10 Tips Bermanfaat Lolos CPNS, Wajib Disiapkan dari Sekarang!

10 Tips Bermanfaat Lolos CPNS, Wajib Disiapkan dari Sekarang! 1

Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 akan segera dibuka di tahun 2021 tahun ini. Bagi yang mendaftar menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) harus mempersiapkan mengikuti seleksinya mulai dari sekarang. Karnanya untuk lolos dari selesi CPNS 2021 harus bersaing dengan banyak pelamar di seluruh wilayah Indonesia.

Maka persiapan tersebut sangat penting dilakukan supaya peluang anda untuk lolos seleksi CPNS bisa semakin besar peluangnya.

Berikut Tips-tips Bermanfaat Supaya Lolos CPNS!

Berlatih Soal-soal CPNS

Untuk sukses lolos seleksi CPNS diharuskan untuk mempersiapkan jauh-jauh hari dengan melakukan latihan soal-soal Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) dan Seleksi Kemampuan Bidang (SKB).

Calon peserta dapat mempelajari soal-soal CPNS terdahulu karena soal CPNS memiliki pola yang sama dari tahun ke tahunnya.

Mengenal Kisi-kisi dan Materi CPNS

Selalu update mengenai kisi-kisi dan materi CPNS dari tahun sebelumnya. Materi CPNS banyak sekali dijumpai melalui buku-buku dan aplikasi yang dapat menjadi pedoman untuk belajar tes CPNS.

Selalu Update Informasi Seleksi CPNS dan Tahapan Seleksi dan Pendaftaran

Selalu cek informasi seputar seleksi CPNS seperti informasi pendaftaran, pemberkasan, dan informasi formasi instansi yang diinginkan dan sesuai dengan bidang kemampuan.

Pastikan seluruh berkas valid dan tepat dalam pemilihan formasi yang diinginkan. Jangan sampai salah memilih formasi yang sesuai dan berkas tidak mendukung.

Teliti

Saat mengerjakan soal-soal SKD dan SKB, peserta harus selalu teliti dalam mengerjakannya. Sebab banyak sekali pertanyaan-pertanyaan menjebak dengan jawaban yang satu sama lain hampir mirip. Apabila tidak teliti, bisa saja hasil mengerjakan tes tidak akan maksimal.

Memperhatikan Waktu Mengerjakan

Saat mengerjakan soal tes, tidak hanya tepat dalam menjawab soal-soal, namun harus cepat dan tepat. Selalu perhatikan waktu dalam mengerjakan soal tesnya.

Jangan sampai memakan waktu lama dalam mengerjakan soal dalam jenis soal tertentu yang sulit untuk dikerjakan yang menyebabkan tidak cukup waktu untuk mengerjakan keseluruhan soal-soal.

Mengerjakan Soal dengan Tenang

Kerjakanlah soal dengan tenang dan tidak gugup karena gugup akan menyebabkan hilangnya kosentrasi yang mengakibatkan mengerjakan soal-soal tidak maksimal.

Pahami Kondisi Lokasi Tes Ujian

Dengan datang lebih awal ke lokasi tes CPNS dapat menghindari hal yang tidak diinginkan seperti terkena kemacetan, tersesat menuju lokasi dan kendala terhadap kendaraan yang digunakan untuk menuju lokasi. Datang lebih awal agar kondisi lebih tenang dan akan lebih siap untuk mengerjakan seluruh soal-soal tes CPNS.

Selalu Berdoa dan Meminta Restu Orangtua

Doa merupakan kunci keberhasilan selain berjuang dengan sekuat tenaga. Selalu berdoa untuk meminta kemudahan dalam mengerjakan soal-soal dan juga meminta doa restu orangtua, saudara dan keluarga.

Mendengar Pengalaman Orang Lain

Ada pepatah mengatakan ‘pengalaman ialah guru terbaik’. Hal itu tentu berlaku juga dalam proses seleksi ini. Bagi yang sudah pernah gagal tes CPNS sebelumnya, jangan lupa untuk mengevaluasi faktor kegagalan tersebut.

Namun jika ini adalah tes pertama, jangan ragu untuk mendengar pengalaman dan saran dari teman atau kerabat yang pernah melaluinya. Harapannya, Anda bisa menghindari kesalahan serupa dan melakukan lebih baik pada tes CPNS.

Pilihlah Instansi yang Sepi Peminatnya

Tips kali ini cocok bagi anda yang tidak mempermasalahkan instansi tempat bekerja nantinya. Jika siap bekerja di mana saja, Anda bisa memilih instansi yang sepi peminat demi memperbesar peluang keberhasilan lolos seleksi.

Demikian, 10 Tips Bermanfaat Lolos CPNS yang wajib dipersiapkan pada nanti menjelang mulainya pendaftaran CPNS, Selamat mencoba dan Semoga Bermanfaat.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.