3 Merk Mobil Asal Prancis Yang Laris di Indonesia

3 Merk Mobil Asal Prancis Yang Laris di Indonesia 1

Beberapa merk mobil asal Prancis memang belum setenar pasar mobil jepang di persaingan pasar mobil dunia. Namun merk mobil asal Prancis sempat mendunia.

Ada beberapa merk mobil asal Prancis yang tak begitu setenar merk mobil lainnya asal Prancis, namun banyak peminatnya di Indonesia. Berikut 3 merk mobil yang laris di Indenesia.

Renault

Renault Clio
Renault Clio

Renault salah satu merk mobil asal Prancis yang saat ini berpusat di Kota Boulogne-Billancourt, Perancis. Perusahaan mobil ini lahir tanggal 24 Desember 1898, namun perusahaan otomotif resmi diperkenalkan tahun 1899. Dari awal memang Renault diperuntukkam untuk platform kelompok mobil jenis balap. Hal yang paling dikenal nama Renault di kompetisi Formula 1.

Nama Renault mendominasi pabrikan di kejuaran Formula 1 saat itu.Di Indonesia sendiri merk mobil Prancis ini berada dibawah  Indomobil Group, namun sekarang dipegang oleh Nusantara Maxindo Group. Kepindahan tersebut setelah adanya penunjukkan secara langsung Renault Asia Pasific sejak 24 Februari 2019.

Peugeot

Peugeot 208
Peugeot 208

Peugeot merk mobil asal Prancis ini berkantor di Kota Sochaux, Perancis. Peugoet didirikan oleh Armand Peugoet dan mobil mulai diproduksi tahun 1810, namun perusahaanya mulai berdiri tahun 1896. Akan tetapi mobil pertama Peugeot pertama kali diproduksi tahun 1889. Awal mula Peugeot dipergunakan untuk sepeda dan mesin penggiling kopi.

Tahun 1889 Armand Peugoet membuat inovasi kendaraan mobil roda tiga bertenaga uap. Tahun 1890 Peugeot membuat inovasi kembali dengan tipe empat roda. Tahun 1891 Peugeot mulai memproduksi massal mobil berbahan bakar bensin.Di Indonesia sendiri, peugeot mengalami peningkatam drastis dalam penjualannya di tahun 2020 kemarin. Dua produk andalannya yakni Peugeot 3008 Allure Plus dan Peugeot 5008 Allure Plus.

Citroen

Citroen CXperience
Citroen CXperience

Merk lain asal Prancis yang tak begitu besar, yakni Citroen. Citroen sendiri dibuat oleh Andre Gustave Citroen, di San Ouen, Prancis tahun 1919.  Citroën sendiri dikenal sebagai salah satu perusahaan mobil yang memiliki cerita panjang di dunia motorsport. 

Citroën memunculkan produk barunya pertama kali mempergunakan teknologi saloon Traction Avant dengan produksi secara banyak. Dengan inovasi penggerak roda depannya mempergunakan bentuk unitary body dan tak memakai sassis sebagai beban mesinnya.

Citroen pertama kali memperkenalkan bentuk body monokok, dengan sistem penggerak setir rack and pinion. Renault kembali memperkenalkan suspensi hydropneumatic self-levelling. Pada tahun 1955, Citroën DS adalah mobil ciptaan pertama yang mempergunakan sistem rem cakram kelas high.  

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.