3 Cara Meningkatkan Herd Imanitas

3 Cara Meningkatkan Herd Imanitas 1

Judul di atas bukan typo ataupun salah ketik. Memang benar, semenjak pandemi merebak dipenjuru negeri banyak sekali pakar-pakar yang membahas tentang imunitas tubuh manusia. Sampai banyak sekali tips yang bertebaran di internet untuk menjaga imunitas agar tetap sehat dan terhindar dari virus tersebut.

Entah dengan berolahraga, makan dan tidur yang cukup, serta menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Tapi lebih daripada itu, ada yang tidak kalah penting bagi kita seorang muslim. Yakni menjaga herd imanitas. Lalu bagaimana cara menjaga herd imanitas terutama bagi seorang muslim? Ada 3 cara meningkatkan herd imanitas yang saya kutip dari kajian  dr. Zaidul Akbar, yaitu:

1. Berprasangka Baik

Sudah 1 tahun lebih pandemi melanda negeri ini dan sudah banyak sekali orang-orang yang mengeluhkan banyak hal sebab memang hidup terasa lebih sulit dari hari-hari sebelum pandemi. Sehingga pada permasalahan ini yang harus kita jaga adalah prasangka kita kepada Allah. Sudah seberapa kuat kita mengimani Allah, dan seberapa besar sangka baik kita kepada Allah bahwa ini semua pasti akan berakhir. Tidak usah cari pertolongan dan perlindungan kepada siapapun kepada selain Allah.

2. Memberi Makan Ruh

Terkadang kita sering merasa bangga jika sampai sekarang masih sehat dan tidak terkena virus corona karena sudah melakukan segala hal dengan membayar banyak agar tetap sehat. Padahal bukan ikhtiar kita yang membuat kita terlindungi, sebab allah ingin mengajarkan kepada kita bahwa kesehatan dan kekuatan fisik bukan sepenuhnya berasal dari apa yang kita kerjakan, tetapi itu adalah anugerah dari Allah yang diberikan. Sehingga dalam hal ini kita disarankan untuk menguatkan kembali akidah dengan memberi makan ruh pada diri kita.

Salah satu cara untuk memberi makanan ruh adalah dengan tidak memberi makan fisik (puasa), semakin banyak memberi makanan kepada ruh kita, maka akan semakin kuat raga kita.

Sehat yang sebenarnya harus diperhatikan dalam konsep islam adalah sehatnya jiwa seseorang atau ruhnya. Pedoman dalam islam berupa ikhtiar yakni melalui ikhtiar langit; bagaimana memperbanyak sedekah, memperbanyak baca al-qur’an, perbanyak berdo’a, perbanyak pertemuan dengan Allah dan dijelaskan pula bahwa waktu terbaik untuk merefresh kembali ruh adalah disetiap waktu sholat dan sholat malam.

3. Kembali Kepada Produk Alam

Jaman sekarang banyak sekali varian penyakit yang cenderung aneh-aneh, padahal pada jaman dulu tidak ditemukan varian penyakit tersebut. Agar hal tersebut tidak terjadi pada diri kita, mulailah mengonsumsi bahan makan dari alam tanpa banyak pengolahan, agar makanan tersebut baik untuk tubuh kita. Contoh: Sayuran warna-warni yang kaya akan oksidan, konsumsi dari lebah seperti (madu, propolis,  royal jelly), rimpangan (jahe, kunyit, lengkuas, sereh dll), habbatussauda, umbi-umbian, dll. Semakin banyak produk alami yang tumbuh dari tanah, dan kita konsumsi maka akan semakin sehat tubuh kita.

Oleh karena itu, jika pada diri kita atau keluarga kita mengalami masalah kesehatan, maka salah satu solusi untuk menyembuhkan penyakitnya adalah kembali kepada produk alami yang berasal dari tanah. Contoh: untuk mengencerkan darah perbanyak minum air putih, minum air kelapa, minum kunyit.

Hidup sehat itu tidak semahal yang dibayangkan orang-orang. Sebab semua bahan makanan bisa didapatkan dengan mudah dan murah, dan kita juga harus memulai kembali memberikan hak-hak pada tubuh kita untuk mendapatkan makanan yang sehat.

Itu dia 3 cara untuk mengingkatkan herd imanitas kita, jika herd imanitas kita tinggi otomatis herd imunitas kita akan mengikuti. Semoga kita senantiasa sehat dan herd imanitas kita selalu terjaga.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Nurul Hidayah