3 Cara Belajar Melampaui Batasan ala Asta Black Clover

3 Cara Belajar Melampaui Batasan ala Asta Black Clover

karya dari seorang komikus Yuki Tabata memiliki alur cerita yang menarik dan banyak menyiratkan nilai-nilai kehidupan yang patut dicontoh. Salah satu nilai yang sering diutarakan dalam serial ini adalah bagaimana seorang individu harus “melampaui batasan” demi mencapai sebuah tujuan hidup. Tentunya nilai tersebut harus dimiliki bagi setiap orang, karena bila tidak seorang individu tidak akan bisa maju nantinya.

Dikisahkan terdapat dua seorang anak bernama dan Yuno yang dibesarkan di panti asuhan bercita-cita bahwa mereka ingin menjadi kaisar , namun nyatanya dan Yuno memiliki bakat yang berolak belakang. sendiri merupakan orang yang tidak memiliki bakat , sementara Yuno merupakan orang yang diberkahi oleh kekuatan . Demi menggapai tujuanya tentunya harus berjuang keras demi menjadi seorang kaisar . Salah satu mentor sekaligus kapten squad Banteng Hitam Yami Sukehiro adalah tokoh yang kerap kali menyuarakan untuk melampaui Batasan.

1. Merubah Konsep Mindset

3 Cara Belajar Melampaui Batasan ala Asta Black Clover

Mindset adalah sebuah konsep yang mempengaruhi cara pandang kita terhadap suatu hal. Merubah konsep mindset merupakan langkah yang amat penting karena memiliki pengaruh besar dalam tindakan kita. Dalam teori psikologi terdapat dua mindset berdasarkan pandangan terhadap kemampuan seseorang, yaitu fixed mindset dan growth mindset. Pertama fixed mindset adalah sebuah konsep percaya bahwa kemampuan terlahir dari bakat atau sesuatu yang menetap dalam diri kita sejak awal dan tidak dapat berubah. Kedua growth mindset adalah kebalikannya yaitu konsep yang mempercayai bahwa kemampuan dapat terus bertumbuh dan berkembang jika kita terus melatihnya.

Baca juga  Daftar Anggota Tim 7 Terhebat di Anime Naruto

Dalam melampaui batasan peting untuk merubah fixed mindset menjadi growth mindset merupakan hal yang paling penting. Sebagian dari diri kita percaya bahwa bakat memang benar adanya, namun bila bakat dimiliki tanpa usaha hasilnya akan sama saja. Bila ingin melampaui batasan salah satu kuncinya adalah tanamkan di pikiran kita bahwa kita suatu saat akan berhasil.

Mengambil contoh pada tokoh bahwa ia tak memiliki bakat sama sekali  dibidang (tidak memiliki ) dibandingkan dengan rivalnya yaitu Yuno yang diberkahi oleh , akan tetapi tidak patah semangat dan terus menanamkan pemikiranya growth mindset bahwa ia suatu saat akan menjadi kaisar .

Baca juga  8 Musuh Utama Terkuat yang Pernah Dihadapi Naruto

2. Menerima Kritik dan Kegagalan Secara Terbuka

3 Cara Belajar Melampaui Batasan ala Asta Black Clover

Setelah merubah pemikiran mindset kita, langkah selanjutnya adalah mewujudkan dengan tindakan, namun terkadang kita pasti pernah diselimuti oleh kegagalan. Dengan growth mindset, kita percaya bahwa dengan kerja keras dan metode berlatih yang baik kita dapat mencapai suatu keahlian, Oleh karena itu kegagalan adalah kesempatan untuk mengetahui hal-hal yang dapat dikembangkan dari diri kita. Sama halnya dengan memandang sebuah kritikan, jika ingin melampaui batasan jadikanlah sebuah kritikan sebagai umpan balik yang positif yang nantinya akan berguna sebagai kekuatan di kemudian hari.

Pada acara upacara penerimaan Grimoire sempat patah semangat karena tidak mendapatkan Grimoire dan dicap pecundang oleh sebagian orang. Berkat kritikan dan semangat dari rivalnya Yuno nyatanya membalikan kepercayaan diri dan pada akhirnya ia bisa mendapatkan Grimoire dengan cara yang tidak biasa. Sebagai orang yang tidak memiliki bakat , nyatanya tidak membuat asta patah semangat. Ia bahkan terus berlatih untuk meningkatkan kekuatan fisiknya yang nantinya amat berguna di pertarungan.

3. Belajar dari Pengalaman Orang Lain

3 Cara Belajar Melampaui Batasan ala Asta Black Clover

Belajar bisa dilakukan dari mana saja, termasuk dari pengalaman orang lain, oleh karena itu penting itu mengesampingkan gengsi untuk bertanya dengan orang-orang sekitar kita yang dapat dijadikan contoh. Kita dapat belajar dari kegagalan dan keberhasilan orang lain dalam suatu hal sehingga kita dapat lebih baik dalam menghadapi hal tersebut. Tak hanya itu, pembelajaran ini dapat membuat kita menjadi lebih percaya diri untuk mencoba hal baru dan melampaui batasan dari dalam diri kita.

Baca juga  6 Fakta Menarik Bam, Karakter Utama Anime Tower of God

Sama pada kasus Asta bahwa ia selalu belajar dari orang-orang disekitarnya, terutama dengan kapten squadnya yaitu Yami. Kapten Yami merupakan orang yang sering menyuarakan Asta bahwa ia harus melampaui batasan dirinya agar bisa mencapai tujuannya, berkat dari kemauan dari dalam diri Asta jugalah yang membuat dirinya menjadi lebih kuat.

Nah, itulah berbagai cara untuk melampaui batasan ala tokoh Asta . Satu hal penting yang harus diketahui bahwa melampaui batasan merupakan hal instan. Melampaui batasan harus dilakukan dengan cara kerja keras dan terus semangat dalam mengahadapi segala rintangan.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

R.Dewanto

   

"I may be spent too much of my life just remembering" - Nomadland