11 Derby Klub se Kota Paling Panas di Eropa

11 Derby Klub se Kota Paling Panas di Eropa 1

Pertandingan dua klub sekota kerap melahirkan suasana panas derby dua tim dalam satu kota atau wilayah. Derby sekota kerap melahirkan atmosfer pertandingan yang lebih panas ketimbang pertandingan lainnya.Selain adaya kesamaan wilayah dua klub, adanya persaingan rivalitas fans atau pendukung mereka yang kental memicu suasana panas baik didalam stadion maupun luar stadion. Dua klub sekota saling beradu kehebatan, dan ingin membuktikan siapa yang terbaik di kota tersebut. Itulah mengapa derby sekota merupakan rivalitas paling panas dalam sepakbola. 

Berikut 11derby klub sekota yang paling panas di Eropa :

1. Manchester United vs Manchester City (derby manchester)

11 Derby Klub se Kota Paling Panas di Eropa 3

Derby pertama paling panas saat ini adalah derby sekota manchester, Inggris yaitu dua klub berasal dari kota Manchester, Manchester United dengan Manchester City, kini menjadi derby sekota paling panas, mengingat kedua klub kini merupakan klub paling panas di Liga Inggris bahkan di Eropa. Rivalitas keduanya dimulai pada musim tahun 2011/2012. Kala itu, Manchester City sukses mengalahkan MU/sebutan Manchester United dengan skor telak 1-6. Kekalahan tersebut jadi yang terbesar dalam sejarah Setan Merah di Old Trafford sejak 56 tahun.

Manchester City pun di tahun yang sama sukses membukukan gelar juara dengan menjalani laga terakhir yang krusial. Setan Merah dengan the Citizen hanya dipisahkan selisih gol dan Manchester City sukses meraih gelar juara secara dramatis pada menit-menit terakhir.

Kini rivalitas dua klun manchester itu menjadi momok menakutkan di Liga Inggris, pasalnya keduanya masing-masing di latih oleh dua pelatih hebat saat ini, tak hanya itu, dua klub sekota itu kini diisi para pemain berkelas dunia.

Manchester United dan Manchester City merupakan rival sekota paling panas dana paling ditunggu aksinya dilapangan.

2. Lazio vs AS Roma (derby della Capitalle)

11 Derby Klub se Kota Paling Panas di Eropa 4 

Derby sekota yang tak kalah seru adalah Derby sekota Roma. Derby ini menyajikan dua rivalitas sekota yang sudah lama terjadi. Lazio dengan Roma sejak lama berkandang di stadion yang sama, di Olimpico, Roma, Italia. Rivalitas dua klub roma ini, lebih didominasi oleh tensi para pendukung masing-masing. 

Bahkan derby Lazio vs Roma ini mengalahkan Derby Della Madoninna atau derby sekota Milan, yaitu antara AC Milan dengan Inter Milan. Derby sekota antara Lazio dengan AS Roma disebut-sebut derby paling panas di Liga Italia, dan memang telah lama terjadi sejak berpuluh-puluh tahun lalu. Keduanya merupakan klub papan atas di Eropa, dan memilki banyak gelar prestasi baik domestik maupun kompetisi Eropa.

3. AC Milan vs Inter Milan (derby della madoninna)

11 Derby Klub se Kota Paling Panas di Eropa 5

Derby Italia berikutnya bertajuk derby della madinnina, mempertemukan dua tim raksasa Italia, AC Milan dan Inter Milan, keduanya sama-sama berkandang di Stadion yang sama, di San Siro. 

AC Milan dan Inter Milano memang memiliki catatan sejarah panjang, di sejarah sepak bola Italia. Total 36 gelar juara Domestik dan sepuluh gelar Liga Champions telah dihasilkan dari kedua klub tersebut.

Kedua klub merupakan rivalitas sekota yang paling lama sepanjang sejarah sepak bola Italia. Kedua tim punya catatan prestasi masing-masing, dan mencapai masa kejayaannya di eranya masing-masing.

4. Chelsea vs Tottenham Hotspurs (derby london)

11 Derby Klub se Kota Paling Panas di Eropa 6

Derby yang tak kalah panas tersaji antara dua klub kuat sekota saat ini, Chelsea dan Tottenham Hotspurs. Dua klub lahir di Ibukota Inggris ini selalu selalu menghadirkan atmosfer panas setiap dua klub itu bertanding.

Bermula saat perang antar suporter kedua tim yang akhirnya menuju ke seluruh sudut klub, membuat setiap bentrok antara Tottenham dan Chelsea selalu menghadirkan emosi dan ketegangan yang luar biasa.

Rivalitas keduanya terjadi sudah sejak lama, yaitu lebih dari 100 tahun lamanya. Yaitu pada bulan Juni tahun 1905 atau tiga bulan setelah Chelsea lahir.

Pertarungan paling panas dua klub ini terjadi kala dua klub berhadapan di final Piala FA 1967 yang lalu, hal itu diungkap oleh sejarawan resmi Chelsea, Rick Glanvill.

5. Liverpool vs Everton (derby marseyside)

11 Derby Klub se Kota Paling Panas di Eropa 7

Derby kota Marseyside, menghadirkan derby dua klub yang punya sejarah rivalitas sudah cukup lama, Liverpool dan Everton. Derby dua klub itu merupakan derby terpanas, selain derby Arsenal melawan Tottenham Hotspurs.

Nama-nama mentereng seperti Steven Gerard, Xabi Alonso dan Milan Baros dari Liverpool, juga Phil Neville, Mikel Arteta, hingga Tim Cahill dari Everton membuat rivalitas keduanya mulai memanas.

Ini adalah rivalitas sekota yang dimainkan antara dua klub yang halaman stadionnya cuma terpisah satu mil saja. Namun yang membedakannya dengan rivalitas sekota lainnya, para pendukungnya saling memberikan rasa hormat, berbeda dengan pendukung dari rivalitas lainnya yang saling memanas.

6. Real Madrid vs Atletico Madrid

11 Derby Klub se Kota Paling Panas di Eropa 8

Derby sekota lainnya terletak di Spanyol, mempertemukan dua klub rivalitas sekota Madrid, Ibukota Spanyol, Real Madrid dan Atletico Madrid.  Buat sebagian pencinta sepak bola, khususnya penggemar La Liga Spanyol. Derby kota Madrid antara Real Madrid vs Atletico Madrid mungkin masih kalah menarik ketimbang laga El Clasico. Sebenarnya, ada sejarah panjang yang mengikuti sejarah pertemuan dua klub ini.   

Real Madrid melawan Atletico adalah pertandingan terbesar di kota tersebut bagi para penduduknya di Kota Madrid, yang dikenal sebagai madrilenos. Derbi ini menjadi pertandingan yang paling sering dimainkan dalam sejarah sepak bola di Negara Spanyol, merupakan jadwal pertandingan yang paling ditunggu seluruh warga Spanyol khususnya Kota Madrid.  

Meskipun pertandingan ‘El Clasico’ masih dapat dikatakan sebagai pertandingan paling menarik di La Liga Spanyol maupun di dunia, namun banyak penggemar Real Madrid yang menganggap bahwa Derbi kota Madrid ini masih yang paling spesial bagi warga Spanyol.

Dua klub ini memang bukan klub biasa saja, namun dua klub yang punya sejarah panjang di sejarah sepak bola. Dua klub sudah menorehkan banyak prestasi baik domestik, Eropa, dan Dunia.

7. Arsenal vs Tottenham (derby north london)

11 Derby Klub se Kota Paling Panas di Eropa 9

  Salah satu derby di Liga Inggris yang paling menarik perhatian adalah derby dua klub asal London Utara yang mempertemukan Arsenal dengan Tottenham Hotspur. Salah satu pertandingan terbaik yang dimiliki kedua tim dalam laga Derby London Utara terjadi pada Tanggal 3 Mei 1971. Saat itu, Arsenal dan Tottenham saling berhadapan di Liga Inggris yang merupakan pertandingan krusial, khususnya bagi Arsenal. Di mana dalam pertandingan tersebut, The Gunners hanya membutuhkan satu poin saja untuk meraih gelar Juara Liga Utama.

8. Rangers vs Celtic (derby old firm)

11 Derby Klub se Kota Paling Panas di Eropa 10

Derby yang tak kalah menarik tersaji antara dua klub Kota Glasgow, Skotlandia. Derby ini bernama derby Old Firm. Dua klub, Glasgow Celtic dan Glasgow Rangers, keduanya disebut rivalitas yang paling terkenal di Skotlandia, Pasalnya,
di Kompetisi domestik, derby sekota ini melahirkan rivalitas abadi di kompetisi domestik, Liga Primer Skotlandia, Dua klub saling mencatatkan gelar juara secara bergantian. walaupun kini Rangers mengungguli Celtic dengan 53 gelar liga dibandingkan Rangers dengan 42 gelar.

9. Fenerbahce vs Galatasaray (derby istanbul)

11 Derby Klub se Kota Paling Panas di Eropa 11

Derby menarik tersaji kala dua klub asal Istanbul, Turki saling bertemu. Kedua dikenal sebagai rivalitas abadi di Liga Turki, tak hanya itu, dua klub ini sama-sama pernah merasakan persaingan di kompetisi Eropa, tak jarang juga keduanya saling bertemu. Selama bertahun-tahun lamanya, kedua klub telah menjadi klub paling sukses dan paling didukung dalam sejarah sepak bola di Turki. Kedua klub ini dikembangkan menjadi klub elit di daratan Turki, dan diharapkan bisa bersaing dengan klub besar di Eropa.

10. Borussia Dortmund vs Schalke (derby revier)

11 Derby Klub se Kota Paling Panas di Eropa 12

Derby sekota yang paling panas lainnya terjadi di Jerman, kala dua klub raksasa Bundes Liga, Borussia Dortmund dan Schalke saling bertemu dan sering dinamakan derby revier. Derbi ini berpusat di daerah Ruhr, selain ada aroma rivalitas daerah, Revierderby adalah nama yang dinobatkan terhadap rivalitas dua klub ini. Derby yang diyakini paling panas di Jerman. Mother of All Derby in Germany, lebih menarik daripada Dortmund-Bayern Muenchen.

11. Olympiakos vs Panathinaikos

11 Derby Klub se Kota Paling Panas di Eropa 13

Derby paling panas terjadi di Yunani, mempertemukan dua klub raksasa Yunani, dan menjadi sejarah sepak bola di Yunani. Dua klub yaitu mempertemukan Olympiakos dan Panathinakois, dua klub yang sarat akan sepakbola perang.

Bagi kedua klub ini, beberapa orang meyakini sepakbola adalah masalah hidup dan mati, namun saya yakin, sepakbola lebih dari hidup dan mati. Sehingga dikatakan sepak bola merupakan perang dan hidup mati diterapkan dalam sepakbola. Dua klub terkenal sebagai rivalitas abadi di Yunani, dan saling bersaing menjadi yang terbaik baik di domestik maupun di kompetisi Eropa.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.