3 Manfaat Daun Alpukat Untuk Kesehatan

manfaat daun alpukat

Tidak hanya rasa buahnya yang lezat, seluruh bagian dari tanaman memiliki efek farmakologi yang dapat dipakai untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Bahkan, , sudah sejak lama digunakan oleh nenek moyang kita, dan kini malah dikembangkan untuk diekstrak dan dijadikan bahan dasar pembuatan obat-obatan yang dijual secara resmi serta direkomendasikan oleh para dokter.

3 Manfaat Daun Alpukat Untuk Kesehatan

Daun menjadi begitu istimewah sebagai sarana pengobatan, disebabkan karena memiliki sejumlah senyawa dan zat-zat kimia alami yang tidak terdapat pada tanaman herbal yang lain.

Baca juga  Cara Memilih Alpukat yang Sudah Siap Konsumsi

Tidak heran jika penelitian terhadap khasiat dari daun masih terus dilakukan, disamping mengembangkan khasiat yang sudah diketahui dan sudah melalui uji klinis.

Berikut 3manfaat daun untuk kesehatan:

1. Menghambat Pertumbuhan Bakteri-bakteri Mambahayakan

Dengan kandungan querstin dan glikosidan sebanyak kurang lebih 60 – 75 persen, membuat daun berkhasiat untuk melindungi tubuh dari berbagai ancaman penyakit degenerative yang disebabkan oleh radikal bebas.

Selain itu juga berfungsi sebagai diuretik dengan menghambat pertumbuhan bakteri-bakteri membahayakan, seperti: protectus sp, staphylococcus sp, bacillus sp, pseudomonas sp, eschecerichea sp, serta yang lain.

Baca juga  Kandungan Nutrisi dan Manfaat dari Buah Alpukat

Dengan khasiat tersebut, daun dapat dipakai untuk mencegah serta menyembuhkan penyakit: nyeri lambung, darah tinggi, bengkak pada saluran pernapasan, haid tidak teratur, sakit kepala, dan nyeri syaraf.

2. Menyembuhkan Batu Ginjal

3 Manfaat Daun Alpukat Untuk Kesehatan

Penyakit batu ginjal yang selama ini butuh tindakan operasi atau pembedahan untuk proses penyembuhan, dapat ditanggulangi dengan meminum air rebusan daun , karena daun mengandung beberapa zat kimia alami yang dapat menghancurkan batu ginjal, seperti flavonoid, alkolid, dan saponin.

Baca juga  Cara Memilih Alpukat yang Sudah Siap Konsumsi

3. Meremajakan Kulit

Bagi kaum perempuan yang ingin memiliki kulit sehat, lembut, dan elastis dapat memanfaatkan herbal daun , karena kandungan antioksidan yang dimilikinya selain dapat menangkal radikal bebas juga dapat membersihkan sel-sel kulit yang mati dan meremajakannya kembali.

Selain 3 manfaat tersebut, masih banyak lagi , diantaranya: menyembuhkan sakit pinggang, meredakan bengkak, menurunkan hipertensi, menyembuhkan diabetes, sariawan, sakit gigi, serta mengobati berbagai macam penyakit lainnya. (*)

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

aguskurniawan