3 Peribahasa China yang Menggambarkan Realita Kehidupan Bermasyarakat


3 Peribahasa China yang Menggambarkan Realita Kehidupan Bermasyarakat 1

Dalam kehidupan bermasyarakat pasti bertemu dengan orang yang memiliki beraneka ragam suku, ras, dan karakter. Setiap orang diciptakan Tuhan dengan berbagai keunikan, memiliki kelebihan dan kekurangan yang akan saling melengkapi satu sama lain. Dengan demikian, muncullah berbagai realita kehidupan tanpa disadari telah dekat dalam kehidupan Anda. Dalam penulisan artikel kali ini, penulis  ingin membagikan beberapa contoh peribahasa China yang disebut sebagai 成语 (dalam aksara Chinese Simplified) atau 成語 (dalam aksara Chinese Traditional) dibaca chéng yǔ dikaitkan dengan realita kehidupan bermasyarakat. Berikut ini adalah beberapa contoh peribahasa dalam Bahasa China, yaitu:

  • 对牛弹琴 (dalam aksara Chinese Simplified) atau 對牛彈琴 (dalam aksara Chinese Traditional) dibaca duì niú tán qín. Peribahasa ini terdiri dari beberapa kata, yaitu  (dalam aksara Chinese Simplified) atau  (dalam aksara Chinese Traditional) dibaca duì yang diterjemahkan sebagai terhadap, kadang dapat diterjemahkan sebagai benar;  dibaca niú merupakan kata benda yang memiliki arti adalah seekor sapi;  (dalam aksara Chinese Simplified) atau  (dalam aksara Chinese Traditional) dibaca tán merupakan kata kerja yang memiliki arti adalah memainkan alat musik instrumen berupa piano;  dibaca qín merupakan kata benda yang memiliki arti adalah alat musik untuk memainkan musik instrumen.     

Peribahasa diatas menggambarkan ketika Anda sedang bersemangat menjelaskan suatu topik dengan panjang lebar, tetapi lawan bicara Anda tidak memahami dengan apa yang Anda sampaikan bahkan lawan bicara Anda masuk telinga kiri keluar telinga kanan alias tulalit. Lebih parahnya lagi lawan bicara Anda hanya memberikan respon iya, oke, setelah ditanya ulang kemudian dibilang coba jelaskan ulang. Apa yang Anda lakukan jika bertemu dengan orang seperti ini? Silahkan jawaban berdasarkan lubuk hati terdalam.

Ilustrasi dari makna peribahasa 对牛弹琴 dibaca duì niú tán qín yang sering dijumpai dalam kehidupan bermasyarakat. Sumber: Dokumentasi Penulis
Ilustrasi dari makna peribahasa 对牛弹琴 dibaca duì niú tán qín yang sering dijumpai dalam kehidupan bermasyarakat. Sumber: Dokumentasi Penulis
  • 开门见山 (dalam aksara Chinese Simplified) atau 開門見山 (dalam aksara Chinese Traditional) dibaca kāi mén jiàn shān. Peribahasa ini terdiri dari beberapa kata, yaitu  (dalam aksara Chinese Simplified) atau 開 (dalam aksara Chinese Traditional) dibaca kāi merupakan kata kerja yang dapat diterjemahkan sebagai buka; 门 (dalam aksara Chinese Simplified) atau 門  (dalam aksara Chinese Traditional) dibaca mén merupakan kata benda yang diterjemahkan sebagai pintu; 见 (dalam aksara Chinese Simplified) atau   (dalam aksara Chinese Traditional) dibaca jiàn merupakan kata kerja yang diterjemahkan sebagai berjumpa atau bertemu; dibaca shān merupakan kata benda yang diterjemahkan sebagai gunung.

Peribahasa ini mengingatkan kepada kita semua bahwa saat berbicara harus seperti gunung yang makin menanjak makin singkat. Dengan demikian kalau berbicara langsung pada intinya, jangan basa – basi alias bertele – tele. Pernahkah Anda mendengar lawan bicara menjelaskan panjang lebar yang sudah tahu intinya, tetapi tetap dijelaskan sampai membuat Anda menjadi bosan, ingin meninggalkan lawan bicara dan memiliki rasa sungkan karena lawan bicara Anda sedang bersemangat untuk bicara. Apa yang Anda lakukan jika bertemu dengan orang seperti ini? Silahkan jawaban berdasarkan lubuk hati terdalam.

Ilustrasi dari makna peribahasa 开门见山 dibaca kāi mén jiàn shān yang sering dijumpai dalam kehidupan bermasyarakat. Sumber: Dokumentasi Penulis
Ilustrasi dari makna peribahasa 开门见山 dibaca kāi mén jiàn shān yang sering dijumpai dalam kehidupan bermasyarakat. Sumber: Dokumentasi Penulis
  • 强颜欢笑 (dalam aksara Chinese Simplified) atau 強顏歡笑 (dalam aksara Chinese Traditional) dibaca qiǎng yán huān xiào. Peribahasa ini terdiri dari beberapa kata, yaitu 强 (dalam aksara Chinese Simplified) atau 強  (dalam aksara Chinese Traditional) dibaca qiǎng merupakan kata kerja yang dapat diterjemahkan sebagai memaksakan kehendak atau harus kuat;  (dalam aksara Chinese Simplified) atau  (dalam aksara Chinese Traditional) dibaca yán merupakan kata benda yang dapat diterjemahkan sebagai wajah; (dalam aksara Chinese Simplified) atau  (dalam aksara Chinese Traditional) dibaca huān merupakan kata sifat yang dapat diterjemahkan sebagai memiliki perasaan sukacita; 笑 dibaca xiào merupakan kata kerja yang diterjemahkan sebagai tertawa.

Peribahasa ini menggambarkan seseorang di depan Anda memasangkan topeng bahwa dia sedang bahagia, tetapi dibelakang Anda dia sangat tersakiti dan sedih. Dia harus menunjukkan kepada dunia bahwa dia sangat bahagia dan tidak mau beritahukan kepada dunia bahwa dia sedang sedih. Apa tanggapan Anda jika punya teman seperti ini yang tidak menebak isi hati dan selalu terlihat senang dan bahagia di depan Anda?

Ilustrasi dari makna peribahasa 强颜欢笑 dibaca qiǎng yán huān xiào yang sering dijumpai dalam kehidupan bermasyarakat. Sumber: Dokumentasi Penulis
Ilustrasi dari makna peribahasa 强颜欢笑 dibaca qiǎng yán huān xiào yang sering dijumpai dalam kehidupan bermasyarakat. Sumber: Dokumentasi Penulis

Dari penulisan artikel hari ini, penulis mau menyimpulkan peribahasa Bahasa China yang menggambarkan realita kehidupan bermasyarakat dalam kehidupan nyata, yaitu:

  • 对牛弹琴 dibaca duì niú tán qín
  • 开门见山 dibaca kāi mén jiàn shān
  • 强颜欢笑 dibaca qiǎng yán huān xiào

Demikianlah penulisan artikel hari ini, semoga artikel yang penulis bagikan dapat bermanfaat bagi para pembaca semua. Jika ada peribahasa Bahasa Mandarin lainnya yang dapat dikaitkan dengan kehidupan realita yang menggambarkan kehidupan bermasyarakat dapat berbagi melalui kolom komentar. Jika ada kritik dan saran untuk perkembangan penulisan artikel ini dapat juga berbagi melalui kolom komentar. Jika ada kesalahan yang dilakukan oleh penulis secara sengaja maupun tidak sengaja, mohon maaf sebesar – besarnya. Terima kasih dan Selamat membaca!


ho_erik_hosan

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap