18 Lukisan abad 17 Les Grandes Misères de la guerre tentang Perang Eropa

18 Lukisan abad 17 Les Grandes Misères de la guerre tentang Perang Eropa 1

Les Grandes Misères de la Guerre, atau disebut juga Les Misères et les Malheurs de la guerre adalah sebuah karya dari seorang seniman Prancis bernama Jacques Callot (1592–1635). Karya yang dipublikasikan pada tahun 1633 di Paris ini disebut sebagai prototipe awal komik strip Prancis, karena pada bagian bawah tiap ilustrasi disertai dengan teks deskripsi. Karya yang dibuat dengan teknik etsa ini merupakan suatu seri yang terdiri dari 18 ilustrasi.

Berikut ini adalah 18 ilustrasi Les Grandes Misères de la guerre. Diawali dengan ilustrasi awal atau frontispiece, kemudian ilustrasi para tentara yang bertempur, para tentara yang menjarah dan membunuh. Sembilan ilustrasi terakhir menggambarkan penangkapan dan penghukuman tentara perusuh oleh berbagai kelompok: baik oleh para perwira mereka maupun petani yang membalas dendam.

1. Frontispiece

Fronstispiece Les Grandes Misères de la Guerre. Sumber gambar: wikimedia.org
Fronstispiece Les Grandes Misères de la Guerre. Sumber gambar: wikimedia.org

2. L’enrôlement des troupes (Perekrutan Pasukan). Pada bagian kanan, terlihat sekelompok tentara di meja pendaftaran. Obyek yang digambar di atas meja diperkirakan adalah uang yang diberikan kepada tentara bayaran yang baru direkrut, hal lumrah yang ada selama Perang Tiga Puluh Tahun, era sebelum adanya tentara profesional.

L'enrôlement des troupes. Sumber gambar: wikimedia.org
L’enrôlement des troupes. Sumber gambar: wikimedia.org

3. La bataille (Pertempuran). Menggambarkan para prajurit yang sedang bertempur.

La bataille. Sumber gambar: wikimedia.org
La bataille. Sumber gambar: wikimedia.org

4. La maraude (Penjarahan). Melukiskan adegan tentara yang memperkosa, menjarah, dan menjarah.

La maraude. Sumber gambar: wikimedia.org
La maraude. Sumber gambar: wikimedia.org

5. Le pillage (Penjarahan Rumah). Melukiskan para tentara di dalam rumah petani, di mana mereka membunuh, minum-minum, memperkosa perempuan, dan menjarah harta benda. Pada bagian kanan belakang, terlihat para prajurit telah menggantungkan seorang pria pada bagian kakinya dan memanggangnya di atas api seolah-olah pria tersebut adalah seekor binatang.

Le pillage. Sumber gambar: wikimedia.org
Le pillage. Sumber gambar: wikimedia.org

6. Dévastation d’un monastère (Penjarahan Biara). Pada ilustrasi ini terlihat sebuah mayat mati di bagian depan kiri, latar belakang sebuah biara yang terbakar, sementara seorang prajurit melecehkan seorang wanita di bagian tengah kanan.

Dévastation d'un monastère. Sumber gambar: wikimedia.org
Dévastation d’un monastère. Sumber gambar: wikimedia.org

7. Pillage et incendie d’un village (Penjarahan dan Pembakaran Sebuah Desa). Terlihat rumah-rumah yang terbakar, mayat-mayat di jalanan, serta perampasan barang dan hewan ternak.

Pillage et incendie d'un village. Sumber gambar: wikimedia.org
Pillage et incendie d’un village. Sumber gambar: wikimedia.org

8. Vol sur les grandes routes (Perampokan di Jalanan). Pada bagian ini terlihat sebuah kereta yang dirampok dan mayat-mayat yang bergelimpangan.

Vol sur les grandes routes. Sumber gambar: wikimedia.org
Vol sur les grandes routes. Sumber gambar: wikimedia.org

9. Découverte des malfaiteurs (Penangkapan Para Perusuh/Penjahat). Saya perhatikan, ada orang-orang yang digambarkan sedang bersembuni di rerumputan atau pepohonan.

Découverte des malfaiteurs. Sumber gambar: wikimedia.org
Découverte des malfaiteurs. Sumber gambar: wikimedia.org

10. L’estrapade, (Strappado). Strappado adalah alat yang menggantungkan korbannya dengan seutas tali lalu kemudian menjatuhkan mereka tepat ke tanah secara tiba-tiba. Terlihat seorang prajurit yang ditangkap sedang digantung di atas, dikelilingi oleh kerumunan masa yang menonton hukuman strappado tersebut.

L'estrapade. Sumber gambar: wikimedia.org
L’estrapade. Sumber gambar: wikimedia.org

11. La pendaison (Hukuman Gantung). Disebut juga dengan The Hangman’s Tree atau Pohon Hukuman Gantung. Ilustrasi ini merupakan ilustrasi yang paling terkenal dan paling sering direproduksi dari Les Grandes Misères de la guerre.

La pendaison. Sumber gambar: wikimedia.org
La pendaison. Sumber gambar: wikimedia.org

12. L’arquebusade (Pasukan Regu Tembak). Digambarkan hukuman tembak yang dilakukan oleh pasukan regu tembak.

L'arquebusade. Sumber gambar: wikimedia.org
L’arquebusade. Sumber gambar: wikimedia.org

13. Le bûcher (Burning at the stake). Burning at the stake adalah sebuah hukuman dengan cara membakar hidup-hidup korban hingga meninggal.

Le bûcher. Sumber gambar: wikimedia.org
Le bûcher. Sumber gambar: wikimedia.org

14. La roue (Breaking wheel). Breaking whell atau disebut juga dengan Catherine wheel¸ adalah sebuah alat untuk menghukum dengan cara mematahkan tulang korbannya hingga meninggal.

La roue. Sumber gambar: wikimedia.org
La roue. Sumber gambar: wikimedia.org

15. L’hôpital (Rumah Sakit). Menampilkan para tentara yang lumpuh di luar sebuah rumah sakit besar dengan gaya neoklasik.

L'hôpital. Sumber gambar: wikimedia.org
L’hôpital. Sumber gambar: wikimedia.org

16. Les mendiants et les mourants (Para Pengemis dan Orang-Orang yang Sekarat). Pada ilustrasi ini digambarkan juga prajurit yang sekarat.

Les mendiants et les mourants. Sumber gambar: wikimedia.org
Les mendiants et les mourants. Sumber gambar: wikimedia.org

17. La revanche des paysans (Balas Dendam Para Petani). Menggambarkan para petani yang membalas dendam, membunuh penyerang mereka yang telah mereka tangkap dengan flail, alat pertanian yang digunakan untuk mendera dalam proses memisahkan biji-bijian dari sekam. Terlihat seseorang digantung di sebuah pohon.

La revanche des paysans. Sumber gambar: wikimedia.org
La revanche des paysans. Sumber gambar: wikimedia.org

18. Distribution des récompenses (Pemberian Ganjaran). Menggambarkan raja yang bertakhta memberikan upah kepada para tentara pemenang perang.

Distribution des récompenses. Sumber gambar: wikimedia.org
Distribution des récompenses. Sumber gambar: wikimedia.org

Epilog

> Breaking wheel disebut juga Chaterine wheel, karena disebut bahwa Santa (orang suci) Katarina dari Aleksandria (287-305) dihukum mati dengan cara ini oleh penguasa Romawi Maxentius.

> Jeanne d’Arc (1412-1431), adalah seorang tokoh pahlawan Prancis dan santa dalam agama Katolik, yang dihukum dengan cara burning at the stake, saat masa peperangan Seratus Tahun (1337-1453) atara Prancis dengan Inggris.  Jeanne d’Arc mengklaim bahwa ia menerima “bisikan” dari archangel Michael, Santa Margareta dari Antiokhia, dan Santa Katarina dari Aleksandria untuk memimpin Prancis melawan Inggris.

> Bagi yang belum membaca informasi lebih lanjut tentang Les Grandes Misères de la guerre, bisa membaca artikel-artikel di link yang ada di komentar yang di-pin di bawah artikel ini. Di artikel-artikel tersebut ada beberapa informasi tambahan, di antaranya tentang:

  • Biografi Jacques Callot.
  • Teknik lukis etsa yang dikembangkan Jacques Callot.
  • Perang Tiga Puluh Tahun Eropa.
  • Seorang Freemason Inggris abad 16 yang membuat parodi La Pendaison, ilustrasi ke-11 Les Grandes Misères de la guerre.
  • Beberapa lukisan karya seniman lain yang terinspirasi Les Grandes Misères de la guerre.
  • Manga Jepang yang mengambil latar Perang Tiga Puluh Tahun Eropa.
  • Manga Jepang yang mengingatkan saya tentang La pendaison, ilustrasi ke-11 Les Grandes Misères de la guerre.

Sumber-Sumber Referensi

– Just Violence: Jacques Callot’s Grandes Misères et Malheurs de la Guerre, karya Katie Hornstein, yang diterbitkan pada Bulletin The University of Michigan Museums of Art and Technology, Volume 16 (2005-2006)

– The A to Z of Renaissance Art, karya Lillian H. Zripolo

artcyclopedia.com

– artlorrain.com

– artnet.com

artsandculture.google.com

– lambiek.net

sarah-sauvin.com

– Wikipedia bahasa Inggris, Prancis, dan Jerman

– Wikimedia.org

*Baca juga artikel dan karya RK Awan lainnya di sini*

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.