3 Jenis Suspensi Pada Bus


3 Jenis Suspensi Pada Bus 1

salah satu peran penting untuk penunjang kenyamanan ialah suspensi,setiap kendaraan baik itu besar maupun kecil juga dan bahkan harus memiliki suspensi,seperti yang kita tahu bahwa,suspensi memiliki berbagai macam model dan jenisnya.nah, di artikel kali ini akan kita membahas 3 jenis suspensensi yang di pakai pada bus,apa-apa saja ya?yuk simak ulasan kita berikut ini.

Coil spring

 

3 Jenis Suspensi Pada Bus 3

Umumnya di sebut per obat nyamuk ataupun per keong,Suspensi tipe ini saat ini hampir tidak di temukan lagi pada bus di indonesia,namun dulu di indonesia suspensi ini banyak di temukan pada bus,seperti bus mercedes benz seri pertama yang masuk ke indonesia,bus ini menggunakan coil spring untuk suspensi depan nya,namun pada bagian belakang tetap menggunakan per daun atau leaf spring.

namun seiring berjalannya waktu ukuran&daya angkut bus kian meningkat,sehingga tidak memungkinkan lagi untuk meggunakan suspensi tipe ini,maka di gantilah dengan leaf spring.keunggulannya suspensi ini ialah kenyamanannya,karena getaran yang kecil.

Leaf spring

3 Jenis Suspensi Pada Bus 4

Biasa di sebut juga dengan per daun,suspensi tipe ini sangat banyak di gunakan saat ini pada bus maupun truk,awal mula sebelum kemerdekaan indonesia,suspensi tipe ini telah di pakai pada bus asal pabrikan amerika seperti DODGE ataupun FORD sebelum akhirnya pabrikan asal jepang mendominasi pasar indonesia seperti hino ataupun mitsubishi.

suspensi tipe ini terkenal akan daya tahan dan kemampuan mengangkat beban yang kuat,dan terkadang pengguna suspensi ini menambahkan lapisan per ini agar dapat menampung beban yang lebih berat lagi,karena suspensi ini terdiri dari susunan lapisan plat baja berbentuk vertikal yang bisa di bongkar pasang,kekurangan nya ialah pada getaran nya,sehingga terkadang membuat kendaraan tidak terlalu nyaman.

Air suspension

3 Jenis Suspensi Pada Bus 5

Air suspension adalah tren terbaru era ini,umumnya sasis bus premium saat ini sudah menggunakan suspensi model ini,meskipun sebenarnya air suspension ini telah hadir di indonesia sejak tahun 1996,pertama kali di gunakan pada sasis mercedes benz OH 1634 atau biasa di sebut dengan megatrend milik perusahaan otobus asal aceh yakni PO.KURNIA.

suspensi ini menggunakan balon-balon karet berisikan tekanan udara untuk meredamkan getaran,sehingga suspensi ini terasa sangat nyaman terutama bagi penumpang dan konfigurasi letak suspensi ini berbeda-beda,namun biasanya suspensi ini memakai 2 balon pada gardan depan dan 4 balon pada gardan belakang.


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Sayyid Aulia Akbar Alhabsyi

   

Menempuh dan fokus di jurusan halu selama beberapa dekade,hingga mencapai master

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments