2,43 Seiin Koukou Danshi Volley-bu dibandingkan dengan Haikyuu!!


2,43 Seiin Koukou Danshi Volley-bu dibandingkan dengan Haikyuu!! 1

Baiklah para wibu sekalian, kalian para penggemar Haikyuu!! dan anime bergenre sport pasti menonton anime yang satu ini. Selain karena anime ini bergenre sport, alasan para penggemar Haikyuu!! menonton anime yang satu ini adalah karena pemeran utama Seiin Koukou mirip dengan Tsukishima Kei dari Haikyuu!!.

Haijima Kimichika, Mirip Tsuki kan?
Haijima Kimichika, Mirip Tsuki kan?

Sinopsis

2.43 Seiin Koukou Dansei Volley-bu menceritakan tentang Haijima yang pindah kembali ke Fukui, kampung halamannya, setelah beberapa tahun tinggal di Tokyo. Alasan Haijima pindah kembali ke Fukui adalah karena tragedi di club voli nya, dimana seorang anggota club melakukan bunuh diri, meskipun gagal.

Haijima berniat melanjutkan club voli di sekolah barunya di Fukui. Namun mereka kalah karena pemeran utama kedua, Kuroba Yuni, sang ace dari club voli mereka tidak hadir di pertandingan, lantaran Kuroba merasa bahwa keberadaan Haijima dalam tim sudah cukup untuk membuat mereka menang, Kuroba merasa bahwa kehadiran dirinya tidak diperlukan.

Setelah masuk SMA, Haijima dan Kuroba bertemu kembali di SMA Seiin dan masuk kedalam club voli lagi. Meskipun awalnya Haijima menolak untuk masuk ke dalam club, tapi akhirnya ia masuk juga. Dan di mulailah perjalanan mereka berdua dengan tim voli SMA Seiin.

Review        

2,43 Seiin Poster
2,43 Seiin Poster

Secara keseluruhan, anime ini bukanlah anime yang buruk. Kualitas gambar yang dimiliki bagus, begitu juga soundtrack dan editing.

Meskipun begitu, anime ini tidak mampu memenuhi ekspektasi para penonton. Para penonton berekspektasi bahwa anime ini akan sebaik Haikyuu, atau bahkan lebih baik. Alasan utama kenapa anime ini tidak memenuhi ekspektasi para penonton antara lain:

1. Ternyata bukan anime sport 100%. 2.43 Seiin bergenre slice of life serta drama school, meski genre sport juga di cantumkan, namun anime ini lebih condong pada genre slice of life dan drama nya. Maka dari itu, tidak banyak adegan pertandingan dan penjelasan tentang teknik-teknik, jurus-jurus, ataupun strategi.

2. Tim lawan. Meskipun dijelaskan bahwa mereka ingin maju ke tingkat nasional, tidak ada penjelasan yang baik tentang tim terkuat dari prefektur Fukui selain tim SMA Fukuho yang sudah 3 tahun gagal maju ke tingkat nasional, padahal mereka memiliki ace terbaik di Fukui. Dan, salah satu hal yang menjadi pertanyaan terbesar adalah tim yang mengalahkan tim Fukuho selama 3 tahun berturut-turut. Tidak ada penjelasan tim tersebut.

3. Alur yang mirip Haikyuu. Cerita pembuka dari anime ini adalah Haijima yang berlaga menjadi bos di tim SMP nya dulu hingga membuat salah satu anggota tim melakukan bunuh diri yang ternyata di rencanakan oleh rekan satu tim nya. Atau dengan kata lain, dia usir secara halus oleh rekan satu timnya. Cerita ini mirip dengan kisah Kageyama, yang juga di usir dari tim SMP nya, hanya saja Kageyama diusir secara langsung dan kasar.

4. Kurangnya alasan persaingan antar tim Seiin dan tim Fukuho. Mereka hanya kebetulan ingin maju ke tingkat nasional. Tim Seiin ingin maju tingkat nasional demi kakak kelas 3 mereka, dan tim Fukuho ingin masuk nasional demi manager mereka yang sudah tidak bisa bermain voli lagi.

5. Plot armor. Yeah, siapa yang tidak suka plot armor? Tim Seiin dengan lancar maju ke tingkat nasional dan mengalahkan tim Fukuho. Meskipun dikatakan lancar, tidak ada alasan jelas kenapa tim Seiin bisa mengalahkan tim Fukuho selain karena tim Seiin punya Haijima dan Yuni, sedangkan tim Fukuho hanya punya Subaru.

Secara keseluruhan, anime ini mendapat rating 6.2 di MAL. 

Subaru dan Ochi dari tim Fukuho
Subaru dan Ochi dari tim Fukuho

Dibandingkan dengan Haikyuu!!

Membandingkan 2 anime serupa memang hal yang biasa bagi para pecinta anime. Dan dua anime ini pun tidak lepas dari kebiasaan tersebut.

Hal-hal yang dibandingkan para penonton anime antara lain adalah:

1. Kemiripan tokoh Haijima dengan Tsukishima. 

2. Alur. Anime 2,43 Seiin lancar hingga mereka sampai ke tingkat nasional SMA. Adegan-adegan yang seharusnya bisa membuat para penonton geregetan pun tidak terlalu banyak sehingga terkesan datar. Sedangkan Haikyuu memiliki alur cerita yang membuat para penonton ketagihan untuk menonton berulang kali. Meskipun dikatakan bergenre SOL dan drama school, anime ini masih kurang dalam membawakan kedua genre tersebut karena masih kurang dramatis.

3. Penjelasan tentang voli. Penjelasan dari anime Haikyuu tentang posisi para pemain, teknik bermain, strategi bermain di jelaskan secara rinci di anime Haikyuu. Sedangkan di anime Seiin, yang di bahas lebih sering hanya tinggi net.

4. Net. Bukan tinggi net seperti yang selalu di bicarakan oleh para tokoh anime 2,43 Seiin, tapi net yang tetap menutupi wajah para tokoh, tidak seperti di Haikyuu yang menghapus bagian net yang menutupi wajah para tokoh.

Meskipun membandingkan dari segi ini dan itu, kita tidak akan mencapai kesepakatan anime mana yang lebih baik karena sudah berbeda jauh dari segi genre.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Lauren

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap