3 Ciri Hobi Yang Bermanfaat

3 Ciri Hobi Yang Bermanfaat 1

“Memang ada hobi yang bermanfaat dan tidak?”

“Bukankah semua hobi itu bermanfaat bagi si pemilik hobi?”

Mungkin itulah pertanyaan-pertanyaan yang muncul ketika membaca judul diatas.  Dan ya, tentu saja yang disebut hobi pasti bermanfaat bagi si pemilik hobi. Tapi apakah hanya karena bermanfaat bagi si pemilik hobi, lantas hobi itu otomatis  bisa dikatakan sebagai ‘hobi yang positif’? Belum tentu juga. Bermanfaat belum tentu positif. Mau tahu apa saja ciri-ciri hobi yang bermanfaat dan positif? Yuk, kita simak bersama!

1. Yang Menghasilkan Uang

3 Ciri Hobi Yang Bermanfaat 3

Memiliki hobi jangan hanya sekedar memiliki dan melakukan hobi itu berulang-ulang di waktu luang. Carilah hobi yang positif, kemudian kelola hobi itu agar lebih bermanfaat untuk tujuan jangka panjang. Tujuan jangka panjang disini maksudnya adalah sebagai pekerjaan tambahan, atau pun sebagai profesi permanen yang mampu menghasilkan uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

 Contoh sederhana, menulis. Menulis memang gampang gampang susah, tapi siapa pun bisa jadi penulis. Tak perlu sekolah  khusus, kemampuan menulis bisa dipertajam dengan seringnya latihan, dan hobi menulis ternyata bisa dijadikan sebagai ladang mata pencaharian. Kita bisa tulis apapun pengalaman hidup kita menjadi sebuah buku, yang mana buku itu bisa saja dijual dengan harga yang pantas oleh sebuah penerbit atau toko buku. Dengan begitu hobi kita benar-benar terlihat manfaatnya.

2. Yang Membuat Tetap Kreatif

3 Ciri Hobi Yang Bermanfaat 4

Ciri kedua adalah, hobi yang kita miliki itu haruslah bisa membuat kita tetap kreatif. Bagaimana caranya? Kita harus terus bergerak, mengevaluasi, bereksplorasi, dan mencoba hal-hal baru dari hobi kita tersebut. Jangan sampai hobi kita itu membuat kita stuck, jalan di tempat, dan merasa nyaman dengan apa yang sudah dihasilkan dari hobi kita itu. Contoh kecil, jika kita memiliki hobi berkebun, hobi itu akan terasa manfaatnya jika kita kreatif dengan tidak hanya menanam bunga-bunga sebagai penambah keindahan halaman, tapi kembangkan hobi itu dengan menanam tanaman obat dan sayur-sayuran yang mungkin bisa dijual ke pasar, atau untuk dikonsumsi sendiri. Dengan demikian hobi itu benar-benar menyenangkan dan tidak membosankan.

3. Yang Menjaga dari Stress

3 Ciri Hobi Yang Bermanfaat 5

Hobi yang bermanfaat dan positif itu haruslah yang bisa menjaga kita dari stress. Jangan sampai hobi kita itu hanya mendatangkan kesenangan di awal-awal saja, namun untuk selanjutnya kita dibuat stress oleh hobi kita sendiri. Oleh sebab itu, kita harus memiliki kemampuan untuk mengolah hobi dan pikiran kita sendiri, agar hobi dan pikiran tersebut dapat sejalan, tidak membuang-buang waktu kita, dan bisa menghasilkan sesuatu yang positif sesuai dengan harapan kita.

Sekelumit ulasan tentang hobi diatas semoga mampu merubah cara kita berpikir untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik dengan melakukan hal-hal kreatif dalam hobi kita.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Dewi Mariya Ulfah