11 Fakta Klub Auckland City


11 Fakta Klub Auckland City 1

Auckland City merupakan sebuah klub sepak bola yang berbasis di Kota Auckland, Kota terbesar di Negara Selandia Baru, Oseania. Tim yang berjuluk The Navy Blues itu punya beberapa fakta berikut.

1. Sejarah klub

Auckland Football Club
Auckland Football Club

Klub bernama Auckland City Football Club didirikan tahun 2004 (17 tahun silam), oleh Ivan Vuksich dengan pengelola Jose Figurira.

2. Logo Aukland City

Logo Auckland City
Logo Auckland City

mempergunakan logo dengan bertuliskan ACFC kepanjangan dari Auckland City Football Club. Sementara tulisan EST 2004 berarti klub didirikan tahun 2004. Sementara simbol tower pada logo mengartikan Menara Tower Sky Tower, atau menara langit yang berada di Kota Auckland yang terkenal. Untuk warba biru putih memang diambil dari warna kebanggaan selandia baru biru tua putih, sebagai kota yang dekat dengab lautan biru dengan gedung-gedung putih.

3. Jersey

Jersey kebanggaan Auckland City
Jersey kebanggaan Auckland City

Auckland mempergunajan jersey khasnya, warna biru tua kombinasi putih. Kostum andalan mereka dan tak mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Sementara dengan jersey away mereka warna abu-abu kotak-kotak tua dan muda. 

4. Skuad

Skuad Auckland City
Skuad Auckland City

Pemain Auckland didominasi oleh pemain lokal selandia baru, dengan beberapa pemain asing. Pemain bernama Ivan Viceli masih menjadi simbol dari klub kebanggan Selandia baru ini. Untuk skuad 2020/2021 terdiri dari : Kiper : Brown, Tracey, Bek : Doyle, Kaltak, Mitchel, Rogers, J. Vale, Angel Berlanga (Spanyol), Tengah : Al-Khaliry, Awad, Bilen, Blake, Carey, Howieson, Ilich, A. Khalifa, Manichum, Riera, Depan :Bonsu Mara, L. Rogerson, E. Tade, Vollenhoven.

5. Stadion

Kwitea Street
Kwitea Street

Klub ini bermarkas distadion Kwitea Street. Stadion berkapasitas 5000 penonton terbilang kecil dengan klub sebesar Auckland.

6. ASB Premiership

Auckland City juara liga utama selandia baru
Auckland City juara liga utama selandia baru

Klub ini berkompetisi di Liga Utama Selandia Baru bernama ASB Premiership. Kompetisi sepak bola tertinggi di Selandia Baru yang diikuti oleh 8 tim saja. Namun Auckland telah meraih 7 gelar juara di kompetisi ini, yakni musim 2004-2005, 2005-2006, 2009-2010, 2011-2012, 2013-2014, 2014-2015, 2015-2016, setelah itu liga dikuasai oleh Waitakare United dan Team Wellington.

 7. OFC Champions League

Auckland juara liga champions oseania
Auckland juara liga champions oseania

Ini adalah kompetisi liga championnya benua oseania. Auckland sendiri telah meraih delapan kali trofi juara kompetisi ini, yakni tahun 2006, 2009, 2011, 2012, 2013, 2014, 2015, dan 2016. Hal ini menjadikam klub ini merajai liga champion oseania sejak kompetisi ini dimulai.

8. Fifa Club World Cup

Trofi piala dunia antar klub
Trofi piala dunia antar klub

Ini adalah kompetisi piala dunia antar klub. Kompetisi ini merupakan ajang bagi para juara Liga Champion di benuanya masing-masing, terdiri dari perwakilan Eropa, Amerika, Afrika, Asia, dan Oseania. Auckland  telah beberapa kali mengikuti kontestasi ini, catatan terbaiknya saat mereka mengukir prestasi kala menjadi juara ketiga pada event tahun 2014 silam.Saat itu mereka sukses melaju ke semi final pertama kalinya setelah menundukkan ES Setif dari Afrika, meskipun gagal melaju ke final setelah takluk dari perwakilan Amerika Latin San Lorenzo 2-1, mereka sukses memperdayai Perwakilan Amerika Utara Cruz Azul lewat drama adu pinalti, mereka pun akhirnya bisa mengangkat trofi juara ketiga untuk pertama kali sepanjang sejarah. 

9. Pemain Bintang

Bintang Auckland Manuel Exposito
Bintang Auckland Manuel Exposito

Sejak klub ini didirikan, ada pemain bintang yang dianggap sangat penting bagi klub. Pemain kelahiran Spanyol, Manel Exposito dianggap pemain yang punya banyak peran saat dia masih membela Aucland, dia dianggap pemain bintang bagi The Navy Blues. Dia mantan pemain Barcelona dan Atletico Madrid.

10. Pelatih

Pelatih Auckland Joe Manuel Figuera
Pelatih Auckland Joe Manuel Figuera

Auckland kini dikomandoi oleh pelatih berkebangsaan Inggris, Jose Manuel Figuera. Pelatih berusia 38 tahun ini telah mempersembahkan beberapa gelar juara untuk Auckland. Sebelum menulangi Auckland dirinya sempat menahkodai timnas Selandia Baru. Namun sebelum Figuera bertugas, Ramon Tribulietx telah lebih dahulu memberikan prestasi kepada Auckland diantaranya menjuarai kompetisi liga champion oseania.

11. Maskot

Can Si Kiwi
Can Si Kiwi

KlubKlub ini memilki maskot layaknya tim piala dunia. Bernama Can Si Kiwi, dengan simbol burung, merupakan sumbangan dari anggota keluarga angggota tim yang telah meninggal dunia. Maskot ini memberikan penghormatan kepada kenangan anaknya saat menjalankan tugas sebagai pemain termuda.   


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Faizal Chandra

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap