3 Faktor Yang Membuat Chelsea Dapat Menjadi Juara Piala Dunia Antar Klub

3 Faktor Yang Membuat Chelsea Dapat Menjadi Juara Piala Dunia Antar Klub

Gelaran turnamen piala dunia antar klub 2021 telah resmi digulirkan FIFA mulai tanggal 3 Februari 2022 kemarin hingga 12 Februari mendatang.

Berlangsung di Uni Emirat Arab, turnamen yang mempertemukan  para klub juara dari masing masing konfederasi ini akan menentukan klub mana yang layak dinobatkan menjadi raja dunia.

Salah satu klub yang di unggulkan untuk menjadi juara pada turnamen edisi kali ini yaitu wakil eropa . Ada beberapa faktor yang dapat membuat dapat menjadi juara pada turnamen kali ini.

1. Dominasi Klub Eropa

3 Faktor Yang Membuat Chelsea Dapat Menjadi Juara Piala Dunia Antar Klub

Turnamen kali ini merupakan edisi ke 18 yang secara resmi diadakan oleh FIFA. Pada edisi edisi sebelumnya dominasi juara di dapatkan oleh klub klub yang menjadi perwakilan dari konfederasi UEFA.

Total sebanyak 13 gelar telah di dapatkan oleh wakil wakil eropa, sedangkan 4 gelar juara lainnya diperoleh klub wakil konfederasi CONMEBOL.

Baca juga  Pratama Arhan, Rory Delapnya Indonesia

Terhitung sejak tahun 2013 klub klub pemenang Liga Champions Eropa selalu berhasil menjuarai turnamen ini. bukan pertama kali mengikuti turnamen ini, mereka pernah menjadi perwakilan Eropa pada tahun 2012 silam, namun gagal menjadi juara setelah di partai final takluk dari SC Corinthias dengan skor 0-1, bukan tidak mungkin kali ini akan membayar kegagalan 10 tahun lalu.

Selain itu dari segi kompetitif dan atmosfer persaingan di liga, Eropa jelas lebih unggul dari konfederasi lainnya. Status yang merupakan klub di Liga Premier Inggris patut di perhitungkan, karena liga tersebut dapat dikatakan telah menjadi kiblat tersendiri bagi liga liga lain di dunia.

2. Agresivitas Permainan

3 Faktor Yang Membuat Chelsea Dapat Menjadi Juara Piala Dunia Antar Klub

Secara permainan dibawah asuhan Thomas Tuchel sejauh ini di Liga Premier Inggris telah mencetak 48 gol dari 24 pertandingan yang telah dilakoni.

Baca juga  Prediksi Liga Konferensi Eropa: Tottenham vs Rennes 10 Desember 2021

Jika dilihat dari gaya bermain, termasuk salah satu klu di Eropa yang seringkali melakukan teknik Gegenpressing ke daerah lawan, sehingga memaksa lawan untuk mundur digaris pertahannya sendiri.

Para gelandang mereka seperti Jorginho , Mateo Kovacic, atau Ngolo Kante memiliki peran yang krusial sebagai inisiator penyerangan dan pemutus serangan lawan.

juga memiliki beberapa penyerang sayap dengan pergerakan yang eksplosif sehingga lebih memudahkan striker utama untuk bergerak dan menciptakan peluang.

Selain itu pergerakan bek sayap mereka yang ikut membantu serangan menjadi variasi serangan saat permainan lini ddepan sedang tidak berkembang, hal ini terbukti saat pertandingan terakhir melawan Plymouth Argyle di Piala FA, Cesar Azpilicueta dan Marcos Alonso menjadi penentu kemenangan .

Baca juga  Barcelona Bidik Bek Tangguh Asal Ajax Amsterdam

3. Sosok Kepa Arrizabalaga

 
 

Keberadaan Kepa di bawah mistar Chelsea dalam menggantikan Eduardo Mendy yang sedang membela Senegal ke Piala Afrika menjadi perhatian tersendiri bagi para pendukung Chelsea.

Aksi fenomenalnya dalam membuat jebakan offside untuk Harry Kane pada leg ke 2 dan catatan dua kali clean sheet semifinal Carabao Cup menjadi salah satu penentu kelolosan Chelsea menuju partai Final. Selain itu kemampuannya dalam menghadapi penalty menjadi kunci kesuksesan bagi Kepa.

Aksinya dalam memenangkan adu penalti melawan Villareal di Piala Super Eropa dan keberhasilannya dalam membendung penalti Ryan Haedie di Piala FA kemarin menjadi kontribusi spesial bagi Kepa untuk Chelsea.

Pada turnamen piala dunia atar klub ini menggunakan sistem gugur, yang memungkinkan bagi setiap tim apabila skor imbang dalam waktu normal dan extra time harus melanjutkan ke babak adu penalti, Kepa bisa saja menjadi juru selamat bagi Chelsea jika situasi tersebut terjadi.

Itulah beberapa faktor yang dapat membuat Chelsea menjadi juara piala dunia antar klub, patut dinantikan kiprah Chelsea dalam bertanding dalam kejuaraan ini.    

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Deny Suryo