3 Pepatah China yang Memotivasi Manusia Menghadapi Tahun Kerbau Logam


3 Pepatah China yang Memotivasi Manusia Menghadapi Tahun Kerbau Logam 1
3 Pepatah China yang Memotivasi Manusia Menghadapi Tahun Kerbau Logam 3

Tanggal 11 Februari 2021 merupakan hari terakhir untuk tahun tikus logam. Meskipun sepanjang tahun tikus logam berlangsung semua masyarakat dihadapkan pandemic Covid-19 yang telah merenggut banyak korban jiwa, tetapi harus mengucap syukur karena telah melewati tahun 2020 dengan penuh semangat dan selalu berjuang untuk menjadi lebih baik. Tidak terasa Tahun Baru Imlek telah tiba jatuh pada tanggal 12 Februari 2021 dan pergantian tahun menjadi shio kerbau dengan unsur logam, sehingga disebut tahun kerbau logam. Untuk lebih semangat menjalani tahun kerbau logam, maka penulis memberikan 3 (tiga) pepatah China yang akan memotivasi untuk menghadapi tahun baru dan kehidupan baru menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya.

  • 伟大始于渺小 (dalam aksara Chinese Simplified) atau 偉大始於渺小 (dalam aksara Chinese Traditional) dibaca wěi dà shǐ yú miǎo xiǎo. Pepatah ini memiliki beberapa kata kunci yang bertujuan untuk memudahkan Anda dalam memahami makna yang terkandung, yaitu:
    1. 伟大 (dalam aksara Chinese Simplified) atau 偉大 (dalam aksara Chinese Traditional) dibaca wěi dà merupakan kata sifat yang diterjemahkan sebagai suatu hal yang besar.
    2. 渺小 (dalam aksara Chinese Simplified maupun Chinese Traditional) dibaca miǎo xiǎo merupakan kata sifat yang diterjemahkan sebagai suatu hal yang kecil.
    3.  (dalam aksara Chinese Simplified maupun Chinese Traditional) dibaca shǐ merupakan kata kerja yang diterjemahkan sebagai memulai.
    Dengan kata kunci yang telah dijelaskan, maka pepatah tersebut dapat diterjemahkan sebagai “Hal yang besar dimulai dari hal yang sangat kecil”.
    Terkadang kita sebagai manusia suka menyepelekan hal yang kecil karena memiliki anggapan bahwa hal yang kecil merupakan suatu hal yang tidak penting, sehingga tidak perlu diperhatikan. Tanpa disadari hal yang kecil inilah yang akan memberikan pengaruh kepada hal yang besar. Untuk menjadi orang sukses di tahun kerbau logam, maka harus membiasakan diri untuk memperhatikan hal yang kecil karena dari kecil akan sanggup mengerjakan suatu hal yang besar.
Ilustrasi pepatah 伟大始于渺小 dibaca wěi dà shǐ yú miǎo xiǎo mengajarkan kepada manusia untuk tidak menyepelekan hal kecil karena dapat melakukan perkara besar disebabkan berhasil melakukan hal yang kecil. Sumber: Dokumentasi Penulis
Ilustrasi pepatah 伟大始于渺小 dibaca wěi dà shǐ yú miǎo xiǎo mengajarkan kepada manusia untuk tidak menyepelekan hal kecil karena dapat melakukan perkara besar disebabkan berhasil melakukan hal yang kecil. Sumber: Dokumentasi Penulis
  • 风暴使树木深深扎根 (dalam aksara Chinese Simplified) atau 風暴使樹木深深紮根 (dalam aksara Chinese Traditional) dibaca fēng bào shǐ shù mù shēn shēn zhā gēn. Pepatah ini memiliki beberapa kata kunci yang bertujuan untuk memudahkan Anda dalam memahami makna yang terkandung, yaitu:
    1. 风暴 (dalam aksara Chinese Simplified) atau 風暴 (dalam aksara Chinese Traditional) dibaca fēng bào merupakan kata benda yang dapat diterjemahkan sebagai badai, angin topan.
    2. 树木 (dalam aksara Chinese Simplified) atau 樹木 (dalam aksara Chinese Traditional) dibaca shù mù merupakan kata benda yang dapat diterjemahkan sebagai pohon.
    3. 深 (dalam aksara Chinese Simplified maupun Chinese Traditional) dibaca shēn merupakan kata sifat yang dapat diterjemahkan sebagai dalam.
    4. 扎根 (dalam aksara Chinese Simplified) atau 紮根 (dalam aksara Chinese Traditional) dibaca zhā gēn merupakan kata kerja yang dapat diterjemahkan sebagai menancapkan sampai ke akar – akarnya.
    Dengan kata kunci yang telah dijelaskan, maka pepatah tersebut dapat diterjemahkan sebagai “Badai membuat pohon memiliki akar yang lebih kuat dan dalam”
    Ketika penulis dan Anda memulai sesuatu pasti telah menetapkan apa tujuan yang ingin dicapai pada tahun kerbau logam ini. Saat melakukan demi mencapai tujuan hidup pasti tidak berjalan dengan mulus dan akan menghadapi tantangan atau kesulitan. Ketika ada tantangan ada 2 (dua) pilihan mau menyerah begitu saja atau mencari jalan untuk memperbaiki agar dapat menjadi pribadi yang lebih baik. Pepatah ini mengingatkan jangan menyerah ketika ada tantangan kehidupan karena dengan ada hal ini, maka akan menjadikan sebagai pengalaman dan menjadi pribadi yang kuat dan tahan banting dalam menghadapi berbagai situasi kehidupan. 
Ilustrasi pepatah 风暴使树木深深扎根 dibaca fēng bào shǐ shù mù shēn shēn zhā gēn yang mengajarkan manusia harus jadi pribadi yang kuat meskipun kena badai akan menjadi seperti pohon (sebelah kanan) kuat dan tinggi. Sumber: Dokumentasi Penulis
Ilustrasi pepatah 风暴使树木深深扎根 dibaca fēng bào shǐ shù mù shēn shēn zhā gēn yang mengajarkan manusia harus jadi pribadi yang kuat meskipun kena badai akan menjadi seperti pohon (sebelah kanan) kuat dan tinggi. Sumber: Dokumentasi Penulis
  •  善有善报 (dalam aksara Chinese Simplified) atau 善有善報 (dalam aksara Chinese Traditional) dibaca shàn yǒu shàn bào. Pepatah ini memiliki beberapa kata kunci yang bertujuan untuk memudahkan Anda dalam memahami makna yang terkandung, yaitu:
    1. 善 (dalam aksara Chinese Simplified maupun Chinese Traditional) dibaca shàn merupakan kata sifat yang dapat diterjemahkan sebagai sosok pribadi yang baik.
    2. 报 (dalam aksara Chinese Simplified) atau 報 (dalam aksara Chinese Traditional) dibaca bào merupakan kata kerja yang dapat diterjemahkan sebagai membalas.
    Dengan kata kunci yang telah dijelaskan, maka pepatah tersebut dapat diterjemahkan sebagai “Kebaikan akan dibalas dengan kebaikan”.
    Pernahkan penulis dan Anda berpikir apa manfaat dari berbuat kebaikan? Berbuat kebaikan kepada semua orang tidak ada ruginya, tetapi menerima banyak manfaat, seperti suatu saat nanti kebaikan akan dibalas dengan kebaikan, memperoleh karma yang baik di dunia. Kebaikan akan dikenang selalu ketika saat meninggalkan dunia ini. Pepatah ini mengingatkan jangan menunda untuk berbuat kebaikan karena tidak tahu kapan dipanggil oleh Tuhan Yang Maha Esa.
Ilustrasi pepatah 善有善报 dibaca shàn yǒu shàn bào mengajarkan kepada umat manusia untuk selalu berbuat kebaikan dalam situasi apapun. Sumber: Dokumentasi Penulis
Ilustrasi pepatah 善有善报 dibaca shàn yǒu shàn bào mengajarkan kepada umat manusia untuk selalu berbuat kebaikan dalam situasi apapun. Sumber: Dokumentasi Penulis

Dari penulisan artikel hari ini, penulis mau menyimpulkan pepatah China yang memotivasi manusia menghadapi tahun kerbau logam, yaitu:

  • 伟大始于渺小 dibaca wěi dà shǐ yú miǎo xiǎo.
  • 风暴使树木深深扎根 dibaca fēng bào shǐ shù mù shēn shēn zhā gēn.
  • 善有善报 dibaca shàn yǒu shàn bào.

Demikianlah penulisan artikel hari ini, semoga artikel yang penulis bagikan dapat bermanfaat bagi para pembaca semua. Jika ada pepatah China lainnya yang memotivasi manusia menghadapi tahun kerbau logam, dapat berbagi melalui kolom komentar. Jika ada kritik dan saran untuk perkembangan penulisan artikel ini dapat juga berbagi melalui kolom komentar. Jika ada kesalahan yang dilakukan oleh penulis secara sengaja maupun tidak sengaja, mohon maaf sebesar – besarnya. Terima kasih dan Selamat membaca!


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

ho_erik_hosan

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap