi Goreng Dari Berbagai Negara 4

Pilah adalah sajian nasi goreng khas Persia, yang dimasak dengan tambahan air kaldu. Dari segi bumbu, nasi goreng persia ini berbeda dengan nasi goreng Indonesia. Pilaf dimasak dengan lebih banyak bumbu seperti jintan dan bay leaf.

Biasanya pilaf disajikan bersama sayuran seperti seledri, wortel dan jamur.

 

5. Paella

10 Sajian Unik Nasi Goreng Dari Berbagai Negara 5
via BBC.com

Paella merupakan hidangan khas dari Spanyol. Kudapan khas ini, telah ada sejak zaman dahulu. Paella terdiri dari nasi campur dan aneka seafood yang melimpah. Sesuai dengan namanya paella berarti panci. Makanan ini dimasak dan juga disajikan menggunakan panci.

Tambahan seafood berukuran besar melimpah, menjadi daya tarik tersendiri dari nasi berwarna merah terang ini.

 

6.

10 Sajian Unik Nasi Goreng Dari Berbagai Negara 6
via splendidtable.org

 

Tahdig adalah nasi hidangan berbahan dasar nasi yang dicampur dengan sayur dan daging didalamnya. Nasi tahdig ini memiliki cara memasak unik yang berbeda dengan nasi goreng pada umumnya.

Tahdig dimasak menggunakan rice cooker hingga bagian bawah berwarna cokelat menyerupai nasi gosong. Meskipun seperti nasi goreng, makanan ini memiliki rasa yang renyah.

 

7. Jollof rice

10 Sajian Unik Nasi Goreng Dari Berbagai Negara 7
via BBC.com

Jollof rice merupakan masakan nasi goreng khas Ghana, Afrika. Kudapan lezat ini biasa disajikan saat acara besar di Ghana.

Joloof rice terbuat dari nasi yang ditumis dengan, bawang, cabai, pala, jahe, jinten dan pasta tomat. Jollof rice juga ada yang ditambahkan sayuran ataupun daging.

 

8. Pattaya fried rice

10 Sajian Unik Nasi Goreng Dari Berbagai Negara 8
via huangkitchen.com

Meskipun bernama pattaya, namun makanan ini bukan berasal dari negara Thailand merupakan berasal dari Malaysia.

Cara pengolahan pattaya fried rice ini, jauh berbeda dengan nasi goreng Indonesia. Pattaya adalah nasi yang dibalut dengan telur dadar, dan disiram saus, sehingga terlihat seperti omlet berisi nasi.

 

9. Kimchi fried rice

10 Sajian Unik Nasi Goreng Dari Berbagai Negara 9
via godairyfree.org

Penggemar masakan Korea pasti sudah sangat familir dengan makanan yang satu ini. Kimchi fried rice atau kimchi bokkeumbap adalah sajian nasi yang di tumis bersama bawang bombay, pasta cabai, dan kimchi.

Kimchi fried rice memiliki warna merah. Terkadang kudapan lezat ini ditambahkan taburan wijen, rumput laut, telur mata sapi, hingga keju yang meleleh.

 

10. Kabuli palaw

10 Sajian Unik Nasi Goreng Dari Berbagai Negara 10
via sooperchef.pk

Kabuli palaw adalah makanan khas Afganistan. Kabuli palaw atau qabli adalah beras khas timur tengah yang memiliki bentuk panjang, yang dimasak dengan aneka rempah, kacang-kacanga, daging domba, daging sapi atau ayam. Kemudian disajikan bersama irisan wortel, kismis dan almond.

Nah,  itulah 10 sajian nasi goreng dari berbagai negara. Mana yang kamu sukai?

 


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Asih Kurniaty

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments