3 Hal yang harus Dilakukan Ibu agar Tidak Stress Selama Pandemi

3 Hal yang harus Dilakukan Ibu agar Tidak Stress Selama Pandemi 1

Selama pandemi Covid-19 ini, para ibu tentunya mengalami stress maupun lelah akibat hanya bekerja dari rumah. Stress dan lelah yang dimaksud adalah ketika para ibu harus memasak, mengurusi anak-anak, suami dan juga mengajari anak belajar dari rumah.

Kita ketahui di masa pandemi ini, anak-anak melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sampai pemerintah membuka kembali sekolah tatap muka. Anak-anak harus didampingi menggunakan media digital atau online saat belajar agar tidak disalahgunakan oleh anak-anak.

Hal tersebut tentu menambah kesibukan para ibu-ibu di rumah. Pekerjaan rumah pun sudah bertambah berkali lipat karena bentuk tanggungjawab sebagai seorang ibu. Oleh karena itu, agar ibu-ibu tidak stress dan lelah dengan pekerjaan rutin selama pandemi Covid-19 ini, maka perlu adanya rileksasi.

Ada 3 hal yang patut dan boleh dilakukan para ibu-ibu untuk proses rileksasi di tengah pekerjaan rumah yang menumpuk agar tidak stress selama pandemi:

Pertama, Meluangkan waktu untuk menonton

Hal pertama ini tentunya sangat baik dilakukan para ibu-ibu di rumah yakni menonton. Perlu kita ketahui menonton itu dapat memberikan rileksasi pikiran dan tubuh dari pekerjaan yang banyak setiap hari.

Apalagi menonton film kesukaan kita sendiri. Jadi, sangat baik menonton dengan batasan waktu yang tepat untuk mencegah stress yang berkepanjangan dan mengatasi kelelahan setiap harinya.

Seperti biasanya, kalau kita menonton, pasti ada rasa rileks di pikiran, rasa senang dan santai menyaksikan adegan film yang menarik, memukau dan menggembirakan.

Kedua, Ciptakan keharmonisan keluarga

Hal kedua ini merupakan sesuatu yang penting juga yakni menciptakan keharmonisan dalam keluarga. Menciptakan keharmonisan dalam keluarga itu dapat berupa makan bersama ibu, ayah dan anak-anak, bermain bersama di rumah agar membuat anak lebih senang, damai dan merasakan kasih sayang orangtuanya.

Keharmonisan dalam keuarga tidak hanya berupa memberi bunga, kado maupun barang-barang mewah. Menciptakan keharmonisan pada keluarga dapat dengan kegiatan simpel dan menghargai waktu untuk bersama di rumah. Tentunya keharmonisan membuat diri dan pikiran lebih rileks dan tenang.

Ketiga, Liburan bersama

Liburan bersama juga dapat membuat diri lebih rileks bagi para ibu-ibu selama pandemi saat ini. Tidak perlu liburan sampai di luar kota atau daerah, liburan di tempat yang dekat-dekat saja sudah luar biasa.

Pada saat ini, masih ada pembatasan liburan ke luar kota maupun daerah, jadi utamakan liburan di sekitar daerah tempat tinggal saja dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Kita ketahui pada saat ini pembatasan pergerakan masyarakat tidak lagi secara ketat, tetapi menerapkan protokol kesehatan adalah keharusan.

Ketiga hal tersebut semoga dapat membantu para ibu-ibu terlepas dari stress dan kelelahan di rumah selama pandemi Covid-19.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Juandi M