3 Alasan Kalian Harus Mencoba Linux

3 Alasan Kalian Harus Mencoba Linux 1

Ketika kita pertama kali memiliki perangkat komputer ataupun laptop, kita pasti sejak dulu sudah disuguhkan dan disarankan untuk menggunakan sistem operasi Windows, dan bahkan seakan-akan kita sebagai pengguna perangkat tersebut tidak bisa jauh dari yang namanya Windows, apalagi faktanya Windows memang menyuguhkan penggunanya dengan fitur yang sangat simpel bahkan bisa dipakai untuk orang awam sekalipun, dan juga didukung dengan banyaknya software-software untuk kebutuhan sehari-hari. Dan hal inilah yang membuat pengguna Windows semakin banyak di Indonesia sendiri.

Namun ternyata ada juga loh salah satu sistem operasi komputer yang cukup mumpuni untuk menyaingi Windows, dan bahkan sistem operasi ini juga cukup banyak mendukung software-software, dan sistem operasi itu sendiri bernama Linux.

Aku akan memberikan beberapa alasan mengapa sebaiknya kalian harus mencoba Linux di perangkat kalian.

1. Nggak ada biaya yang keluar 

Kita semua harus sepakat bahwa pasalnya harga sistem operasi Windows 10 itu sangat mahal, dan bahkan untuk harga 1 lisensi Windows 10 home original saja bisa mencapai ratusan ribu dan untuk yang versi profesional nya kita akan dibebankan dengan biaya jutaan. Hal ini tentu saja sangat mahal, apalagi jika seandainya uang kalian memang sudah habis untuk membeli perangkat komputer atau laptop.

Meskipun sebenarnya ada alternatif nya yang dimana biasanya beberapa vendor laptop sudah menginclude kan lisensi Windows original, tetapi sayangnya tidak semua orang cocok dengan vendor tersebut dan rela membeli vendor laptop tersebut hanya demi lisensi Windows original.

Oleh karena itu disini Linux bisa memberikan solusi untuk kalian, Linux sendiri memiliki lisensi yang namanya “Open Source” yang berarti semua orang bebas memakai Linux sesuka hati mereka dan bisa diinstall di banyak perangkat sekalipun, dan juga pengguna Linux juga dibebaskan untuk memodifikasi sistem operasi mereka jika seandainya Linux yang dipakai kurang begitu cocok.

2. Jarang adanya kasus virus yang masuk ke Linux

Banyak yang berpendapat di forum, website ternama, atau beberapa Youtuber teknologi yang mengatakan bahwa Linux adalah sistem operasi yang aman dan bebas dari ancaman virus komputer, dan tentunya pertanyaan ini salah besar!

Linux sendiri nyatanya memang bisa kena virus, dan bahkan juga ada beberapa media yang memberitakan bahwa ada beberapa pengguna PC, pebisnis yang menggunakan Linux sebagai kebutuhan mereka nyatanya bisa juga terkena virus.

Tetapi memang virus di Linux sendiri bisa dibilang cukup sedikit dan bahkan kasus-kasus diatas memanglah sangat langka, lain halnya dengan sistem operasi Windows yang memang sejak dulu sudah banyak kasus tentang terjangkitnya virus di sistem operasi ini. 

Sebenarnya ada 2 cara untuk mencegah agar virus ini tidak masuk ke sistem operasi kalian yaitu dengan cara jangan pernah mendownload atau menginstall software dari website-website ilegal alias bajakan, karena tentunya software bajakan didalamnya sudah dijangkiti virus agar software yang seharusnya berbayar menjadi gratis, namun hal ini juga tentunya akan menjadi bumerang untuk komputer kalian, yang seharusnya virus tersebut hanya untuk software berbayar tersebut namun justru malah menginveksi sistem operasi kamu atau parahnya lagi mengunci komputer kamu agar kamu tidak dapat akses untuk membuka semua file kamu.

cara yang kedua adalah dengan cara hanya mendownload dan menginstall software dari website resmi atau Store bawaan yang menyediakan berbagai software di sistem operasi kamu, setidaknya cara ini bisa mencegah komputer kamu terjangkit virus yang berbahaya.

3. Banyaknya pilihan distro

Banyak juga pengguna Linux yang senang menggunakan Linux dikarenakan banyaknya pengembang yang membuat distro Linux mereka masing-masing seperti Linux Mint, Zorin OS, Ubuntu, Garuda OS, dan masih banyak lagi.

Dan juga disuguhkan dengan berbagai fitur-fitur yang mereka tawarkan masing-masing, seperti menawarkan Desktop Enviroment Gnome, XFCE, Mate, KDE, dan seterusnya.

Meskipun sebenarnya menurut aku pribadi hal ini malah membuat pengguna semakin pusing, dikarenakan banyaknya distro Linux yang beredar di internet, tetapi mungkin ini menjadi suatu hal yang sangat baik jika personal kalian memang menginginkan untuk mendesain layar desktop kalian menjadi lebih baik lagi dan selalu tidak membosankan. 

Itulah dia beberapa alasan dari aku pribadi, mengapa sebaiknya kalian menggunakan Linux untuk komputer/laptop pribadi kalian. Tetapi saran dari aku sebaiknya jika ingin mencoba Linux maka jangan lupa membackup data-data yang menurut kamu sangat penting di perangkat kalian, atau kalian juga bisa mencoba menggunakan Virtual Emulator jika seandainya spesifikasi perangkat kalian cukup mumpuni untuk menjalankan emulator tersebut. 

Terima kasih sudah membaca artikel ini dan sampai jumpa.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Giery

   

Halo, nama aku Giery, Aku akan membagikan semua pikiran aku melalui tulisan yang aku buat dan semoga bisa menghibur para pembaca