3 Tawuran Antar Pelajar SMA di Video Game


3 Tawuran Antar Pelajar SMA di Video Game 1

Katanya, masa SMA adalah masa yang tidak terlupakan. Masa muda yang penuh dengan kesenangan, cerita, kenangan, dan pengalaman berharga. Banyak hal yang menarik yang dialami oleh anak SMA. Di masa itu, kita meninggalkan masa remaja dan menjadi dewasa.

Ketika duduk di bangku SMA juga kita bisa merasakan persaingan antar sekolah yang semakin tajam. Kita memang masih bisa santai, tetapi harus mampu menghadapi persaingan sekolah yang bisa bermuara sampai tawuran antar pelajar. Tawuran sendiri diartikan sebagai perkelahian berkelompok.

Pelajar SMA dan perkelahian juga menarik perhatian para pengembang video game. Kehidupan SMA yang lekat dengan penampilan menarik beserta daya juang tinggi digambarkan di video game seperti ini.

Rival School

Poster Rival School di Jepang
Poster Rival School di Jepang

Rival School menceritakan persaingan antar SMA yang semakin ketat. Saking ketatnya persaingan itu, tidak jarang terjadi perkelahian antar pelajar. Para siswa sudah pasti terlibat dalam persaingan ini. Tetapi, para guru juga tidak mau kalah, mereka ikut serta dalam tawuran demi menjaga nama baik sekolah.

Setiap siswa yang terlibat tawuran adalah anggota extra kurikuler yang ada di sekolah masing-masing. Kebanyakan dar mereka adalah anggota perkumpulan olahraga seperti baseball, bola voli, renang, tinju, sepak bola, dan scabang olahraga lainnya. Ada juga yang dari luar perkumpulan olahraga, seperti majalah dinding. Mereka memiliki jurus-jurus aneh sesuai extra kurikuler masing-masing.

Para guru terlibat tawuran untuk membantu para siswa berhadapan dengan siswa yang berasal dari sekolah lain. Guru-guru ini mempunyai jurus rahasia berdasarkan mata pelajaran masing-masing. Jurus yang mereka pakai untuk berkelahi pun tidak kalah aneh.

Rival School sendiri beredar di arcade pada tahun 1997, lalu beredar di PlayStation pada tahun 1998.

Final Fantasy VIII

Final Fantasy VIII
Final Fantasy VIII

Final Fantasy VIII menceritakan petualangan sekelompok anak muda dalam menghadapi ancaman besar. Cerita Final Fantasy VIII dimulai ketika Squall bertarung melawan Seifer. Keduanya saling menyerang dan kembali ke sekolah untuk perawatan. Sementara itu Galbadia menyerbu Dollet, keadaan ini memaksa Dollet untuk mempekerjakan siswa Balamb, yaitu SeeD untuk membantu. Seed menggunakan tugas itu sebagai ujian lapangan. 

Sekolah yang ada di Final Fantasy VII tampak begitu megah, canggih, dan membuat para siswa betah untuk berlama-lama disana. Meski demikian, disana masih ada tempat-tempat yang tidak boleh dikunjungi oleh sembarang orang karena berbahaya. Para siswa disini pun sering terlibat dalam pertarungan melawan sekolah lain, salah satunya adalah Balamb melawan Galbadia.

Kehidupan siswa SMA di Final Fantasy memang lain dari biasanya. Kehidupan disana membawa para siswa dalam sebuah petualangan yang sangat mengesankan. Final Fantasy VIII beredar di PlayStation pada tahun 1999 di PlayStation. Video game ini terdiri dari 4 CD karena ceritanya sangat panjang.

Ran

Kantin kecil di sekolah
Kantin kecil di sekolah

Ran bercerita tentang kejadian ganjil yang terjadi di tahun 1988. Ada kekacauan yang tidak biasa di kota itu. Kekacauan yang berhubungan dengan hal-hal gaib. Beberapa tahun kemudian, sebuah perkumpulan yang disebut Sacred Financial Group mendirikan 4 Sekolah Menengah Atas. Tiga diantaranya adalah SMA Sacred Gate, SMA Mystic Peak, dan SMA Phoenix. Sedangkan sekolah keempat yang bernama Leonine sudah tidak menerima siswa baru karena disana banyak hantu bergentayangan. 

Siswa di setiap sekolah Ran diharuskan untuk bergabung dengan extra kurikuler yang ada. Untuk laki-laki bisa bergabung dalam perkumpulan pedang atau tinju, sedangkan perempuan boleh memilih untuk bergabung dalam perkumpulan pemanah atau Ci Kung. 

Sekolah disini sangat luas, bangunan indah, dan mempunyai sarana yang sangat lengkap. Selain pelajaran sekolah biasa, disini juga ada pelajaran yang paling digemari oleh para siswa, yaitu pelajaran beladiri. Kepala sekolah dan para guru pun sering memberikan tugas yang tidak jauh dari beladiri. Mulai dari bertarung melawan preman sekolah sampai bertarung melawan siswa sekolah lain. 

Judul game ini juga berasal dari bahasa China, 乱 (Luàn), dalam bahasa Jepang dibaca Ran, artinya kacau. Ran sendiri adalah MMORPG yang sudah beredar di warnet sejak tahun 2005.

Kesimpulan

Kehidupan SMA memang penuh warna, banyak teman, banyak pengalaman baru yang terasa penuh kejutan. Banyak orang yang ingin kembali ke masa itu untuk sekedar merasakan kenangan lama atau mengulang kesenangan yang pernah dirasakan. Ada pula yang ingin kembali untuk memperbaiki kesalahannya di masa lampau. 


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rinka

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap