20 Makanan Terenak yang Wajib Kamu Coba Sebelum Meninggal

makanan

Menemukan makanan yang lezat dan menakjubkan tentu merupakan pengalaman yang sangat mengesankan. Ini juga menjadi hal yang paling dinantikan saat berwisata. Dari sekian banyak makanan yang ada, berikut ini adalah 20 makanan terenak yang wajib dicoba sebelum mati. Kelezatan makanan tersebut telah diakui oleh banyak orang dan banyak yang mengatakan ‘ketagihan’ mencoba makanan tersebut. Penasaran apa saja makanan tersebut? Berikut ini adalah ulasannya

 

1. Neapolitan Pizza

20 Makanan Terenak yang Wajib Kamu Coba Sebelum Meninggal 1

Pizza merupakan makanan yang memiliki banyak penggemar dari berbagai belahan dunia. Pizza sering dikaitkan dengan negara asalnya yaitu Italia lebih tepatnya dari Naples. Makanan yang paling lezat di Italia adalah pizza tradisionalnya yaitu Neapolitan Pizza atau La Pizza Napoletana. Pizza ini memiliki rasa gurih dan kenyal dengan topping tomat segar, basil, buffalo mozzarella, dan sedikit daging.  Variasi lain dari Neapolitan Pizza adalah Pizza Margherita dan Pizza Maarinara. Selain itu, ukuran pizza ini juga lebih kecil daripada pizza normal berukuran 14 inch karena ukurannya hanya 12 inch.

 

2. Xiao Long Bao

20 Makanan Terenak yang Wajib Kamu Coba Sebelum Meninggal 2

Dari negara Cina yang sangat sulit, sebenarnya sulit sekali jika harus menyebutkan makanan yang paling enak untuk dicoba dari negara ini. Salah satu makanan yang wajib Kamu coba di Cina adalah Xiao Long Bao. Makanan ini sebenarnya berasal dari Shanghai yaitu di Nanxiang. Ini adalah dumpling atau pangsit yang di dalamnya terdapat isian berupa daging dan sedikit kuah sup sehingga dapat memberikan pengalaman kuliner yang mengesankan.

 

3. Kari Massaman

20 Makanan Terenak yang Wajib Kamu Coba Sebelum Meninggal 3

Makanan khas Thailand yang satu ini disebut-sebut sebagai rajanya kari atau kari dengan rasa terlezat di dunia. Masakan ini memiliki kuah dengan rasa pedas, gurih, dan manis dari paduan santan kelapa. Bahkan setiap bumbu kemasan kari masaman yang tersedia di supermarket pun memungkinkan kalian membuat masakan ala restoran terkenal. Kari Massaman saat ini telah dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia versi CNN. Masakan dengan bahan utama daging sapi ini kadang juga disajikan dengan tahu, daging bebek, atau ayam.

 

4. Bebek Peking

20 Makanan Terenak yang Wajib Kamu Coba Sebelum Meninggal 4

Bebek peking merupakan lambang kuliner Cina yang sangat konservatif. Kuliner ini tidak mengkompromikan adanya perubahan. Rahasia kelezatan dari hidangan ini adalah lapisan sirup maltose yang menyelimuti kulit bebek tersebut. Bebek ini dimasak di dalam oven sehingga kulitnya terasa begitu renyah dan gurih. Citarasa bebek peking ini sebenarnya hampir sama seperti bebek panggang tetapi cara memasaknya tidak sama dengan bebek panggang. Bebek ini memiliki daging yang lembut, kulit garing dan tipis kemudian disajikan dengan mentimun, bawang segar, saus kacang manis, dan pancake tipis sebagai bungkusnya. Bebek peking disebut sebagai olahan bebek terlezat yang pernah ada.

 

5. Hamburger

20 Makanan Terenak yang Wajib Kamu Coba Sebelum Meninggal 5

Ini mungkin salah satu makanan terlezat yang pernah Kamu coba atau bahkan sering memakannya. Perpaduan roti, daging, dan sayuran memang memberikan citarasa yang lezat. Saat ini sudah ada banyak varian burger dengan berbagai isi misalnya dikombinasikan dengan keju, telur, dan isian lainnya. Hamburger asli berasal Jerman. Namun saat ini sudah banyak restoran yang menyediakan burger dengan citarasa lezat.

 

6. Laksa Asam Penang

20 Makanan Terenak yang Wajib Kamu Coba Sebelum Meninggal 6

Laksa merupakan makanan jenis mie yang dimasak dengan bumbu dari kebudayaan peranakan dipadukan dengan elemen Melayu dan Tionghoa. Dari sekian jenis laksa yang ada, yang paling terkenal adalah laksa asam penang dengan mie yang sedikit tebal dan berwarna bulat putih. Laksa tersebut terasa gurih dengan kaldu dan ikan makarel, asam, cabai, daun mint, bawang, serai, dan nanas.

 

7. Tom Yam

20 Makanan Terenak yang Wajib Kamu Coba Sebelum Meninggal 7

Selain kari massaman, makanan dari Thailand yang satu ini juga disebut-sebut sebagai salah satu makanan terlezat di dunia. Makanan berkuah ini disajikan dengan jamur, udang, tomat, serai, dan daun jeruk purut. Tom yam tersebut kadang ditambahkan dengan santan dan krim. Perpaduan ini memberikan ciri khas kuliner Thailand yang pedas, asin, manis, dan gurih. Selain itu, kuliner ini juga terjangkau.

 

8. Rendang

20 Makanan Terenak yang Wajib Kamu Coba Sebelum Meninggal 8

Rendang merupakan makanan khas Padang berupa daging sapi yang dimasak perlahan dengan santan dan bumbu kunyit, bawang putih, jahe, cabai, serta aneka rempah lainnya kemudian dibiarkan direbus selama beberapa jam. Banyak yang menganggap bahwa rendang akan terasa lebih lezat jika didiamkan semalaman agar bumbunya lebih meresap secara sempurna. Rendang biasa disajikan bersama nasi.

 

9. Ayam Piri-Piri

20 Makanan Terenak yang Wajib Kamu Coba Sebelum Meninggal 9

Piri Piri Chicken atau Ayam Piri Piri adalah makanan tradisional khas dari Mozambik. Makanan ini merupakan perpaduan kuliner Arab, Portugis, dan oriental. Ayam tersebut dapat diisi dengan santan kelapa yang gurih, kacang tanah, dan kacang mete. Piri Piri Chicken pada umumnya memiliki cita rasa seperti ayam panggang dan dihidangkan bersama dengan matapa yaitu daun singkong yang dimasak bersama saus kacang ala Mozambik.

 

10. Pastel de Nata

20 Makanan Terenak yang Wajib Kamu Coba Sebelum Meninggal 10

Kudapan manis ini berasal dari Portugal. Pastel dapat diartikan sebagai pastry, de berarti dari, dan nata berarti krim. Jadi kudapan ini artinya kurang lebih adalah pastry yang diberi isian krim di atasnya atau di dalamnya. Menurut sejarah makanan ini sebenarnya dibuat dari produk sampingan laundry. Jadi, para biarawati dan biarawan di Portugis dulu menggunakan putih telur untuk pakaian mereka sedangkan kuning telur yang tidak digunakan dimanfaatkan untuk membuat pastry. Hasilnya, jadilah kudapan manis yang lezat ini.

 

11. Lasagna

20 Makanan Terenak yang Wajib Kamu Coba Sebelum Meninggal 11

Lasagna merupakan kuliner lezat dari Italia yang berupa pasta yang dipanggang di dalam oven. Lasagna dapat diisi dengan berbagai isian seperti daging, ayam, sayuran, makanan laut, dan lainnya sesuai selera. Karena kelezatannya, ini menjadi salah satu hidangan Italia yang populer di seluruh dunia.

Walaupun pasta yang digunakan untuk lasagna sering dianggap tidak termasuk pasta, tetapi lasagna adalah jenis pasta tertua yang sudah ada sejak jaman romawi kuno. Lasagna dari Naples sama seperti tempat pertama kali ditemukannya pizza. Sekedar informasi, lasagna adalah kata ganti majemuk lasagne yaitu satu lembar lapisan pasta. Adonan lasagna tradisional yang ada di wilayah selatan Italia memakai gandum semolina dicampur air. Sementara itu di bagian utara Italia menggunakan tepung terigu dan telur.

 

12. Fajitas

20 Makanan Terenak yang Wajib Kamu Coba Sebelum Meninggal 12

Ini adalah kuliner lezat dari Meksiko berupa daging panggang yang sering disajikan sebagai taco untuk tortilla dari bahan jagung atau tepung. Istilah Fajitas awalnya mengacu pada steak daging sapi yang sering disajikan di piring. Daging yang digunakan adalah dada sapi atau daging ayam, udang, dan babi. Dalam penyajian di restoran, steak tersebut sering dimasak dengan paprika, bawang, daun selada, salsa pico de gallo, krim asam, keju, tomat, dan guacamole. Varian hidangan ini di utara Meksiko dikenal dengan sebutan Arrachera. Fajitas secara etimologi merupakan potongan daging sapi atau ayam yang dibentuk seperti strip. Istilah Fajitas sendiri berasal dari bahasa Spanyol dari kata Faja yang berarti strip.

 

13. Pho Vietnam

20 Makanan Terenak yang Wajib Kamu Coba Sebelum Meninggal 13

Pho merupakan sup mie ala Vietnam. Makanan ini dapat dijumpai hampir di berbagai penjuru Vietnam seperti Ho Chi Minh, Hanoi, hingga ke desa – desa. Berdasarkan sejarah yang ada, sajian ini dipengaruhi oleh penjajahan Wanton (China) dan Perancis. Bahan baku Pho awalnya adalah sapi dari peternakan milik orang Perancis yang ada Vietnam.

Pho memiliki kuah kental dengan kaldu daging sapi. Aroma masakan ini sangat menggugah selera dan membuat siapapun tidak sabar untuk menyantapnya. Sementara itu mie yang digunakan terbuat dari rice noodle atau tepung beras. Kedai yang menyediakan pho biasanya membuat mie sendiri dengan racikan rahasia. Sayuran yang dicampurkan ke dalam Pho juga membuat citarasanya lebih segar.

Sayuran yang wajib digunakan sebagai pelengkap Pho adalah thai basil, jeruk nipis, tauge besar, dan cabai rawit serta cabai merah besar potong. Dagingnya dapat menggunakan irisan daging sapi atau daging ayam. Saat ini beberapa restoran menyajikan Pho dengan cakwe goreng dan telur setengah matang.

 

14. Chilli Crab Singapore

20 Makanan Terenak yang Wajib Kamu Coba Sebelum Meninggal 14

Buat Kamu yang ke SIngapura, jangan sampai melewatkan kuliner yang satu ini, khususnya bagi penggemar seafood. Chili Crab Singapore atau kepiting cabe memiliki citarasa gurih pedas yang sangat nikmat. Chili crab sendiri saat ini telah hadir dalam berbagai varian seperti tambahan lada hitam, telur, keju, dan lainnya. Dalam proses memasaknya, kepiting ini juga diberi tambahan saus cabai dan tomat.

 

15. Masala Dosa

20 Makanan Terenak yang Wajib Kamu Coba Sebelum Meninggal 15

Namanya mungkin terdengar aneh. Namun ini merupakan salah satu makanan khas India yang memiliki citarasa sangat lezat.  Jangan khawatir, Kamu tidak akan berdosa jika memakan makanan yang satu ini. Masalla Dosa merupakan camilan yang kering dan krispi seperti crepes. Bahan utama Dosa adalah beras dan rempah – rempah. Dosa juga menjadi makanan pokok di India bagian selatan.

Lapisan tipis adonan dituangkan ke atas wajan panas yang telah diberi mentega atau minyak. Dosa biasanya diisi dengan tambahan daging, sayuran, dan saus. Isian Dosa di antaranya adalah kari daging, kari ayam, kari ikan, acar India, atau yoghurt dengan aneka buah. Tetapi ciri khas utama Masala Dosa adalah berisi kentang dengan bumbu bawang goreng serta aneka rempah sehingga memberikan citarasa yang sangat lezat.

 

16. Poutine

20 Makanan Terenak yang Wajib Kamu Coba Sebelum Meninggal 16

Makanan lezat yang satu ini berasal dari Kanada. Makanan ini berupa kentang goreng yang dipadukan dengan potongan keju kemudian disiram dengan saus kental manis warna coklat. Tentu saja makanan ini akan terasa sangat nikmat bila disantap selagi hangat. Karena saus tersebut panas, keju pun akan sedikit meleleh.

Poutine awalnya berasal dari Quebec. Tetapi karena rasanya yang lezat, akhirnya hidangan ini menjadi populer di seluruh Kanada. Poutine banyak dijual di berbagai restoran di Kanada, termasuk Toronto. Di sana, hampir semua restoran dan café menyediakan hidangan ini sebagai menu tambahan. Seiring perkembangan zaman, makanan ini tidak hanya berupa kentang goreng dengan keju tetapi juga telah hadir dalam berbagai varian topping seperti daging sapi, jamur, daging ayam, dan daging babi.

 

17. Paella

20 Makanan Terenak yang Wajib Kamu Coba Sebelum Meninggal 17

Paella merupakan salah satu kuliner lezat yang berasal dari Spanyol. Karena kelezatannya, tidak heran jika makanan ini telah mendunia. Paella sebenarnya muncul dari pelayan raja kaum Moor yang membuat olahan nasi dengan campuran sisa-sisa makanan kerajaan. Paella modern mulai dibuat pada sekitar abad ke-19 di Abufera, Valencia. Saat itu, para buruh sering membuat olahan nasi untuk makan siang di ladang. Nasi tersebut dicampur dengan aneka bahan yang ada.

Paella dibuat di atas wajan datar bernama patella. Seiring waktu, paella semakin banyak variasinya seperti paella de marisco, paella valenciana, paella vegetarian, dan paella mixta. Yang membedakan paella tersebut adalah bahan yang digunakan. Paella original adalah paella valenciana yang terdiri dari nasi, sayuran hijau, kacang-kacangan dan daging (bebek, kelinci, siput darat, ayam).

Sementara itu paella de marisco adalah paella seafood berupa nasi putih yang dicampur dengan aneka seafood. Sementara itu paella mixta merupakan paella dari campuran seafood dan daging. Paella vegetarian merupakan paella yang berisi nasi, jamur, sayuran, dan kacang-kacangan. Pada proses pembuatannya, paella menggunakan bumbu khas berupa saffron, tomat, minyak zaitun, bawang putih, paprika, dan bawang bombay.

 

18. Goi Cuon

20 Makanan Terenak yang Wajib Kamu Coba Sebelum Meninggal 18

Masyarakat Indonesia biasanya menyebut makanan ini dengan nama lumpia Vietnam. Selain itu, makanan ini juga memiliki nama lain summer roll Vietnam. Goi Cuon asli menggunakan isian daging babi, udang, aneka herba, bihun, dan aneka bahan lainnya yang dibungkus dengan kertas nasi. Biasanya lumpia ini dimakan dengan cara dicelupkan dengan saus manis Vietnam dengan kacang tanah atau saus kecap ikan. Kertas nasi yang digunakan untuk membungkus lumpia ini dinamai dengan banh trang berupa kulit tipis warna putih transparan dari tepung beras.

Goi cuon adalah spring roll yang segar. Cara pembuatan goi cuon sebenarnya berbeda-beda dari setiap wilayah. Ada yang hanya mengisinya dengan sayuran dan ada juga yang menambahkan daging. Herba segar yang digunakan antara lain adalah daun ketumbar, basil, wortel, selada, dan mentimun.

 

19. Shish Kebab

20 Makanan Terenak yang Wajib Kamu Coba Sebelum Meninggal 19

Di Turki terdapat hidangan sate yang sangat lezat yaitu Shish Kebab. Ini adalah potongan daging dan sayuran yang ditusuk kemudian dibakar. Awalnya, jenis daging yang digunakan hanya daging domba. Tetapi saat ini pilihannya sudah semakin beragam termasuk ayam, ikan, dan sapi. Sementara itu sayuran yang digunakan adalah jamur dan paprika hijau.

Dalam bahasa Turki, Shish berarti tusuk sedangkan kebab adalah daging panggang. Maka shish kebab dapat diartikan sebagai hidangan daging panggang yang ditusuk. Shish kebab saat ini telah hadir dalam berbagai macam varian misalnya domba panggang, daging dimasak setengah matang dulu dengan susu sebelum dipanggang, dan ada juga tusukan daging bakar yang dibungkus roti.

 

20. Ramen

20 Makanan Terenak yang Wajib Kamu Coba Sebelum Meninggal 20

Ramen merupakan mie kuah khas Jepang yang sebenarnya diadaptasi dari Cina. Ciri khas ramen adalah menggunakan mie tipis berwarna kuning. Ramen memiliki citarasa yang khas dibandingkan mie rebus lainnya. Biasanya mie ramen merupakan mie buatan sendiri kemudian dicelupkan di dalam kaldu ayam atau daging sapi.

Ramen juga menggunakan bumbu yang khas yaitu bubuk cabe Jepang atau togarashi, yuzukusho (cabe yang telah diasinkan, lada sansho, minyak bawang putih, dan bahan lainnya. Dalam penyajiannya, di atas ramen kadang juga ditambahkan bawang goreng, nori, daging, irisan daun bawang, telur rebus, dan tambahan lainnya untuk lauk

Demikian 20 makanan terlezat di dunia yang harus dicoba oleh siapapun. Sebenarnya kelezatan makanan bersifat relatif karena setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda. Namun, 20 makanan di atas telah mendapatkan predikat lezat dari orang – orang yang pernah mencobanya. Bagaimana, Kamu berniat mencoba semuanya?

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Yohana