3 Peribahasa China yang Tidak Boleh Terjadi dalam Persahabatan


3 Peribahasa China yang Tidak Boleh Terjadi dalam Persahabatan 1

Manusia merupakan ciptaan Tuhan yang diberikan akal budi untuk berpikir menggunakan akal yang sehat dan penuh kebijaksanaan dalam bertindak dan berperilaku. Manusia juga diciptakan untuk saling berinteraksi satu sama lain, sehingga jika hidup sendirian akan terasa hampa dan sangat monoton. Setiap individu pasti memiliki teman bahkan sahabat mampu menerima kelebihan dan kekurangan bahkan disaat sedih para sahabat atau teman baik selalu berada disamping Anda untuk menghibur. Hal tersebut dapat bertahan lama, jika Anda dan teman baik maupun sahabat saling berpengertian dan selalu bersama disaat senang maupun susah. 

Dalam penulisan artikel kali ini, penulis ingin membagikan beberapa contoh peribahasa China yang disebut sebagai 成语 (dalam aksara Chinese Simplified) atau 成語 (dalam aksara Chinese Traditional) dibaca chéng yǔ dikaitkan dengan hal – hal yang tidak boleh terjadi dalam kehidupan persahabatan Anda agar menjadi lebih awet sampai tua bahkan maut memisahkan. Berikut ini adalah beberapa contoh peribahasa dalam Bahasa China, yaitu:

  • 颠倒黑白 (dalam aksara Chinese Simplified) atau 顛倒黑白 (dalam aksara Chinese Traditional) dibaca diān dǎo hēi bái. Peribahasa ini terdiri dari beberapa kata, yaitu  (dalam aksara Chinese Simplified) atau  (dalam aksara Chinese Traditional) dibaca diān merupakan kata kerja yang memiliki arti adalah menabrak, sehingga object menjadi berantakan;  dibaca dǎo merupakan kata kerja yang memiliki arti adalah menjatuhkan;  dibaca hēi merupakan kata sifat yang memiliki arti adalah warna hitam yang melambangkan sisi kegelapan dari kehidupan manusia;  dibaca bái merupakan kata sifat yang memiliki arti adalah warna putih yang melambangkan kehidupan yang suci atau tidak ternoda dari dosa. Peribahasa tersebut mengajarkan bahwa hal ini tidak boleh terjadi dalam kehidupan persahabatan Anda karena hanya ditujukan kepada orang yang suka memutar balikkan fakta alias suka berbohong. Berbohong adalah bentuk perbuatan tercela, tidak hanya merusak persahabatan Anda, tetapi reputasi Anda pun menjadi tercemar dan dianggap sebagai orang yang tidak dapat dipercaya lagi.
Semua orang pasti mengenal Pinokio merupakan tokoh kartun yang memiliki hidung yang panjang jika dia suka memutar balikkan fakta atau berbohong.Semua orang pasti mengenal Pinokio merupakan tokoh kartun yang memiliki hidung yang panjang jika dia suka memutar balikkan fakta atau berbohong.
  • 混水摸鱼 (dalam aksara Chinese Simplified) atau 混水摸魚 (dalam aksara Chinese Traditional) dibaca hún shuǐ mō yú. Peribahasa ini terdiri dari beberapa kata, yaitu 混 dibaca hún merupakan kata sifat yang memiliki arti adalah keruh, berlumpur;  dibaca shuǐ merupakan kata benda yang memiliki arti adalah air;  dibaca  merupakan kata kerja yang memiliki arti memegang, meraba atau menangkap;  (dalam aksara Chinese Simplified) atau  (dalam aksara Chinese Traditional) dibaca  merupakan kata benda yang memiliki arti adalah ikan. Peribahasa tersebut mengajarkan bahwa hal ini tidak boleh terjadi dalam kehidupan persahabatan Anda, karena hanya ditujukan kepada orang yang suka mengambil keuntungan pribadi ditengah kekacauan. Dalam berteman senang dan susah harus bersama – sama dalam menjalani kehidupan ini dan dibutuhkan saling pengertian satu sama lain. Jangan mau berteman disaat senang, tetapi disaat teman Anda dalam kesusahan malah mencari bagaimana cara agar tetap senang selalu.
Ilustrasi pertemanan yang tidak sehat karena hanya mau berteman disaat senang dan membiarkan teman terlarut dalam kesedihan. Ilustrasi pertemanan yang tidak sehat karena hanya mau berteman disaat senang dan membiarkan teman terlarut dalam kesedihan. 
  • 无中生有 (dalam aksara Chinese Simplified) atau 無中生有 (dalam aksara Chinese Traditional) dibaca wú zhōng shēng yǒu. Peribahasa ini terdiri dari beberapa kata, yaitu  (dalam aksara Chinese Simplified) atau  (dalam aksara Chinese Traditional) dibaca  yang memiliki arti adalah tidak ada;  dibaca zhōng yang memiliki arti adalah tengah;  dibaca shēng yang memiliki arti adalah menciptakan;  dibaca yǒu yang memiliki arti adalah ada. Peribahasa tersebut mengajarkan bahwa hal ini tidak boleh terjadi dalam kehidupan persahabatan Anda karena hanya ditujukan kepada orang yang suka melebih – lebihkan suatu kejadian agar dapat menarik perhatian orang lain. Sebenarnya kejadian tersebut merupakan hal sepele dapat berdampak menjadi besar karena ada sifat hiperbola dalam kehidupan persahabatan Anda.

Dari penulisan artikel hari ini, penulis mau menyimpulkan peribahasa Bahasa China yang tidak boleh dilakukan agar persahabatan Anda akan menjadi lebih awet, yaitu:

  • 颠倒黑白 dibaca diān dǎo hēi bái
  • 混水摸鱼 dibaca hún shuǐ mō yú
  • 无中生有 dibaca wú zhōng shēng yǒu

Demikianlah penulisan artikel hari ini, semoga artikel yang penulis bagikan dapat bermanfaat bagi para pembaca semua. Jika ada peribahasa Bahasa Mandarin lainnya yang dapat dikaitkan dengan hal yang tidak boleh dilakukan dalam persahabatan agar menjadi awet, dapat berbagi melalui kolom komentar. Jika ada kritik dan saran untuk perkembangan penulisan artikel ini dapat juga berbagi melalui kolom komentar. Jika ada kesalahan yang dilakukan oleh penulis secara sengaja maupun tidak sengaja, mohon maaf sebesar – besarnya. Terima kasih dan Selamat membaca!


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

ho_erik_hosan

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap