2 Cara Mudah Mengetahui Jenis Kulit, Hanya Butuh Tisu dan Selotip

2 Cara Mudah Mengetahui Jenis Kulit, Hanya Butuh Tisu dan Selotip 1

Pada artikel yang membahas tentang eksfoliasi saya menekankan penting untuk terlebih dulu mengetahui jenis kulit, karena semua produk yang akan kita gunakan akan lebih baik jika disesuaikan dengan jenis, kondisi dan kebutuhan kulit wajah agar tidak terjadi peradangan serta lebih menghemat biaya.

Sebelum masuk ke dua cara mudah mengetahui jenis kulit, pahami juga maksud dari jenis, kondisi dan kebutuhan kulit wajah. 

Jenis Yang dimaksud dengan jenis kulit wajah secara umum terbagi menjadi tiga jenis, kulit berminyak, kering dan kombinasi.
KondisiKondisi adalah keadaan sementara kulit, maksudnya keadaan kulit berubah-ubah seiring waktu, pada perempuan biasanya kondisi kulit akan berubah drastis saat PMS. Kondisi pada umumnya dibagi menjadi sehat, dan tidak sehat.
Kebutuhan kulit wajahAdalah kondisi saat kita sudah memahami jenis kulit dan kondisi dan memilih ingredients yang sesuai untuk mengembalikan kondisi kulit ke kondisi sehat, sangat mungkin orang dengan jenis kulit berminyak mengalami kondisi kulit kering, dan orang dengan jenis kulit kering memiliki masalah jerawat yang meradang.

Nah tahap pertama untuk mengerti produk mana yang harus kita gunakan, untuk memaksimalkan efektifitas dan efisiensi, yuk coba dua cara ini untuk mengetahui jenis kulit kamu. Tidak perlu dicoba keduanya ya, cukup pilih salah satu saja.

Menggunakan Tisu

Perbandingan wajah dengan jenis kulit kering (kiri) dan berminyak atau kombinasi (kanan)
Perbandingan wajah dengan jenis kulit kering (kiri) dan berminyak atau kombinasi (kanan)

Cara ini paling populer karena paling mudah dilakukan dan hanya membutuhkan sehelai tisu saja, ikuti step seperti dibawah ini ya:

  1. Saat malam hari, cuci wajah kamu menggunakan sabun cuci muka yang halus (tidak mengandung bahan aktif apalagi yang memiliki partikel scrub)
  2. Keringkan wajah dengan cara menyingkap air dengan handuk bersih, tidak perlu diusap dengan keras ya
  3. Tunda dulu penggunaan produk apapun yang biasa kamu pakai sebagai rangkaian skincare malam hari
  4. Saat pagi hari, ini waktu yang pas untuk kamu merasakan kulit wajah apakah ada sensasi kulit wajah tertarik atau tidak? Untuk memastikan, ambil sehelai tisu bersih dan tempelkan pada wajah. Pada orang yang memiliki jenis kulit berminyak tisu akan mudah menempel dan menyerap kelebihan minyak, jika kulit kamu kombinasi, tisu hanya akan menempel di bagian t-zone. Namun jika kulit kamu kering tisu akan langsung jatuh.

Cara lainnya yang tidak butuh waktu lama namun tetap efektif menggunakan selotip berukuran cukup besar yang bisa kamu dapatkan dengan mudah di toko perlengkapan ATK.

Menggunakan Selotip

Tidak jauh berbeda dari step yang sudah kamu ketahui dari menggunakan tisu, kamu cukup membersihkan wajah dengan sabun cuci muka lalu diamkan sekitar 20 menit setelah mengeringkan wajah dengan handuk bersih. Lalu coba tempelkan selotip di area wajah membentang dari ujung telinga kanan hingga kiri, mengikuti kontur hidung ya.

Bagi yang memiliki jenis kulit berminyak, umumnya mereka akan kesulitan membuat selotip tetap diam di tempat karena minyak berlebih yang dihasilkan wajah membuat lem pada selotip tidak mampu menempel dengan maksimal. Sebaliknya, jika kulit kamu kering selotip akan mudah menempel dan akan sedikit ada rasa tidak nyaman saat coba membukanya, permukaan selotip juga akan tampak sedikit keruh kemungkinan kulit mati kalian akan menempel di lapisan lem selotip. Untuk orang dengan jenis kulit kombinasi , selotip hanya akan menempel di bagian pipi.

2 Cara Mudah Mengetahui Jenis Kulit, Hanya Butuh Tisu dan Selotip 3

Itu tadi dua cara mudah, murah dan efisien untuk kamu mengetahui jenis kulit. Jadi, mulai sekarang saat mencari produk untuk kebutuhan maupun kondisi kulit kalian sudah bisa menjelaskan ya jenis kulit dan mulai mempelajari kandungan aktif apa yang sesuai untuk kondisi dan jenis kulit kalian sehingga tidak perlu mencoba terlalu banyak produk yang memiliki kemungkinan menciptakan iritasi.

Pada artikel selanjutnya saya akan mulai membahas bahan aktif yang sudah banyak beredar di pasar serta manfaatnya. Kira-kira bahan aktif apa yang ingin kalian ketahui lebih dalam? Tinggalkan pertanyaan maupun saran di kolom komentar ya!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Vegys Gultom