3 Pelajaran Penting dari Serial Tokyo Revengers yang Wajib Kamu Ketahui

3 Pelajaran Penting dari Serial Tokyo Revengers yang Wajib Kamu Ketahui 1

Siapa sih yang tidak tau tentang anime bergenre action yang sangat populer di tahun ini?

Bercerita mengenai Hanagaki Takemichi , seorang lelaki berusia 26 tahun yang dapat kembali ke masa lalu saat dia berumur 14 tahun. Demi menyelamatkan mantan pacarnya yang bernama Hinata, dia berusaha mengubah masa lalu sehingga Takemichi memutuskan bergabung menjadi anggota utama geng berandalan terkuat yakni Tokyo Manji.

3 Pelajaran Penting dari Serial Tokyo Revengers yang Wajib Kamu Ketahui 3

Nah, berikut ini  3 pelajaran penting yang tidak bisa kamu lewatkan dari anime populer ini.

1. Pentingnya Mengenal Diri Sendiri

Sebelum kembali ke masa lalu, kondisi kehidupan Takemichi sangatlah suram. Menjadi orang dewasa yang belum dewasa dikarenakan dia merasa dirinya pecundang, tidak berani menghadapi konflik, relasi sosialnya yang buruk, kondisi finansial yang tidak stabil, dan situasi tempat tinggalnya yang berantakan penuh dengan sampah. Suatu hari, saat dia bersantai di kamarnya yang berantakan dan banyak sampah, sambil menonton berita dia bertanya dalam hati sejak kapan kondisinya seperti itu dan bagaimana bisa dia menjadi pecundang. Ketika dia menyadari bahwa dia telah kembali ke masa lalu, dia pun sadar bahwa dulu dia orang yang percaya diri dan tidak gentar. Sebutan pecundang dimulai ketika dia dirundung oleh senior sekolah lain yang memperbudak dia dan kawan-kawannya. Saat itu pula dia berusaha keras mengubah masa lalunya agar dia tidak menjadi pecundang lagi di masa depan seperti yang telah dia rasakan.

3 Pelajaran Penting dari Serial Tokyo Revengers yang Wajib Kamu Ketahui 4

Mengenal diri sendiri adalah hal yang penting, sehingga kamu bisa tahu proses bagaimana kita bisa sampai di titik ini dan apa yang harus kamu lakukan ke depannya untuk menjadi lebih baik. Sehingga hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan bertanya pada diri sendiri sejauh apa kamu mengenal dirimu dan sadari apa yang menjadi kelemahan atau kelebihanmu.

Selanjutnya adalah mengevaluasi masa lalu. Kembali ke masa lalu memang hal yang mustahil, tetapi dengan mengevaluasi diri dari masa lalu adalah hal yang bisa kita lakukan juga untuk memutar ingatan kita bagaimana kronologis proses pengalaman yang menjadikan kita seperti saat ini. Apa yang telah kamu lalui, mengapa kamu menjadi seperti ini. Akhirnya, kamu bisa menyimpulkan sendiri dan itu bisa membantu kamu mengenal dirimu lebih baik. Karena orang yang paling mengenal kita adalah diri kita sendiri, bukan?

2. Kekuatan Percaya Diri

Takemichi memilih percaya diri bahwa dia bisa mengubah dirinya saat dia kembali ke masa lalunya. Dia memilih berani dan menerima tantangan seniornya yang merupakan anggota Tokyo Manji, walau dia tahu bahwa mereka bukan lawan yang kuat. Tak disangka akhirnya kejadian itu mempertemukannya dengan petinggi Tokyo Manji, yakni Mikie dan Draken yang menjadi teman dekatnya juga sehingga Takemichi menjadi anggota Tokyo Manji.

3 Pelajaran Penting dari Serial Tokyo Revengers yang Wajib Kamu Ketahui 5

Sering sekali kita menyerah duluan saat melihat masalah di depan yang kelihatan besar dan merasa rendah diri padahal belum dicoba dan berusaha. Disinilah pentingnya rasa percaya diri, ini membuat kita mudah melangkah dan berusahha memberikan yang terbaik dari kemampuan kita. Walaupun bila akhirnya kalah, setidaknya kita sudah berusaha dengan kemampuan kita dan ada sesuatu yang kita pelajari dibandingkan tidak mencoba sama sekali, kita pasti menyesal pada akhirnya.

3. Persahabatan yang Menguatkan

3 Pelajaran Penting dari Serial Tokyo Revengers yang Wajib Kamu Ketahui 6

Kisah persahabatan dan pertemanan yang positif Takemichi dengan teman-temannya mengajarkan bahwa kita tidak dapat berjalan sendirian.  Kita akan lebih kuat bila bersama. Kita perlu support system yang bisa mengangkat kita di saat-saat terendah. Mengalami suka duka bersama dan saling melindungi satu sama lain membuat kita semakin kuat dan tidak menyerah. Memiliki kepribadian yang berbeda dengan sahabat memang bisa memunculkan pergesekan karakter dan memunculkan konflik, tetapi bila kita mau sama-sama mendukung perbedaan itulah yang menyempurnakan dan menguatkan.

Anime Tokyo Revengers memang hanyalah sebuah anime yang bukan kenyataan, tetapi ada pembelajaran penting yang bisa kita petik dari anime ini dan bisa kita terapkan di kehidupan sehari-hari ya!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

selviwrites