2 Tempat Wisata Pantai dengan Nama Unik di Rembang


2 Tempat Wisata Pantai dengan Nama Unik di Rembang 1

Rembang merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang terkenal dengan kota garamnya. Selain dikenal dengan hasil garamnya, Rembang ternyata menyimpan keajaiban alam yang luar biasa, mulai dari pantainya maupun pegunungannya. Namun dibali keindahan alamnya, Rembang memiliki beberapa tempat wisata yang diunggulkan dan menjadi tempat favorit para wisatawan baik lokal maupun luar Kota Rembang.

Salah satu yang tempat wisata yang diunggulkan yakni wisata pantainya yang terkenal eksotis dan bersejarah, namun dari beberapa wisata pantai yang ada di Kabupaaten Rembang, ada beberapa nama pantai itu yang terbilang mempergunakan nama yang unik, berikut 2 pantai dengan nama uni di Rembang.

1. Pantai Dampo Awang

Pantai Dampo Awang
Pantai Dampo Awang

Pantai ini dulunya bernama Taman Rekreasi Kartini, namun sekarang berubah nama menjadi Pantai Dampo Awang. Pantai ini berada di desa Tasikagung, kecamatan Lasem, kabupaten Rembang.  Pantai ini selain terkenal dengan pantainya yang bersih, para wisatawan juga bisa berkunjung ke beberapa pulau kecil di sebelah utara pantai ini dengan mempergunakan perahu kecil.

Jangkar Dampo Awang
Jangkar Dampo Awang

Namun dibalik pemandangan indah di sekitar pantai, nama pantai ini tergolong unik, Pantai yang bernama Pantai Dampo Awang memiliki banyak pertanyaan mengapa disebut Pantai Dampo Awang?

Mengapa disebut Pantai Dampo Awang ?

Pemberian nama pantai Dampo Awang sebenarnya memiliki asal muasal yang diambil dari nama sebuah jangkar besar yang berada di pantai ini. Menurut cerita, Saat itu seseorang bernama Sam Phoo Khong yang sedang berlayar melewati Laut pesisir utara Jawa, tiba-tiba kapal yang ia kemudikan dihantam badai laut yang besar.

Karena terkena badai tersebut, rantai jangkar itu lepas dan jangkarnya terdampar di pantai ini. Kemudian layar kapal itu terkena tiupan angin akhirnya jatuh di Pantai Bonang, yang kemudian dikenal dengan batu layar. jangka yang terdampar di Rembang itu berada di Pantai Dampo Awang ini, yang kemudian masyarakat setempat menamai pantai ini dengan nama Pantai Dampo Awang.

Sedangkan jangkar bersejarah itu sampai saat ini masih terpapang di lokasi pantai ini dan diperlihatkan oleh para pengunjung.

2. Pantai Karang Jahe

Pantai Karang Jahe, Rembang
Pantai Karang Jahe, Rembang

Berpredikat sebagai pantai yang tergolong masih baru apabila dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya di Rembang, namun Pantai Karang Jahe membuat perhatian banyak orang dan menjadi salah satu pantai yang cukup dimintai oleh warga lokal maupun wisatawan luar Rembang. Pantai ini berada di Desa Punjuharjo, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang.

Ribuan pohon cemara sepanjang satu kilometer
Ribuan pohon cemara sepanjang satu kilometer

Selain terkenal dengan pantai hamparan pasir putih yang menawan, pantai ini juga dikenal memiliki ribuan pohon cemara yang sangat indah. Pohon cemara yang berjajar sampai 1 kilometer ini terlihat sangat mempesona dan menghadap ke laut. Pantai ini berlokasi yang tidak jauh dari pusat kota Rembang, hanya berjarak kurang lebih 7,5 Kilometer dari Pusat Kota. Hal yang membuat banyak para pengunjung betah, karena Penduduk wilayah setempat desa punjulharjo ini terkenal sangat ramah tamah terhadap siapapun yang berkunjung ke pantai ini.

Banyak karang bebentuk jahe
Banyak karang bebentuk jahe

Pantai ini terbilang memiliki nama yang unik, menggunakan nama sebuah jenis tanaman yang sering kita dengar. Pantai ini diberi nama Pantai Karang Jahe, apakah disekitar pantai banyak tanaman jahe atau bagaimana?

Mengapa disebut Karang Jahe ?

Asal mula pantai yang terletak di Desa Punjulharjo ini diberi nama Pantai Karang Jahe adalah karena di lokasi tempat wisata ini banyak ditemukan serpihan karang yang bentuknya mirip dengan jahe, dahulu pantai ini terdapat banyak terumbu karang yang begitu indah dan memiliki warna seperti jahe. Hal itulah yang kemudian pantai ni diberi nama Pantai Karang Jahe.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Faizal Chandra

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap