3 Hal Penting yang harus Diajarkan Pada Anak


3 Hal Penting yang harus Diajarkan Pada Anak 1

Anak merupakan generasi penerus bangsa dan negara yang harus diajarkan dan dididik hal-hal yang baik agar ketika dewasa bisa menggunakan apa yang diajarkan itu dengan baik dan benar. Oleh sebab itu, anak dalam hal ini harus diajarkan oleh orangtua sebagai sosok yang terdekat dengan anak. Sebab itu, ada beberapa hal yang harus diajarkan kepada anak-anak:

Pertama, simpati dan empati

Hal pertama ini patut jadi perhatian para orangtua, bahwasannya seorang anak harus mengerti dan memahami simpati dan empati kepada orang lain. Simpati adalah suatu proses dimana seseorang merasa tertarik terhadap pihak lain, sehingga mampu merasakan apa yang dialami.

Empati itu membutuhkan pengalaman, perasaan atau emosi bersama. Anak-anak oleh sebab itu harus diajak untuk mengembangkan simpati dan empati dan orangtua lebih mengerti untuk mengajari hal tersebut.

Jika anak-anak diajari simpati dan empati maka pada saat itu akan dibawa sampai kepada tahap dewasa dan itu sangat bermanfaat bagi masyarakat lainnya yang sedang tertimpa masalah atau musibah maupun bagi mereka yang selalu tersiksa oleh ketidakadilan dan kejahatan.

Sumber: Ilustrasi via Pixabay
Sumber: Ilustrasi via Pixabay

Kedua, menghormati orangtua

Hal kedua ini, tentu sangat penting dan dibutuhkan bagi anak-anak kita karena menghormati orangtua adalah sesuatu tindakan besar dan tindakan terpuji dan harus diajarkan bagi anak-anak kita. Menghormati orangtua berarti telah menuju pada sorga karena sorga ada di telapak kaki ibu atau orangtua kita.

Hal terpenting dalam kehidupan ini adalah menghormati orangtua karena orangtua yang telah membesarkan kita, menyekolahkan, memberi makanan, minuman dan kebutuhan sandang dan papan.

Orangtua merupakan pemberian Tuhan yang terbesar dalam hidup. Orangtua sebagai sosok yang patut dijadikan panutan dan dijadikan sebagai sosok kebanggaan dalam hidup. Semoga saja dengan menghormati orangtua maka jalan kesuksesan semakin terbuka lebar dan Tuhan juga melihat segala kebaikan yang kita berikan kepada orangtua.

Ketiga, menghormati orang lain

Hal ketiga yang penting juga adalah menghormati orang lain. Ini menjadi penting karena selain menghormati orangtua, maka menghormati orang lain sebagai salah satu yang terpenting. Meski orang lain bukanlah orangtua kita tapi mereka adalah sosok yang patut dihormati.

Ketika kita menghormati orang lain maka pada saat itu orang lain akan menghormati kita bahkan akan mendoakan kita. Sebab itu anak-anak menjadi penting untuk menghormati orang lain, atau orang yang berada di lingkungannya agar dia lahir sebagai anak yang santun dan bisa menghargai.

Tidak ada kesulitan tentunya untuk menghormati orang lain. Orangtua harus mencontohkan pada anak cara menghormati orang lain dengan tindakan nyata dan perilaku juga. Seiring dengan itu, maka anak-anak melihat secara jelas dan akan melakukannya.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Juandi M

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap