2 Destinasi Wisata Pantai yang Memukau di Pulau Mandangin Sampang


2 Destinasi Wisata Pantai yang Memukau di Pulau Mandangin Sampang 1

Pulau Mandangin merupakan satu-satunya pulau yang berada di Kabupaten Sampang. Dilihat dari segi geografis, pulau ini terletak di Kecamatan Sampang Kabupaten Sampang Propinsi Jawa Timur, dengan luas ± 94,04 hektare. Batas-batas wilayah Desa Pulau Mandangin sebelah barat, timur, utara dan selatan adalah dikelilingi oleh Selat Madura. Jarak tempuh dari Kec. Sampang ± 20 Km jalan darat, sungai dan laut. Ditempuh dalam waktu ± 1,5 jam dengan menggunakan perahu motor dari pelabuhan Tanglok.

Pulau Mandangin menyimpan pesona alam yang amat memukau. Delapan penjuru yang mengelilinginya adalah hamparn laut. Pasir-pasir pantai selaksa permadani sutra yang melingkar luas di sekelilingnya. Rerimbun hijau daun-daun menjulang memeluk pohon-pohon berada di hamparan pulau ini. Tak hanya alamnya yang menyajikan pesona surga, namun juga kuliner khasnya yang tentu memanjakan lidah bagi penikmatnya.

Berikut ini 2 (dua) destinasi wisata pantai yang patut kalian kunjungi di Pulau Mandangin. Tentu masih banyak destinasi lainnya yang tidak boleh kalian lewatkan, jika berkunjung ke pulau ini.

Pantai Candin

Pantai Candin Pulaun Mandangin
Pantai Candin Pulau Mandangin

Pantai ini tepatnya berada di sebelah timur Pulau Mandangin. Terdapat bongkahan batu yang terpisah dengan induk pulau, yang ukurannya sekitar 10×8 meter dengan ketinggian kurang lebih 10 – 15 meter. Masyarakat sekitar menyebutnya batu candin atau batu gentongan.

Batu candin ini mirip tanah lot di Bali. Begitu juga diakui oleh wisatawan, baik wisatawan lokal maupun luar. Tidak berlebihan jika batu Candin ini merupakan tanah lotnya Kabupaten Sampang. Dan pantai ini banyak dikunjungi, apalagi ketika Hari Raya dan libur panjang.

Di pantai ini kalian tidak hanya dijamu dengan keindahan pesona alamnya yang bernuansa perbukitan, namun kalian juga disuguhi indahnya pesona sun rise, tentu jika kalian datangi di saat pagi buta. Kalian pasti dibuat terkagum-kagum.

 

Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih Pulau Mandangin
Pantai Pasir Putih Pulau Mandangin

Siapa yang tidak berdecak kagum, ketika melihat hamparan pasir putih yang bersih putih dan nan luas? Apalagi, ketika petang dan sore menjelang malam, memandang indahnya matahari tenggelam di balik ombak? Dan semua keindahan-keindahan itu dapat kalian nikmati di pantai satu ini.

Pantai pasir putih berada di ujung barat Pulau Mandangin. Di pantai ini, kalian tidak hanya disuguhkan orkestrasi ombak laut dengan siulan angin yang mendayu-dayu, tidak hanya pula disuguhi pemandangan hamparan pasir nan eksotis, juga tidak cuma dijamu dengan indahnya matahari yang baru pulang (sun set), akan tetapi juga kalian akan mendapati masyarakat sekitar yang ramah, para nelayan yang baru pulang melaut, dan berjejer sampan-sampan nelayan dengan aneka warna yang menawan.

Silahkan kunjungi, dan manjakan mata kalian!


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Holikin

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap