3 Alasan Mengapa UI/UX Designer Sangat Dibutuhkan!

3 Alasan Mengapa UI/UX Designer Sangat Dibutuhkan!

Pada dasarnya UI dan UX digunakan dalam pengembangan website dan aplikasi. UI dan UX sangat dibutuhkan untuk melihat kebutuhan pengguna dengan sebuah website dan aplikasi. 

Namun tahukah Anda perbedaan UI/UX dalam sebuah pengembangan website dan aplikasi? Atau mungkin Anda ingin menjadi seorang UI/UX designer?

User Eksperience (UX) sendiri digunakan untuk mendesain produk melalui pendekatan pengguna. UX digunakan pada tahap awal pembuatan sebuah aplikasi atau website. Salah satu contoh UX adalah fitur-fitur yang digunakan oleh Gojek. Fitur-fitur yang tersedia sangat berguna bagi pengguna. Contohnya fitur goride, gofood, gocar banyak digunakan saat ini.

User Interface (UI) merupakan bagian dari UX. UI membuat tampilan sebuah website atau aplikasi menjadi lebih indah dan mudah digunakan oleh pengguna. UI membuat pengguna dapat berinteraksi dengan produk. Beberapa komponen dalam UI yaitu komponen tombol, ikon tipografi, tema, layout dan tampilan visual lainnya.

Baca juga  7 Rahasia Membuat Viewer Betah Di Web Anda

Nah, penjelasan di atas merupakan gambaran singkat mengenai UI/UX untuk sebuah produk. Saat ini banyak sekali perusahaan yang membutuhkan seorang UI/UX bagi produknya.

Digitalisasi membuat peranan seorang UI/UX designer sangat penting dalam sebuah pengembangan produk perusahaan ataupun usaha mikro. Seorang UI/UX juga perlu mengetahui apa yang menjadi kebutuhan pasar yang akan disesuikan dengan produk dari sebuah perusahan ataupun usaha mikro.

Berikut ini tiga alasan yang kamu harus tahu, mengapa UI/UX designer sangat dibuthkan dalam pengembangan produk :

Baca juga  5 Situs Baca Al-Quran Daring Tanpa Perlu Aplikasi

Pertama, UI dan UX sangat penting untuk digunakan karena untuk menghasilkan produk yang dibutuhkan pengguna. UX menggunakan metode riset agar menghasilkan produk sesuai dengan kebutuhan pengguna.  Menurut riset ESPN berhasil meningkatkan 35% pendapatan website dengan menggunakan pendekatan UX.

Kedua, UI dan UX berguna untuk meningkatkan kepuasan pengguna. Skill yang harus dimiliki seorang desainer UI adalah desain untuk membuat suatu tampilan produk lebih menarik. Tidak hanya menarik, tampilan yang rapi dan sesuai fungsinya lebih disukai pengguna. Riset dari Dot Com Infoway (DCI)[1] menyebutkan bahwa 62% pengguna meng-uninstall aplikasi di ponsel pengguna karena tampilan berantakan.

Baca juga  Menarik, Dapat Pemasukan Tambahan Dengan Testing Website

Ketiga, UI dan UX mampu meningkatkan penjualan dan bisnis. Menurut Forrester Research[2] membuktikan bahwa desain UI dan UX dapat meningkatkan conversion rate sebuah website hingga 200%. UI dan UX yang baik akan membuat pengguna tertarik dengan tampilan awal dan memudahkan pengguna untuk melakukan conversion dan pembelian.

Demikian Penjelasan mengenai UI dan UX. UI dan UX merupakan komponen penting dalam sebuah pengembangan produk website atau aplikasi. Keduanya saling membutuhkan satu sama lain. Namun perbedaannya, UI digunakan untuk membuat tampilan produk lebih menarik sedangkan UX menciptakan pengalaman pengguna saat produk digunakan.

Jika kamu ingin menjadi seorang UI/UX designer perlu mengetahui dan menguasai skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang UI/UX designer. Semoga artikel ini bermanfaat!

Sumber: 

[1] https://www.dotcominfoway.com/blog/infographic-why-users-uninstall-your-app/

[2] https://www.forbes.com/sites/forbesagencycouncil/2017/03/23/the-bottom-line-why-good-ux-design-means-better-business

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Adira Adira