3 Cara Memotivasi Diri Sendiri Pas Lagi Down!

3 Cara Memotivasi Diri Sendiri Pas Lagi Down!

Elu pada pasti sering kan tiba-tiba ngerasa down sendiri gitu. Entah karena gagal dalam suatu kegiatan yang lagi elu lakuin atau karena satu kondisi yang nggak sesuai ekspektasi elu. Pernah kan pasti? Terus gimana caranya biar nggak down terus? Mungkin banyak dari kalian yang nyari temen buat cerita dan curhat biar plong. It’s okay. That’s a good way. Tapi gimana kalau nggak ada temen yang bisa? Masak down terus? Tenang, nih, ogut kasih caranya sendiri pas lagi down!

Kasih Diri Lu Penghargaan Atas yang Elu Capai

Hal pertama yang harus elu lakuin adalah ngasih diri lu sendiri penghargaan atas apapun yang berhasil elu capai. Nggak mencapai apapun? Kata siapa? Seenggaknya elu udah ngelakuin kegiatan itu. Apapun itu. Meski hasilnya nggak sesuai, tapi kasih penghargaan ke diri lo sendiri. Artinya, elu itu sejatinya nggak pernah gagal. Cuma elu kurang menghargai apa yang udah elu capai. Sekecil apapun itu tetep sebuah capaian lho! Jangan salah! Hargai diri lu sendiri ya!

Baca juga  Yuk.. Motivasi Diri Anda, Lanjutkan Hidup Berkualitas !

Baca Orang Lain

Ketika elu baca orang lain, tujuannya bukan buat memuji perjalanan dia atau mencari permaafan. Tapi ketika elu baca cerita orang lain, elu jadi tahu kalau dia itu juga gagal. Tapi dia nggak pernah mau kalah sama kegagalannya sendiri. Nah, elu juga harus begitu. Tanamkan ke diri lu ketika baca orang lain kalau elu emang harus gagal sekarang. Jadi it’s okay to be failed. Yang penting elu nggak berhenti. Itu kenapa orang penting dibaca. Dengan cara yang bener tentunya. Kalau caranya salah ya… penerimaannya juga salah.

Baca juga  Bisakah Menemukan Ikigai Di Tengah Keambyaran Hidup?

Pertebal Tujuan Lu!

Kalau lu gagal, terus down, mungkin persoalannya ada pada tujuan lu yang nanggung. Ketika elu down, cek apakah tujuan lu setengah-setengah nggak? Kalau setengah-setengah, elu harus pertebal tujuan lu. Entah jadi lebih spesifik atau lebih gede. Tapi kalau saran ogut sih bikin lebih spesifik aja. Misalnya, tujuannya bukan cuma “Berhasil di presentasi kerjaan”, tapi jadi lebih detail kayak “Berhasil di presentasi kerjaan yang bakal gua lakuin besok, tanggal 5 April 2020 dengan tepuk tangan si bos, dan ucapan selamat dari si bos” atau yang lain lah. Semakin jelas tujuan lu, maka semakin jelas apa yang harus elu lakuin.

Baca juga  Yuk.. Motivasi Diri Anda, Lanjutkan Hidup Berkualitas !

Itu lah seenggaknya tiga hal yang bisa memotivasi diri lu sendiri pas lagi down. Jadi, kuncinya itu ada pada diri elu sendiri. Kalau elu gagal, tanyain, gagal kenapa? Tanya terus kenapa dan berusaha berdamai sama diri lu sendiri. Kalau itu karena diri lu sendiri ya terima. Maafkan diri lu sendiri dan lanjutkan perjuangan. Gitu kan!?

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

PukulTiga

   

Penulis yang kadang ngehek. Namanya juga manusia. Ogut yang penting woles dan memberi informasi yang bermanfaat.