3 Resep Kreasi Pepes Lezat

3 Resep Kreasi Pepes Lezat 1

Pepes merupakan salah satu jenis makanan yang menggunakan daun sebagai bungkusnya. Daun yang biasa digunakan untuk membungkus pepes adalah daun pisang. Daun pisang dalam pepes mampu membuat aroma pepes menjadi lebih harum dan  khas serta mampu menambah selera makan. Selain itu, aneka bumbu tradisional dan rempah-rempah yang digunakan untuk memasak pepes menjadikan pepes memiliki cita rasa yang kaya.

Selain aneka bumbu tradisional dan rempah-rempah yang digunakan, proses pembuatan pepes pun juga berpengaruh terhadap kelezatan pepes. Agar aneka bumbu tradisional dan rempah-rempah yang digunakan meresap dengan baik dan pepes yang dihasilkan memiliki rasa serta tekstur yang sempurna, pepes dibaluri aneka bumbu dan rempah-rempah sebelum dimasak. Pepes yang sudah dibaluri dengan aneka bumbu dan rempah-rempah ini kemudian dibungkus dengan daun pisang lalu dibakar (dipepes) di atas bara api (arang) hingga matang sempurna.

Bagi banyak orang, pepes identik pada hidangan yang berisi atau berbahan dasar ikan. Namun kini, sudah banyak bahan dasar lain yang dapat diolah menjadi pepes, seperti tempe, tahu, jamur, hingga ayam. Selain bahan dasar, aneka bumbu dan proses pembuatan pepes pun kini bervariasi. Ada pepes bumbu kuning, ada pepes dengan bumbu yang diiris, dan masih banyak lagi.

Nah, berikut merupakan beberapa kreasi sajian pepes yang dapat kamu coba cicipi maupun kamu coba buat sendiri di rumah.

1. Pepes Tahu

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kini pepes bukan hanya bisa diolah dari bahan ikan, melainkan juga tahu. Tahu memiliki tekstur dan cara pengolahan yang sederhana. Jadi membuat kreasi pepes dengan menggunakan bahan dasar tahu pun tidak serumit saat menggunakan ikan.

Untuk membuat pepes tahu ini, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menghancurkan tahu hingga tidak ada lagi tahu yang masih menggumpal. Setelah tahu halus, campur dengan aneka bumbu dan rempah yang sudah dihaluskan, seperti bawang merah, bawang putih, cabai, kunyit, dan kemiri. Tambahkan pula tomat, gula, dan garam secukupnya agar pepes memiliki rasa yang pedas, gurih, dan manis yang pas.

Kamu juga dapat menambahkan telur yang dikocok bersama tahu yang sudah dibumbui agar rasa pepes tahu semakin lezat. Tambahkan pula daun kemangi agar aroma pepes tahu yang kamu buat memiliki aroma wangi yang khas. Setelah semua bahan dan bumbu tercampur rata, bungkus menggunakan daun pisang kemudian kukus selama 10 hingga 20 menit agar pepes matang sempurna. Setelah itu, bakar pepes hingga kering dan mengeluarkan aroma khas pepes.

2. Pepes Jamur

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Kreasi pepes yang kini juga banyak ditemukan selain pepes ikan adalah pepes jamur. Agar lebih bertekstur, jamur yang digunakan untuk membuat pepes jamur ini diantaranya, yaitu jamur merang, jamur kuping, dan jamur tiram.

Cara membuat pepes jamur ini pun sederhana. Caranya, masukkan jamur yang sudah disuwir pada wadah, cabai rawit, bawang putih, dan bawang merah yang sudah dihaluskan. Tambahkan pula kaldu jamur sesuai selera kamu. Tambahkan gula dan garam secukupnya. Campur semua bahan hingga rata. Siapkan daun pisang, isi dengan daun salam, potongan tomat, dan adonan jamur yang sudah dibumbui secukupnya. Bungkus pepes jamur hingga rapi, kukus sebentar kemudian bakar di atas arang atau panggang di atas teflon.

3. Pepes Teri

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Bukan hanya dijadikan sambal, teri juga dapat kamu olah menjadi pepes, loh. Caranya, buang kepala teri dan bersihkan kotorannya. Lumuri teri dengan air perasan jeruk. Campur ikan teri yang sudah dilumuri air perasan jeruk dengan bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan, gula, garam, daun kemangi, dan tomat. Bungkus teri yang sudah dicampur bumbu tadi dengan menggunakan daun pisang. Kukus sebentar, kemudian bakar hingga kering dan aroma tercium wangi.   

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

inayakh