11 Hal-hal yang Mungkin Akan Terjadi Jika Manusia Punah


11 Hal-hal yang Mungkin Akan Terjadi Jika Manusia Punah 1

Dalam 100 tahun terakhir, pertumbuhan populasi manusia meningkat pesat. Menurut Global Ecological Network, ada sekitar 360.000 kelahiran perhari dan lebih dari 131,4 juta kelahiran pertahun. Dampak dari pertumbuhan penduduk global ini tidak hanya berdampak pada aspek ekonomi dan mata pencarian saja. Tetapi dampak yaang paling signifikan dari populasi manusia yang meningkat ini adalah terhadap lingkungan.

Kekurangan sumber daya dan kerusakan alam (seperti polusi dan pemanasan gobal) dapat mengakibatkan masalah dan dapat merugikan umat manusia dan makhluk yang hidup.

Mengingat banyak kerusakan yang diakibatkan oleh manusia,  bagaimana jika manusia dihapus keberadaannya? Apakah masalah seperti ini akan hilang?

Banyak teori-teori bagaimana populasi bisa kita punah dan infrastruktur juga teknlogi yang kita bangun selama ini lenyap, mulai dari bulan dan meteor yang menabrak bumi, matahari yang membesar, ledakan radiasi nuklir, Dajjal, hingga karena alien yang menginvasi bumi.

Berikut adalah 11 hal-hal yang mungkin akan terjadi jika manusia punah.

1. Bumi akan gelap gulita

11 Hal-hal yang Mungkin Akan Terjadi Jika Manusia Punah 3

Begitu umat manusia punah, seluruh wilayah dunia akan gelap (kecuali pada siang hari) beberapa jam setelah kepunahan manusia. Tanpa keterampilan dan tindakan manusia, pembangkit listrik tidak akan bisa mengubah bahan bakar fosil menjadi energi untuk penerangan.

Pembangkit listrik dirancang untuk secara otomatis berhenti mengeluarkan daya setiap kali ada penurunan konsumsi daya secara tiba-tiba. Karena tidak ada lagi orang yang tersisa di bumi yang akan menggunakan daya, pembangkit listrik akan mati.

Masih ada beberapa daerah yang mendapat penerangan karena pembangkit listrik tenaga surya, pembangkit listrik tenaga air, dan kincir angin. Tetapi tetap saja tanpa ada manusia yang menjaga dan menjalankannya, hanya akan berlangsung selama beberapa berhari-hari hingga bertahun-tahun. Energi yang dihasilkan akan habis dan membuat bumi gelap gulita.

2. Hewan peliharaan banyak yang akan mati kelaparan

11 Hal-hal yang Mungkin Akan Terjadi Jika Manusia Punah 4

Hanya beberapa jam atau hari kepunahan manusia, hewan peliharaan kita seperti anjing dan kucing akan mulai kelaparan. Belum lagi hewan peliharaan sudah terbiasa diberi makan secara teratur oleh majikannya dan tidak diajari cara berburu. Begitu pula hewan yang ada di kebun binatang.

Bahkan, hama seperti kecoa dan hewan lain yang bergantung pada aktivitas manusia akan mati dan kemungkinan akan menyebabkan kepunahan spesiesnya.

3. Banjir besar dan polusi air

11 Hal-hal yang Mungkin Akan Terjadi Jika Manusia Punah 5

Setelah beberapa hari kepunahan manusia, terowongan dan kereta bawah tanah akan mulai banjir karena pompa yang menjaga stasiun tetap kering menggunakan listrik dan dijalankan oleh manusia.

Nantinya, air yang ada di terowongan akan naik ke permukaan atau jalanan. Instalasi pengolahan limbah membutuhkan listrik, karena listrik kebanyakan berasal dari bahan bakar fossil, otomatis kebanyakan listrik sudah padam dan limbah akan bercampur dengan air banjir. Air limbah ini sangat beracun dan mencemari lautan, sungai, dan membunuh banyak hewan.

4. Hewan-hewan menjadi buas dan ganas

11 Hal-hal yang Mungkin Akan Terjadi Jika Manusia Punah 6

Hewan-hewan yang kelaparan akan berusaha keluar dari kandangnya untuk bertahan hidup (tapi yang di akuarium tidak bisa keluar). Hewan-hewan yang berhasil keluar akan menggunakan naluri berburunya untuk membunuh mangsa-mangsanya.

Karena kelaparan, hewan-hewan ini akan mengamuk dan tidak terkendali. Pemangsa akan memakan hewan yang lebih kecil dan melakukan perburuan besar-besaran. Sementara hewan peliharaan kita yang masih bertahan akan belajar cara berburu dan mencari hewan yang lebih kecil untuk bertahan hidup.

5. Polusi udara, ledakan besar, dan radiasi berbahaya

11 Hal-hal yang Mungkin Akan Terjadi Jika Manusia Punah 7

Semua bahan kimia berbahaya yang dikendalikan oleh manusia akan dilepaskan dalam bentuk gas. Para ahli menyebut fenomena ini sebagai “mini chemical nuclear winter”, di mana zat kimia berupa gas akan masuk ke atmosfer bumi dan mencemari udara.

Selain bahan kimia berbahaya, gas alam yang juga dikendalikan manusia akan menyebabkan ledakan besar di berbagai belahan dunia. Suhu bumi akan naik secara drastis selama berhari-hari hingga berbulan-bulan. Saat itu terjadi, akan ada pembantaian pembantaian antar spesies lain yang tersisa di bumi setelah kepunahan manusia.

Setelah berbulan-bulan, pembangkit nuklir akan menciptakan ledakan nulir besar-besaran meskipun sudah berhenti beroperasi. Saat generator habis dan gagal berfungsi, kolam pendingin yang mengontrol zat nuklir akan menguap. Radiasi nuklir yang berbahaya tersebut akan bertahan selama ribuan tahun di bumi.

6. Jatuhnya satelit

11 Hal-hal yang Mungkin Akan Terjadi Jika Manusia Punah 8

Bertahun-tahun setelah kepunahan manusia, satelit buatan yang dikirim manusia akan mulai kehabisan bahan bakar dan jatuh kembali ke bumi. Biasanya, satelit yang sudah berhenti beroperasi akan direncanakan tempat jatuhnya satelit tersebut seperti di daerah terpencil agar tidak menimbulkan korban jiwa.

Jika hal ini terjadi setelah kepunahan manusia, jatuhnya satelit tidak dapat direncanakan dan jatuh disembarang tempat. Meskipun satelit kecil kemungkinan besar akan terbakar saat masuk ke atmosfer bumi, satelit yang besar tidak akan terbakar sepenuhnya dan akan terus berjatuhan. Puing-puing yang jatuh akan membahayakan hewan-hewan yang masih hidup

7. Tanaman akan kembali pada bentuk awalnya

Umat manusia selalu mencoba menyilangkan spesies tanaman yang berbeda ataupun merekayasa genetika untuk menghasilkan bibit yang unggul dan hasil panen yang sempurna. Siapa yang mengira sayuran dan buah lezat yang kita konsumsi saat ini bukan penampilan alaminya.

Studi mengatakan bahwa tanpa budidaya manusia, tanaman ini akan kembali ke bentuk aslinya. tanaman yang kita lihat saat ini akan terlihat berbeda hanya dalam kurun waktu 1 atau 2 dekade setelah kepergian manusia.

8. Tanaman akan menutupi permukaan bumi

11 Hal-hal yang Mungkin Akan Terjadi Jika Manusia Punah 9

Selama 20 atau 30 tahun kepunahan kita, rumah-rumah yang kita tinggalkan akan mulai berantakan. Tanpa ada perawatan dan pemeliharaan, jamur, tikus dan hama — musuh biasa pemilik rumah — akan berkuasa. Dalam 75 tahun, kebanyakan balok penyangga rumah akan membusuk dan roboh.

Daerah perkotaan akan ditutupi oleh tanaman yang tumbuh dengan subur. Tanaman-tanaman yang sebelumnya hanya ada di suatu negara (dibaca tanaman impor) akan tumbuh di berbagai penjuru dunia dengan pesat. Tidak akan ada lagi yang mengontrol pertumbuhan tanaman, rerumputan, dan lumut. Hutan akan merebut kembali wilayahnya, dimana kota-kota kita sekarang berada.

Trotoar akan rusak akibat gulma dan akar pohon. Pada saat yang sama, air yang merembes ke jalan akan merusak struktur logam yang menahan jalan dan membuat jalan runtuh menjadi genangan air. “Ditambah dengan adanya siklus musim yang membuat genangan air tersebut meretakkan fondasi beton pada bangunan.”

Dalam 35.000 tahun tanaman akan menyingkirkan sejumlah timbal sisa dari revolusi industri yang ada di tanah. Penggunaan pestisida dan bahan kimia lainnya berhenti dengan kepunahan manusia. Itu berarti, lahan pertanian yang mencakup setengah dari tanah layak huni di Bumi akan mulai membaik seiring berjalannya waktu. Tanaman akan tumbuh dengan subur yang akan memicu peningkatan keanekaragaman hayati dalam skala global.

9. Hewan akan mendominasi dunia

11 Hal-hal yang Mungkin Akan Terjadi Jika Manusia Punah 10

Setelah manusia punah, hewan akan mendominasi dunia dalam konteks jika selamat dari peristiwa dahsyat yang terjadi sebelumnya. Hewan yang selamat akan mengisi kembali bumi sehingga melahirkan lebih banyak spesies hewan.

Nyamuk akan berkembang biak dengan leluasa di ban karet yang bertahan selama seribu tahun. Hewan yang terancam punah sedikit demi sedikit juga akan menstabilkan jumlah spesiesnya di alam.

Untuk mengembalikan keanekaragaman megafauna, bumi mungkin membutuhkan waktu jutaan tahun sekalipun kita, manusia tiba-tiba menghilang.

10. Keruntuhan mahakarya manusia

11 Hal-hal yang Mungkin Akan Terjadi Jika Manusia Punah 11

Sekitar 300 tahun setelah kita punah, gedung pencakar langit dan bangunan berstruktur logam lainnya (seperti jembatan, menara, patung, dll) akan segera terkorosi dan meruntuhkannya ke tanah.

Bangunan seperti Tembok Besar China dan Piramida Agung Giza akan hancur, tetapi masih berdiri kokoh diatas tanah. Selain itu, ukiran dari granit di gunung Rushmore di Amerika akan bertahan selama 7,2 juta tahun. Patung perunggu kita juga akan bertahan hingga lebih dari 10 juta tahun sebagai tanda keberadaan manusia.

11. Suasana dibumi akan lebih segar dan bersih

Perlu waktu lebih dari 65.000 tahun bagi tanaman untuk mengurangi CO2 kembali seperti zaman sebelum kemunculan manusia. Ratusan ribu tahun kemudian, radiasi dari nuklir dan zat kimia berbahaya akan hilang dan pencemaran atmosfer bumi akan berakhir.

Pada akhirnya, jejak kita di Bumi akan terhapus. Kita tidak tinggal disini selamanya, suatu hari mungkin kita akan benar-benar punah. Tapi dengan mempelajari hal-hal yang akan terjadi jika kita punah, mungkin kita dapat mempelajari lebih banyak hal tentang dunia yang kita tinggali sekarang.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Fathurrahman Al-Rasyid

   

Memikirkan kamu saja sudah berat, apalagi memikirkan hidup #bukanmain *lah kok jadi iklan rokok?

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap