3 hal penting yang harus dihindari untuk persiapan masa pensiun tidak beresiko

3 hal penting yang harus dihindari untuk persiapan masa pensiun tidak beresiko 1

Masa pensiun adalah waktu yang tepat dimana kita bisa melakukan hal-hal ringan namun tetap memiliki pemasukan atau simpanan yang cukup untuk kelangsungan hidup. Minimal kita bisa cukup untuk menghidupi diri sendiri atau keluarga tanpa merepotkan anak cucu dimasa depan.

Tidak semua orang sadar akan pentingnya merencanakan masa persiapan pensiun. Sebagian ada yang merencanakannya saat pertama memiliki gaji dengan berinvestasi atau menabung di berbagai tempat, ada juga yang sadar di pertengahan bahkan ada pula yang lupa dan tidak terasa sudah mulai masa tua dan lupa tidak mempersiapkannya.

Coba kita rencanakan untuk sepuluh atau dua puluh tahun kedepan, sebagai awal dari persiapan masa pensiun nanti. Jika kamu termasuk orang yang ingin merencanakannya sesegera mungkin, maka mulai dari saat ini kamu harus memikirkan langkah-langkah yang tepat agar bisa memiliki simpanan atau tabungan dari gaji atau pendapatan yang selama ini kamu miliki. Ingin masa pensiun aman dan nyaman kan? Nah, kamu perlu memastikan sumber pendapatan lebih jauh untuk membuat target pensiun yang diperlukan.

Bayangkan kamu ingin menjadi apa atau mengelola apa. Ingin mempunyai bisnis yang hanya dikerjakan di rumah untuk mengisi waktu senggang? Jalan-jalan ke beberapa tempat atau keliling dunia? Atau mungkin kamu hanya ingin mengurus anak cucu mendatang namun masih memiliki simpanan uang yang cukup? Dan lain-lain yang mungkin hanya kamu saja yang tahu. Jika sudah tahu masa pensiun nanti ingin jadi apa, kamu perlu menganalisis pendapatan dan tambahan-tambahan yang dibutuhkan untuk mencapai keinginan tersebut.

Untuk dapat mencapai target masa pensiun kamu yang lebih sejahtera, ada beberapa yang harus dihindari dan memikirkannya matang-matang dari sekarang agar mengurangi resiko lebih besar dari yang kamu bayangkan. Berikut diantaranya :

1. Memiliki hutang

3 hal penting yang harus dihindari untuk persiapan masa pensiun tidak beresiko 3

Yang paling utama adalah kamu jangan sampai memiliki hutang. Karena jika masa pensiun sudah dipersiapkan dengan semaksimal mungkin namun kamu masih memiliki hutang dimana-mana, sayangnya kamu hanya menyimpan tabungan masa tua kamu untuk membayar hutang saja. Maka dari itu sebelum menabung untuk masa pensiun, lunasi dulu hutang-hutang yang kamu punya.

Jika kamu bersih dari hutang, itu berarti bagus. Kamu sudah bisa memulainya saat ini untuk masa pensiun kamu nanti.

2. Menggunakan dana pensiun untuk hal yang tidak penting

3 hal penting yang harus dihindari untuk persiapan masa pensiun tidak beresiko 4

Saat kamu sudah pensiun, perkirakan penghasilan yang akan kamu dapatkan selain dari dana pensiun atau tabungan yang dimiliki akan dipakai untuk apa saja. Usahakan dana yang sudah dipersiapkan khusus untuk masa pensiun cukup, tidak hanya menggunakannya sebagai konsumen saja dana juga bisa dijadikan modal bisnis menjanjikan atau bisa di handle dari rumah seperti membangun kos-kosan, ternak ikan lele, membangun bisnis laundry, jualan makanan online, dan lain-lain yang memungkinkan kamu mempunyai penghasilan tambahan untuk memutar dana pensiun yang dimiliki supaya tidak habis begitu saja.

3. Tidak mempertimbangkan biaya medis

3 hal penting yang harus dihindari untuk persiapan masa pensiun tidak beresiko 5

Masa tua yang nanti akan kita alami tidak ada yang tahu akan seperti apa, baik itu dari segi keuangan, kesehatan dan lain-lain. Salah satunya mengenai kesehatan, sangat penting bagi kita untuk mengatur biaya medis, karena ada kemungkinan kita memiliki beberapa gangguan yang ada didalam tubuh, walaupun kita berharap bahwa masa pensiun akan sehat-sehat saja.

Apalagi bagi kamu yang tujuan masa pensiunnya adalah ingin jalan-jalan atau berkeliling dunia, maka keamanan dan kesehatan adalah hal utama yang harus dijaga.

Masih banyak pastinya hal-hal yang perlu dihindari untuk masa pensiun yang bisa kamu persiapkan selain dari tiga poin diatas. Pada initinya yang lebih penting adalah mulai saat ini kamu bisa mulai mempersiapkan dana untuk masa pensiun atau melanjutkan yang ada dibandingkan tidak mempersiapkannya sama sekali.

Selamat memulai dan semoga masa pensiun kamu menyenangkan.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Fina Fauziah

   

Penulis Artikel | Moderator Online | Content Creator | Voice Over