11 Wisata Hutan Mangrove yang Menarik di Indonesia

11 Wisata Hutan Mangrove yang Menarik di Indonesia

atau adalah semak atau pohon kecil yang tumbuh di air asin pantai atau air payau. Hutan terdapat di seluruh di daerah tropis dan subtropis, termasuk . Hutan tersebar di seluruh , ada sekitar 3,79 juta hektar dan ini menjadikannya yang terbesar di . Fungsi utama hutan adalah untuk mencegah terjadinya intrusi air laut ke darat, apalagi di hutan menjadi daya tarik . Mari kita lihat daftar 11 di , untuk mengetahui lebih banyak tentang hal itu.

Muara Angke Jakarta

11 Wisata Hutan Mangrove yang Menarik di Indonesia

Jakarta bukan tempat umum untuk memiliki kawasan hijau tetapi ini adalah salah satunya di Muara Angke, Jakarta Utara. Ini telah menjadi tempat yang populer bagi penduduk setempat terutama remaja untuk berburu foto. Udara segar dan indah adalah tempat yang sempurna untuk datang bersama teman dan keluarga, apalagi objek ini mencakup hutan konservasi yang bagus untuk mengenal lebih banyak tentang hutan . Biaya masuknya adalah Rp 25.000.

 

Wonorejo Surabaya

11 Wisata Hutan Mangrove yang Menarik di Indonesia

Wonorejo Surabaya yang terletak di Wonorejo, Surabaya, Jawa Timur ini memiliki hutan seluas lebih dari 800 hektar. Ada 83 spesies langka dan eksotis seperti bambu kuning, kepiting merah, lumut dan gading Jawa.

Lebih dari setengah jenis tumbuh subur di hutan ini. Selain , ada vegetasi asli lain yang tumbuh di hutan ini. Sebagai objek , pengunjung dapat menyaksikan hewan seperti monyet ekor panjang. Untuk sampai di sana kamu harus naik perahu, tiketnya adalah Rp 25.000 untuk orang dewasa dan Rp 15.000 untuk anak-anak.

 

Rembang

11 Wisata Hutan Mangrove yang Menarik di Indonesia

Hutan ini dikenal sebagai Jembatan Merah, karena memiliki jembatan merah sebagai jalan bagi pengunjung untuk masuk melalui hutan bakau yang lebat. Tepatnya hutan bakau ini terletak di Desa Pasarbanggi di Rembang, Jawa Tengah. Rembang adalah hutan bakau lebat di , ada 6 jenis bakau yang dikumpulkan di sini dan juga fauna endemik pantai seperti burung blekok, elang laut, burung hantu dan biawak.

Baca juga  9 Wisata Terapung Mengagumkan yang Patut Kamu Kunjungi

 

Kampung Laut Cilacap

11 Wisata Hutan Mangrove yang Menarik di Indonesia

Kampung Laut Cilacap dikenal sebagai daerah bakau terbesar di Asia, terletak di Kecamatan Kampung Laut yang tidak jauh dari Nusa Kambangan. Sama seperti hutan bakau lainnya, ada banyak burung dan bahkan monyet yang bisa dilihat.

Untuk sampai ke lokasi hutan, kamu perlu melakukan perjalanan dengan kapal dan ini adalah satu-satunya waktu bagimu untuk mengeluarkan uang. Penduduk setempat suka datang ke tempat ini pada akhir pekan, terutama remaja menghabiskan waktu di pos pengamatan karena mereka dapat melihat seluruh hutan.

 

Tapak Semarang

11 Wisata Hutan Mangrove yang Menarik di Indonesia

Daerah Tapak Semarang adalah habitat yang bagus untuk berbagai jenis fauna terutama burung air. Hutan bakau ini terletak di Desa Tapak, Kelurahan Tugurejo, Semarang. Ada 38 spesies burung yang dapat ditemukan di daerah ini, kita dapat dengan mudah melihat burung melakukan banyak kegiatan. Selain itu, ada 2 jenis bakau yang ditanam di hutan ini dan tujuannya adalah untuk mencegah abrasi pantai serta polusi air biofilter karena memiliki kemampuan untuk mengakumulasi logam berat dari air limbah industri.

 

Mangrove Muara Gembong Bekasi

11 Wisata Hutan Mangrove yang Menarik di Indonesia

Terletak di Desa Pantai Mekar, Muara Gembong, ini adalah hutan bakau lain yang populer bagi penduduk setempat di Bekasi. Luas hutan ini mencapai 3 hektar dan ada beberapa jenis bakau yang tersedia. Pengunjung akan melewati jembatan bambu sepanjang 200 meter melalui hutan, di sepanjang jembatan terdapat banyak titik selfie. Ada banyak tanda peringatan yang melarang mengotori tempat ini hampir di setiap sudut jembatan. Selain itu, ada tanda-tanda yang menunjukkan berbagai jenis bakau di tepi jembatan.

Baca juga  Gensin Impact Lore : Apa sih perbedaannya Delusion & Vision ?

 

Mangrove Tarakan

11 Wisata Hutan Mangrove yang Menarik di Indonesia

Hutan bakau ini dikenal sebagai paru-paru untuk kota Tarakan. Tempat ini segar, terawat dan masih alami. Ada jembatan yang terbuat dari kayu besi yang melewati hutan. Sambil berjalan di sepanjang hutan, kamu dapat melihat Bekantan yang merupakan salah satu monyet langka dari Kalimatan yang dilindungi.

Selain fauna unik, pengunjung dapat menikmati beragam flora yang menghiasi hutan bakau. Hutan bakau 21 hektar ini terletak di jantung kota di Jalan Gajah Mada dan biaya masuknya hanya Rp 5.000. Ketika air laut pasang maka kamu bisa melihat ular laut, ikan, dan biota laut lainnya.

 

Mangrove Karimunjawa

11 Wisata Hutan Mangrove yang Menarik di Indonesia

Desa Kemujan sekitar 45 menit dari Pelabuhan Karimun adalah tempat hutan bakau ini berada. Di pintu masuk, kamu harus membayar Rp. 10.000 untuk tiketnya dan kamu dapat menjelajahi hutan bakau seluas 10,5 hektar ini. Pengunjung dapat pergi menyusuri jembatan 2 kilometer yang tersedia di dalam hutan ini. Ada juga beberapa gazebo bagi pengunjung untuk beristirahat.

Di ujung jembatan, ada bangunan kayu tiga lantai dan di setiap tingkat pengunjung dapat melihat Bukit Karimun. hutan bakau dan laut luas yang akan memanjakan matamu.

 

Mangrove Margomulyo Balikpapan

11 Wisata Hutan Mangrove yang Menarik di Indonesia

Mangrove Margomulyo Balikpapan terletak di Jl. AMD Empat RT 42, tepatnya di belakang SMA 8 Balikpapan. Hutan seluas 29,5 hektar ini merupakan kawasan konservasi untuk hutan bakau. Pengunjung dapat berkeliling dengan aman dan merasakan hutan bakau yang rimbun karena ada jembatan yang bisa dilalui pengunjung. Jika kamu beruntung, kamu juga dapat melihat Bekantan di hutan ini. Ada juga fauna lain seperti kepiting, ikan tangkapan, dan berbagai burung. Biaya masuk ke kawasan ini gratis.

Baca juga  Akhir dari Pendidikan Kita

 

Mangrove Maerokoco Semarang

11 Wisata Hutan Mangrove yang Menarik di Indonesia

Trekking mangrove baru di Maerokoco dibangun pada 2017 dengan lintasan sepanjang 135 meter. Puri Maerokoco terletak 3 kilometer di sebelah timur Bandara Achmad Yani, objek ini adalah Provinsi Jawa Tengah mini.

Situs terbuat dari jalur bambu setengah lingkaran hanya satu meter dari permukaan air. Pengunjung dapat masuk dan mengelilingi pohon-pohon bakau yang lebat. Penduduk setempat suka berkunjung karena situs trekking dibuat dan menjadikannya populer karena mereka mengambil foto serta mengunggahnya di media sosial.

 

Mangrove Kampoeng Nipah

11 Wisata Hutan Mangrove yang Menarik di Indonesia

Hutan bakau ini terletak di Kabupaten Sedang Bedagai, Sumatera Utara. Bukan hanya bakau, tetapi ada pantai yang indah juga di hutan ini. Berkat penduduk setempat, orang dapat mengunjungi objek ini tidak hanya untuk menikmati pantai tetapi juga mengetahui lebih banyak tentang bakau.

Ada sekitar 15 jenis bakau yang membentang sepanjang 5 kilometer, orang juga dapat mengambil foto pre wedding di daerah ini. Setelah menjelajahi hutan bakau, pengunjung dapat menikmati hidangan makanan laut yang dimasak oleh istri nelayan setempat. Biaya masuknya adalah Rp. 10.000. Jika kamu ingin pemotretan pre wedding di sini, kamu hanya perlu membayar Rp 200.000.

Secara keseluruhan, 11 Hutan Bakau di ini adalah terbaru yang saat ini sangat disukai orang. Selain berfoto dan menikmati hutan bakau yang rimbun, penduduk setempat dan wisatawan dari seluruh dapat belajar lebih banyak tentang hutan bakau dengan mengunjungi hutan. Sebagian besar hutan ini digunakan sebagai tempat penelitian, jadi tidak hanya untuk tujuan rekreasi tetapi hutan bakau ini juga untuk tujuan .

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rado