11 Hal yang Mungkin Akan Terjadi Jika Columbus Tidak Menemukan Amerika

11 Hal yang Mungkin Akan Terjadi Jika Columbus Tidak Menemukan Amerika

Disekolah, kebanyakan dari kita diajari bahwa Christoper Columbus menemukan Amerika pada tahun 1492. Sebenarnya anggapan bahwa Columbus sebagai penemu Amerika tidak sepenuhnya benar.

Penjelah dari bangsa Viking seperti Leif Eriksson sudah pernah mengunjungi Amerika Utara 5 abad sebelum kedatangan Columbus dan penduduk asli Amerika sudah tinggal disana ribuan tahun sebelum viking dan colombus.

Berikut adalah hal-hal yang mungkin akan terjadi jika .

1. Para penjelajah lainnya yang akan menemukan Amerika

Jika , cepat atau lambat seseorang akan menemukannya. Kemungkinan besar penjelajah Eropa lain seperti Prancis-lah yang akan menemukan Amerika.

Negara-negara Eropa memiliki motivasi yang kuat untuk menjelajah dan mereka memiliki teknologi terbaik di dunia yang digunakan untuk mendominasi tempat-tempat yang mereka temukan. Orang-orang Eropa haus akan rempah-rempah dan sumber daya seperti logam mulia untuk menghasilkan banyak uang.

Kalaupun Columbus tidak mengarungi samudra biru, Amerika kemungkinan masih akan diserang. Zaman eksplorasi yang dimulai pada 1450, banyak negara yang mencari dunia atau tempat baru untuk ditaklukan penduduknya dan menjarah sumber dayanya.

2. Bahasa Inggris tidak lagi menjadi Lingua Franca dunia

11 Hal yang Mungkin Akan Terjadi Jika Columbus Tidak Menemukan Amerika

Anggaplah Amerika terlambat ditemukan beberapa abad, mungkin tidak ada imigran besar-besaran dari Inggris pada abad ke-16 dan ke-17 yang melarikan diri ke Amerika untuk menghindari penganiayaan agama.

Itu berarti, AS sekarang tidak berbicara menggunakan bahasa Inggris dan juga tidak mungkin bahasa Inggris menjadi bahasa pergaulan dunia.

3. Banyak nyawa, bahasa, dan keragaman budaya yang dapat diselamatkan

11 Hal yang Mungkin Akan Terjadi Jika Columbus Tidak Menemukan Amerika

Sebelum Columbus tiba, orang di Amerika hidup dalam tatanan masyarakat yang kompleks dan terorganisir. Kaya akan budaya dan memiliki banyak bahasa (sekitar 300 bahasa yang berbeda).

Penduduk asli Amerika Utara dan Selatan sudah tinggal di wilayah tersebut selama sekitar 20.000 tahun sebelum Columbus tiba.

Tapi semua itu berubah setelah Columbus dan penjajah Eropa tiba. Mereka memperbudak, memutilasi (jika penduduk asli tidak mengumpulkan cukup emas atau tidak mematuhi perintah), perang antar masyarakat dan tentu saja menyebarkan penyakit seperti campak. Secara tidak langsung, penjajah Eropa berkontribusi pada kematian 56 juta orang pada tahun 1600.

Jika Columbus dan penjajah Eropa tidak pernah menemukan Amerika, akan banyak nyawa, keragaman budaya dan bahasa yang bisa diselamatkan.

4. Pola makan sebagian dunia berbeda

Pertukaran columbus adalah pertukaran hewan, tanaman, dan penyakit antara Amerika dan Afro-Eurasia (Afrika, Asia, dan Eropa) pada abad ke-15 dan ke-16.

Gandum mungkin tidak akan menjadi makanan pokok Amerika. Jagung, tomat, dan kentang tidak akan diperkenalkan kepada orang Eropa. Tapi, jika Columbus tidak pernah menemukan Amerika dan pertukaran Columbus tidak terjadi, mungkin beberapa dekade setelahnya akan ada penjelajah lain yang akan memperkenalkannya.

5. Portugal akan menjadi kekuatan utama perdagangan di Eropa

Ketika Columbus mencari rute dari barat ke Asia, Portugal sudah menunjukkan betapa menjanjikannya rute timur. Selama abad ke-16, Portugal mendirikan banyak pelabuhan di pantai Afrika, India, Cina, hingga Jepang.

Tanpa persaingan Spanyol dengan “dunia barunya”, Portugal akan mendominasi jaringan perdagangan di Eropa. Kesultanan Ottoman dan Italia mungkin mempertahankan kekuasaannya di Mediterania, Portugal akan mendapat keuntungan dari perdagangan Asia.

6. Kekaisaran akan menguasai Amerika Tengah

11 Hal yang Mungkin Akan Terjadi Jika Columbus Tidak Menemukan Amerika

Selama abad ke-15, kekaisaran menaklukkan Meksiko Tengah dan juga beberapa wilayah tetangganya. Namun, ada satu wilayah yang tidak dapat ditaklukkan yaitu, Tlaxcala, terletak di sebelah timur ibukota .

Pada 1519, Hernan Cortes bersekutu dengan Tlaxcala untuk mengalahkan kekaisaran . Cortes kalah dan menjadi lemah akibat kelaparan dan penyakit cacar yang membuat mudah untuk ditaklukkan.

Tanpa kehadiran Cortes yang merupakan akibat dari penemuan Columbus, hampir pasti akan melanjutkan penaklukan di Meksiko dan meluas hingga ke seluruh Amerika Tengah.

7. akan tumbuh di Amerika Selatan

11 Hal yang Mungkin Akan Terjadi Jika Columbus Tidak Menemukan Amerika

100 tahun sebelum kedatangan Spanyol, suku Inca menciptakan kerajaan yang kuat dan canggih di pantai Pasifik Amerika Selatan. Sama seperti kekaisaran , penyakit melanda dan melemahkan .

11 Hal yang Mungkin Akan Terjadi Jika Columbus Tidak Menemukan Amerika

Dengan senjata yang lebih unggul dan taktik yang kejam, Fransisco Pizarro berhasil menangkap penguasa Inca, Atahualpa dan mengeksekusinya. pun berhasil digulingkan.

Jika tidak ada kontak dengan Spanyol, Inca mungkin akan melanjutkan ekspansinya dan membuat kerajaan besar dan menaklukkan Amerika Selatan.

8. Suku-suku yang ada di Amerika Utara akan bersatu membentuk beberapa bangsa yang bermusuhan

11 Hal yang Mungkin Akan Terjadi Jika Columbus Tidak Menemukan Amerika

Sebelum Eropa datang ke Amerika, beberapa bangsa Amerika membentuk menjadi persekutuan. Persekutuan Iroquois yang terdiri dari lima negara – Mohawk, Seneca, Onondaga, Cayuga, dan Oneida – didominasi dari Great Lakes hingga New York. Persekutuan ini sering bertempur dengan bangsa Algonquin untuk memperebutkan wilayah.

Jika tidak ada penurunan populasi secara besar-besaran (hingga 90% penduduk asli) karena penyakit, kerja paksa, dan pembunuhan, suku-suku di Amerika Utara akan bergabung membentuk bangsa yang dominan dan dapat menguasai sejumlah besar wilayah.

9. China akan menjadi negara yang kuat dan mengontrol perdagangan di Asia

11 Hal yang Mungkin Akan Terjadi Jika Columbus Tidak Menemukan Amerika

Kekuatan Eropa akan lebih lemah jika tidak ada koloninya yang di Amerika, ketika Eropa masuk ke pasar China, kemungkinan besar mereka memainkan peran yang lebih kecil dalam perdagangan China. Akibatnya, China akan memainkan peran sebagai kekuatan dominan di Asia.

Dengan sedikitnya persaingan Eropa, China akan menguasai seluruh perdagangan di Asia Tenggara.

10. Spanyol akan terbelah menjadi 2 kerajaan yang bersaing

11 Hal yang Mungkin Akan Terjadi Jika Columbus Tidak Menemukan Amerika

Beberapa dekade sebelum Columbus pergi berlayar menuju Asia melalui rute barat, Spanyol bersatu ketika Isabella dari Castile dan Ferdinand dari Aragon menikah.

Pada 1492, raja Ferdinand mengusir penduduk yahudi yang ada di Spanyol dan berlanjut dengan mengepung dan menaklukkan kota Granada. Jatuhnya Granada menjadi tanda berakhirnya kekuasaan muslim di Spanyol. Dengan penemuan Amerika, emas dan perak mengalir ke Spanyol, menopang kerajaan yang baru disatukan.

Jika tidak ada kekayaan dari Amerika, Spanyol mungkin dengan mudah terbelah kembali menjadi negara yang bersaing. Spanyol akan lebih miskin dan kemungkinan besar Spanyol tidak berhasil mengusir Muslim dan Yahudi.

11. Inggris tidak akan menjadi kekuatan utama Eropa

11 Hal yang Mungkin Akan Terjadi Jika Columbus Tidak Menemukan Amerika

Tidak seperti saingan Eropanya, Inggris bisa dibilang lebih lambat dalam mengeksplorasi dunia baru. Tanpa koloninya di Amerika Utara, Inggris tidak akan mungkin menjadi kekuatan utama Eropa.

Selain itu, Inggris juga tidak akan bisa menguasai India karena tidak memilki pengalaman dan kekayaan dari koloninya di Amerika Utara. Namun, ketika revolusi industri, batu bara sangat dibutuhkan dan Inggris memiliki cadangan batu bara yang besar. memungkinkan Inggris dijajah oleh kekuatan lain seperti Rusia dan Ottoman untuk mendapatkan batu bara.

[Fun fact] Columbus mencari rute ke arah barat bukan untuk membuktikan bahwa bumi itu bulat, melainkan mencari jalan pintas menuju Asia. Orang yang patut dihargai atas pemikiran bahwa bumi itu bulat adalah Pythagoras dan Aristoteles.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Fathurrahman Al-Rasyid

   

Memikirkan kamu saja sudah berat, apalagi memikirkan hidup #bukanmain *lah kok jadi iklan rokok?