13 Agustus Sejarah Lahirnya Tembok Berlin

13 Agustus Sejarah Lahirnya Tembok Berlin 1

Tanggal 13 Agustus 1961, sebuah pemerintahan bernama Jerman Timur atau GDR atau pemerintah Komunis Republik Demokratik Jerman membangun tembok dengan kawat berduri yang terbuat dari bahan beton atau dinamakan tembok Berlin, sebagai pemisah antara Jerman Barat dan Jerman Timur kala itu. TEMBOK Berlin ini dibuat dengan tujuan untuk mencegah tindakan fasisme antara Jerman Barat dengan Jerman Timur.

Sebenernya tujuan utama pembangunan Tembok Berlin ini adalah untuk mengantisipasi adanya pembludakan masa baik dari timur ke barat. Hal tersebut dilakukan pada masa tahun 1961 sampai dengan tahun 1989, terjadi aksi fasisme antara Berlin Timur dengan Barat.

13 Agustus Sejarah Lahirnya Tembok Berlin 3

Dalam periode selama beberapa tahun dibangun, Tembok Berlin sendiri dengan tujuan utama memisahkan Jerman barat dengan Jerman timur adalah sebuah upaya untuk menjadi pertahanan secara fisik yang merupaka simbol adanya konflik atau permasalahan politik di Jerman saat itu.

Bangunan yang terdiri dari kawat berduri itu memiliki bangunan secara fisik dengan betok Yang sangat kuat dibangun untuk daya tahan selama beberapa tahun semenjak adanya konflik politik yang terjadi antara Jerman barat dengan Jerman timur.

Tembok Berlin sampai dengan saat ini masih menjadi simbol adanya perang politik antara Jerman barat dengan Jerman timur saat perang dingin melanda dan dinilai sangat kuat dan bisa bertahan sangat lama. Pada saat Perang Dunia II usai adanya konferensi kesepakatan perdamaian antara sekutu di Yalta dan Potsdam untuk memberikan keputusan tentang bagaimana nasib dari wilayah di Jerman.

Pada saat itu, zona antara Barat dan Timur yang kalah akan terbagi-bagi ke dalam wilayah barat dan timur. Sebelah barat akan ikut wilayah Inggris, Prancis, sedangkan wilayah timur akan ikut ke wilayah uni Soviet.Wilayah Berlin sendiri sebenarnya masuk ke dalam negara bagian Uni Soviet pada tahun 1945 akhirnya wilayah Jerman Barat dengan Jerman Timur ini terbagi ke dalam empat wilayah.

Untuk bagian timur akan diambil oleh Uni Soviet, sedangkan wilayah bagian barat akan diambil oleh sekutu.Perjanjian Yalta dengan Potsdam saat itu memang telah menetapkan wilayah Jerman Barat dan Jerman Timur ke dalam beberapa sub wilayah dalam beberapa bagian.

Ini sebuah sinyal dimana Uni Soviet benar-benar telah menguasai Jerman Timur dengan faham Komunisnya. Seorang pemimpin Soviet kala itu mengatakan bahwa keberadaan Jerman Barat dengan faham Kapitalis nya mengatakan Soviet akan melakukan cara agar Inggris, AS dan Prancis keluar dari kota-kota di Jerman Barat.

Blokade yang dilakukan oleh Soviet di wilayah Jerman Barat ini dengan maksud agar Amerika Serikat mundur dan menyerah pada tahun 1948. Namun ternyata alhasil sebaliknya, Soviet yang akhirnya mundur, karena AS sana sekutunya maju dengan me supply makanan ke Jerman Barat sejumlah jutaan ton makanan dengan bantuan operasi udara yang akhirnya membuat Soviet mundur pada tahun 1949.

Barang-barang dan bahan bakar serta makanan pun dikirim oleh Amerika Serikat ke wilayah Jerman Barat dan upaya ini dinamakan Berlin Airlift. mereka memberikan stok ke wilayah kota-kota selama lebih dari satu tahun lamanya.

Peristiwa lahirnya tembok Berlin ini yang disebabkan oleh adanya konflik antara Jerman barat dengan Jerman Timur pada tanggal 13 Agustus 1961.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Tri Muhammad