3 Resep Ramuan Herbal Pencegah Virus Corona


3 Resep Ramuan Herbal Pencegah Virus Corona 1

Akibat pandemik global Covid-19, bukan hanya masker saja yang harganya melambung tapi juga sejumlah rempah-rempah yang menjadi bahan ramuan herbal. Bahkan Presiden Joko Widodo dalam pernyataannya mengatakan bahwa minuman jamu berbahan rempah-rempah setiap hari setidaknya 3 kali dia konsumsi semenjak merebaknya virus Corona di Indonesia.

Penggunaan herbal sebagai salah satu cara untuk menangkal virus Corona memang belum terbukti secara klinis, namun apa yang dilakukan Jokowi tentunya atas saaran dan pertimbangan dari dokter kepresidenan.

Diluar apa yang dilakukan presiden, Praktisi Herbal dan Peneliti di Badan Litbangkes Kementrian Kesehatan RI, dr Danang Ardiyanto menyampaikan bahwa seseorang akan terhindar dari paparan virus apa saja termasuk Virus Corona jika memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

Disinilah tanaman herbal menunjukkan perannya, karena secara general tanaman herbal dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga dapat memerangi virus, termasuk Virus Corona.

Berikut beberapa ramuan herbal untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah serangan Virus Corona serta cara mengolahnya?

Wedang Jahe

3 Resep Ramuan Herbal Pencegah Virus Corona 3

Jahe mampu menghambat pertumbuhan virus dan bakteri karena mengandung antioksidan yang kuat serta senyawa bioaktif gingerol yang bersifat antiinflamasi.

Untuk membuat wedang jahe caranya sangat mudah yaitu dengan menyiapkan 2 ruas jahe, 3 cm kunyit, 2 sdm madu, 1 batang serai dan400 ml air. Geprek jahe, kunyit dan batang serai lalu masukkan ke dalam air dan rebus hingga mendidih selama 10-15 menit.

Setelah mendidih, angkat ramuan dari atas kompor dan tambahkan madu ke dalam ramuan tersebut. Aduk hingga merata dan tuang ke dalam gelas. Wedang jahe ini akan terasa nikmat jika diminum dalam keadaan hangat.

Teh Lemon Madu

3 Resep Ramuan Herbal Pencegah Virus Corona 4

Minuman ini dipercaya dapat meningkatkan sistem imun tubuh karena kaya akan kandunganb vitamin C. Terlebih lemon memiliki kandungan saponin yang dapat melawan mikroba-mikroba pembawa penyakit.

Bahan-bahan untuk membuat Teh Lemon Madu adalah 1 sdm madu, 1 kantung teh hijau, 1 sdm air perasan lemon dan 250 ml air hangat. Cara membuatnya adalah dengan memasukkan seluruh bahan ke dalam air hangat dan aduk hingga merata.

Green Smoothie

3 Resep Ramuan Herbal Pencegah Virus Corona 5

Jus sayuran alias green smoothie ini memiliki kandungan nutrisi yang kompleks seperti klorofil, sejumlah vitamin termasuk Vitamin K, enzim, mineral serta antiinflamasi yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Cara membuat Green Smoothie ini adalah dengan memasukkan bahan-bahan ke dalam blender yang terdiri atas 1 ikat bayam, 400 gram nanas,1 sdm madu, ½ sdt chia seed dan 200 ml air. Haluskan seluruh bahan tersebut dengan menggunakan blender dan ramuan siap untuk diminum.

Itulah 3 ramuan herbal yang dipercaya dapat mencegah serangan Virus Corona. Perlu digarisbawahi bahwa ketiga ramuan tersebut sifatnya hanyalah mencegah dan bukan mengobati. (*)


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

aguskurniawan

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap