11 Cara Menghasilkan Uang Dari Menulis

11 Cara Menghasilkan Uang Dari Menulis 1

Apakah kamu sudah lelah mencari cara menghasilkan uang dari menulis? Capek dan hampir putus asa karena belum tahu juga panduan memiliki pendapatan seabgai penulis artikel? Maka tenang, karena kamu sudah berada di tempat yang tepat. 

Menulis dan mendapatkan bayaran
Menulis dan mendapatkan bayaran

Satu hal yang harus disadari oleh siapapun, tidak ada pekerjaan yang selalu mudah. Bahkan untuk seorang penulis handal sekalipun, pasti sering mengalami banyak gangguan, bisa itu writing block, ditolak editor hingga laptop rusak. Jadi, andaikan nanti kamu menemukan jalan untuk bisa menulis dan dibayar, masalah lain tetap menunggu : konsistensi dan kerja keras. 

Meski demikian, rasa-rasanya semua akan terasa lebih mudah andai tahu caranya. Untuk itulah, artikel ini dibuat, yakni agar penulis keren seperti kamu bisa lebih mendapatkan benefit dari kegiatan tulis-menulis. 

Menjadi Penulis Artikel

Jadi ceritanya kamu punya kemampuan dalam menghasilan artikel, esai, opini maupun konten lainnya berbasis tulisan. Lantas bagaimana cara untuk mengkonversi hal itu menjadi uang? Mudah! Jadilah penulis artikel.

Ada beberapa jenis penulis artikel yang bisa kamu pilih. Pertama, jadilah seorang penulis artikel yang mengirim artikel ke media yang memang membutuhkan artikel. Ada banyak, salah satu diantaranya adalah Digstraksi. 

Kedua, kamu bisa membuka jasa menulis artikel. Para blogger ataupun pemilik media mungkin akan melirik dan menggunakan jasamu. 

Ketiga, kamu bisa menjadi penulis artikel untuk koran dan majalah konvensional yang belum beralih ke bentuk digital. Mereka biasanya sudah mengalokasikan tempat untuk para penulis yang mengirim tulisannya. 

Menjadi Penulis Cerita

Tidak semua orang sudah mengkristalisasi pemikirannya dalam bentuk opini maupun artikel yang tentu saja tergolong karya non-fiksi. Beberapa penulis memilih jalan berbeda, yakni mendalami karya fiksi. 

Jika kamu memang serius ingin juga jadi penulis fiksi, entah itu novel, cerpen, cerbung ataupun puisi, hal itu tidak masalah. Kamu juga bisa menulis cerpen dan mendapatkan uang. 

Bagaimana caranya? Terbitkan novel atau cerita milikmu di platform-platform baca novel berbasis aplikasi. Sekarang sudah banyak sekali platform seperti itu. Kabar baiknya, jika tulisanmu viral dan berkualitas, kamu bisa mendapatkan bayaran. Enak bukan, menulis cerita dan dibayar? 

Menjadi Copywriter

Profesi menulis dan mendapatkan bayaran
Profesi menulis dan mendapatkan bayaran

Ingin, ini bukan menulis dengan cara parafrase ya. Sungguh berbeda. Copywriter mengkombinasikan keterampilan menulis dengan strategi marketing. Jadi memang ini bukan profesi sembarangan. Gaji copywriter juga tentunya tidak receh. 

Lantas apa sih tugas seorang copywriter? Sama seperti yang lainnya, yaitu menulis. Namun tulisan itu haruslah bisa memancing pembaca untuk membeli suatu produk atau melakukan hal tertentu. 

Mengingat pentingnya copywriter, kalau kamu lihat di situs lowongan kerja, profesi ini selalu dicari. Tingkatkan skill yang kamu miliki dan ubah itu menjadi pendapatan. 

Menjadi Kontributor Kanal Berita

Kanal berita makin menjamur layaknya cendawan di musim hujan. Ini adalah kabar baik. Ini membuka peluang bagi kamu yang memang punya daya kreativitas tinggi. Jadilah kontributor kanal berita.

Cobalah tulis hal-hal menari di sekitarmu atau kejadian yang menghebohkan, bisa kecelakaan di pertigaan stasiun, peristiwa pembobolan toko emas, penemuan candi baru atau review restoran yang sedang viral. Banyak kanal berita yang akan memberimu honor menulis yang bervariasi. 

Menjadi Penulis Buku

Ini adalah cara yang paling konvensional namun tetap menjadi idaman. Menjadi penulis buku adalah idaman semua orang. Namun tidak semua yang ingin menjadi penulis benar-benar bisa menerbitkan buku. 

Padahal penerbitan buku rasa-rasanya bukan sesuatu yang sulit untuk dijumpai lagi. Terlebih sekarang kamu bisa mengirim karyamu dalam bentuk digital untuk kemudian dicetak. 

Menjadi penulis sejatinya juga adalah seorang investor. Kamu akan mendapatan royalti sampai bertahun-tahun lamanya bahkan ketika kamu tidak menulis buku apapun lagi. Cukup menarik bukan, menulis dan mendapatkan uang dari buku?

Menjadi Penulis E-Book

Menjadi penulis e-book juga bisa kamu pilih. Hebatnya, kamu langsung bisa menjual karyamu tanya harus menerbitkannya dan mencetaknya di penerbitan. Jual saja di marketplace ataupun Google Playstore. 

Walau hanya menulis satu atau beberapa e-book saja, jika itu terus menerus laku keras, kamu tinggal menikmati hasilnya kemudian. 

Menjadi Admin Media Sosial 

Tahu Twitter? Atau Facebook? Sekarang juga sedang hype profesi admin media sosial. Jadi tugas kamu adalah membuat konten untuk diunggah ke akun Twitter, Facebook, Instagram ataupun Youtube klien kamu. Konten ini salah satunya adalah dalam bentuk tulisan, misal caption atau status. 

Nah suka bikin tulisan yang bisa viral? Bagus, itu adalah modal utama kamu. Coba tingkatkan skill yang kamu miliki dan tawarkan itu ke siapa saja yang tertarik memoles akun media sosial mereka. 

Menjadi Ghost-writer

Menjadi ghost-writer mirip dengan menjadi penulis buku. Hanya saja, kamu menulis untuk orang lain. Jadi jasa ini berada di titik antara ada dan tiada. Namun asal tidak melanggar hukum dan mendapat bayaran yang layak, mengapa tidak?

Menjadi Blogger

Menjadi blogger juga adalah salah satu cara menulis dan dibayar. Darimana pembayarannya? Tergantung jalan mana yang kamu pilih.

Kamu bisa membuat blog di wordpress, blogspot atau Wix dan kemudian bekerja sama dengan penyedia slot iklan. Dari mereka kamu akan mendapatkan bayaran.

Menulis di platfom seperti Medium atau Karyakarsa juga bisa membuat kamu mendapatkan pemasukan langsung dari pembaca. 

Menjadi Editor

Platform digital semakin banyak. Tentu ini membuka banyak peluang juga, salah satunya adalah dengan menjadi editor. 

Tugas seorang editor adalah menyunting naskah sebelum diunggah atau diterbitkan. Nah, kamu bisa menjadi editor buku, kanal berita, media sosial, ataupun platform blog. 

Tugasmu bukan lagi membuat konten tulisan, namun lebih ke memeriksa dan menganalisa apakah suatu tulisan layak diungguh. Selain itu kamu harus menyunting naskah itu agar enak dibaca, sesuai kaidah penulisan yang benar dan memenuhi syarat-syarat lainnya. Tentu itu bukan kerja bakti. Kamu akan mendapat gaji dari hasil kerjamu. 

Menjadi Penulis Naskah 

Tahukah kamu bahwa banyak selebgram ataupun youtuber yang sering kekurangan ide. Nah disinilah peran seorang penulis naskah. Kembangkan bakat dan kreativitasmu, khususnya imajinasmu. Tuangkan itu secara sistematis dalam tulisan dan tawarkan kepada siapa saja yang membutuhkan. 

Acara TV juga membutuhkan pekerjaan seperti ini, termasuk juga komedia situasi dan talk show. Siapa tahu karyamu juga bisa diadaptasi menjadi sebuah film. 


Ubah hobi menulis jadi pemasukan
Ubah hobi menulis jadi pemasukan

Itu dia 11 profesi yang bisa kamu coba, khususnya kamu yang suka banget dengan kegiatan menulis. Jangan biarkan hobimu hanya menjadi sarana pembunuh waktu jika memang bisa dioptimalkan menjadi magnet uang. Siapa tahu kamu justru bisa lebih sukses. Semangat. 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Koala Merah

   

Seorang penulis lepas yang suka fotografi, koding dan seni kontemporer. Tertarik dengan isu sosial, kreativitas dan teknologi.