3 Perawatan Wajah Dasar yang Wajib Untuk Remaja

3 Perawatan Wajah Dasar yang Wajib Untuk Remaja 1

Banyak yang menganggap bahwa skincare hanya boleh digunakan oleh orang dewasa, tapi ternyata itu keliru loh. Justru, masa remaja adalah masa yang tepat untuk merawat dan mempercantik diri. Kulit kering, kusam, berminyak dan hiperpigmentasi adalah beberapa masalah kulit yang paling umum dialami oleh remaja yang baru mengalami pubertas.

Ada berbagai macam jenis skincare yang beredar di pasaran, mulai dari skincare yang diproduksi oleh brand-brand terkenal sampai krim abal-abal yang meresahkan. Sebagai pemula, pastikan kamu memilih skincare yang sudah terdaftar BPOM dan tentunya sesuai dengan kondisi kulitmu.

Sebelum mencoba berbagai macam skincare, ini adalah 3 tahap skincare dasar yang harus kamu gunakan secara rutin:

1. Sabun Pembersih Wajah

3 Perawatan Wajah Dasar yang Wajib Untuk Remaja 3

Tahap pertama yang harus kamu lakukan dari 3 tahap skincare dasar ini adalah pembersih wajah. Pembersih wajah ini berfungsi untuk mengangkat sisa-sisa make up, debu dan kotoran yang menempel di wajah setelah kamu beraktivitas seharian. Kotoran-kotoran yang tersisa di wajah akan menumpuk dan menyumbat pori-pori  yang menyebabkan komedo dan bisa berakhir menjadi jerawat.

Sabun pembersih wajah dianjurkan untuk digunakan 2 kali sehari yaitu saat bangun tidur dan setelah beraktivitas di luar seharian. Apabila kamu rutin berolahraga, kamu juga bisa menggunakannya setelah berolahraga, karena keringat yang keluar saat kita berolahraga mengandung banyak bakteri yang bisa menyebabkan masalah kulit.

Sebisa mungkin hindari kandungan-kandungan yang bisa membuat wajahmu iritasi seperti, Paraben, Fragrance, Alkohol.

2. Pelembab

3 Perawatan Wajah Dasar yang Wajib Untuk Remaja 4

Setelah mencuci bersih wajahmu, tahap selanjutnya adalah menggunakan pelembab. Pelembab berguna untuk melembapkan wajah, mengontrol produksi minyak wajah, mencegah penuaan dini, dan membantu menghilangkan komedo. Kulit yang kering akan membuat produksi sebum atau minyak wajah menjadi berlebihan, pelembab yang melembapkan kulit membuat kulit memproduksi sebum yang tidak berlebihan.

Centella Asiatica, ekstrak lidah buaya, ekstrak bunga chamomile, hyaluronic acid dan semacamnya adalah kandungan-kandungan yang umum ditemukan pada produk pelembab. Dan ada juga beberapa kandungan yang bisa kamu hindari dalam kandungan pelembab pilihanmu yaitu, Paraben, Fragrance, Alkohol.

3. Tabir Surya

3 Perawatan Wajah Dasar yang Wajib Untuk Remaja 5

Tahapan terakhir dari skincare dasar untuk remaja adalah menggunakan tabir surya atau sunscreen. Tabir surya melindungi kulit dari sinar UV, baik UVB dan UVA yang menyebabkan tanda-tanda penuaan dini pada wajah seperti flek hitam dan keriput.

Di Indonesia sendiri dianjurkan untuk memakai  SPF 30 PA+++ yang bisa melindungi kulit dari sinar UVB dan UVA. SPF (Sun Protect Factor) adalah pelindung kulit yang melindungi kulit dari sinar UVB, kemudian diikuti angka yang merupakan kode seberapa besar perlindungan yang diberikan untuk kulit. Seperti 15 (93%), 30 (97%), dan 50 (98%). Sedangkan PA (Protection Grade of UVA) melindungi kulit dari sinar UVA, biasanya diikuti oleh tanda + di belakangnya. Tanda ini menunjukkan tingkat perlindungan dari PA itu sendiri. Semakin banyak tanda +, maka semakin kuat tingkat perlindungannya. Di Indonesia, tingkat perlindungan ++ dan +++ sudah cukup melindungi kita dengan baik.

Nah, itu dia 3 basic skincare yang bisa kamu gunakan secara rutin sebelum kamu memulai untuk menggunakan berbagai macam skincare seperti toner, essence, serum, day/night cream, dan lain-lain. Jangan lupa pastikan kamu memilih skincare yang sudah terdaftar BPOM, yah.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

RintihHujan