3 Langkah Awal Menghindari Penularan Virus Corona


3 Langkah Awal Menghindari Penularan Virus Corona 1

Kesehatan adalah hal yang sangat penting di dalam kehidupan kita. Kesehatan menjamin keselamatan kita, namun seringkali kita mengabaikannya dan menganggapnya sebagai hal yang tidak terlalu penting. Kebiasaan menganggap remeh pentingnya menjaga kesehatan terkadang membuat kita menyesal setelah kita mengalami sakit.

Sekarang ini kita sedang dihadapkan dengan sebuah bencana besar, negara kita, dunia tempat kita tinggal, orang-orang, sedang diserang wabah virus corona, virus yang berbahaya dan menyebar dengan cepat. Berikut beberapa langkah sederhana yang bisa kita lakukan untuk melindungi diri kita dan memperkecil kemungkinan penularan virus corona.

1. Menjaga kebersihan

Kebersihan adalah pangkal kesehatan, menjaga kebersihan diri merupakan hal yang harus kita lakukan tanpa disuruh, tanpa paksaan dari siapapun, dengan kesadaran penuh kita melakukannya. Pastikan disaat kita menyentuh makanan tangan kita sudah dalam keadaan bersih. Mencuci tangan adalah hal yang sederhana yang seringkali kita abaikan dan kita anggap remeh.

Perbiasakan diri mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun dan air atau bahan yang mengandung alkohol bisa membunuh virus yang ada di tangan. Lakukan setiap setelah melakukan kontak dengan benda-benda atau hewan juga manusia. Berusaha selalu sadar ketika akan menyentuh bagian tubuh yang sensitif misalnya,mata, hidung, dan mulut, pastikan tangan anda dalam keadaan yang bersih, untuk memperkecil peluang terkontaminasi virus. Setiap orang wajib mendisiplinkan diri untuk menjaga kebersihan.

 

2. Menjaga kondisi tubuh / daya tahan tubuh

Sangat penting untuk kita menjaga daya tahan tubuh karena  daya tahan tubuh yang kuat bisa mencegah munculnya penyakit. Mengkonsumsi asupan makanan yang sehat misalnya, sayuran, buah-buahan, makanan yang mengandung protein seperti telur, ikan dan daging tanpa lemak dapat membantu menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu kita juga bisa menambah konsumsi supemen dari dokter.

Tidak hanya makanan saja yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh, olahraga yang teratur, istirahat yang cukup juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah tertular virus corona.

3. Menjaga jarak

Virus corona ini sangat mudah menular, menjaga kebersihan dan daya tahan tubuh saja tidak cukup. Cara menjaga jarak menurut Kemenkes adalah menjaga jarak saat berbicara dengan orang lain, sekurang kurangnya satu meter, terlebih dengan orang yang sedang menderita batuk, pilek/bersin, dan demam. Saat seseorang terinfeksi penyakit saluran pernapasan,batuk/bersin dapat menghasilkan droplet yang mengandung virus. Jika kita terlalu dekat, virus tersebut dapat terhirup oleh kita.

Selain itu kita juga harus berupaya sebisa mungkin menghindari keramaian. Akan lebih baik  kita diam di rumah jika tidak ada urusan yang sangat mendesak untuk menghidari kontak  dengan orang-orang yang kita tidak tahu apakah orang tersebut sehat atau tidak.

Ini adalah 3 langkah dasar yang perlu kita lakukan untuk menghindari atau memperkecil kemungkinan penularan virus corona. Semoga bermanfaat. Salam sehat


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Emilie Beribe

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap